Bongkar Transmisi Otomatis

20 Tips Bongkar Transmisi Otomatis

Overhaul dalam bahasa Inggris artinya memeriksa dengan teliti. Jika didefinisikan dari engine, overhaul merupakan proses membongkar komponen mobil yang dilakukan dengan detail. Dimana tujuannya untuk memperbaiki masalah yang terdapat di dalam mesin mobil dengan tepat. Biasanya overhaul ini dilakukan untuk masalah mesin mobil bagian dalam. Diantaranya adalah kerusakan piston, kompresi rendah dan masih banyak lainnya.

Paduan Dasar Overhaul Transmisi

Berikut ini beberapa paduan untuk melakukan bongkar transmisi yang perlu anda ketahui terlebih dahulu dengan baik.

  1. Membaca terlebih dahulu informasi mengenai jenis transmisi yang akan dibongkar

Pastikan dengan baik terlebih dahulu, transmisi mobil apa yang akan dibongkar. Apakah tipe manual atau matic? Sebab ada beberapa hal yang membedakan antara turun transmisi matic dengan manual. Sehingga anda harus mengetahui mobil apa yang sedang dipakai dengan baik. Dengan begitu pihak mekanik atau teknisi tidak akan merasa kebingungan.

  1. Membersihkan seluruh bagian transmisi termasuk body valve

Yang menjadi kunci utama supaya pengerjaan overhaul otomatis bisa sukses adalah kebersihan. Area atau bagian yang banyak kotoran kopling atau geram-geram logam harus dibersihkan. Untuk membersihkannya bisa memakai cairan pembersih sebelum meletakan komponen tersebut ke bak pembersih. Dalam mengeringkan komponen bagian dalam transmisi ini usahakan jangan menggunakan lap. Sebab bisa menyumbat saluran solenoid dan filter yang sangat kecil di bagian dalam transmisi. Dan jika tersumbat maka akan mengakibatkan masalah besar nantinya. Mengeringkan komponen transmisi ini bisa memakai tekanan angin kompresor yang tidak ada airnya. Jika saat mengeringkan tampak adanya kontaminasi karat. Sebaiknya cuci kembali komponen itu dan semprot kembali. Perlu diketahui bahwa kontaminasi karat ini tidak bisa hilang jika ditiup angin.

  1. Memeriksa kebengkokan pompa oli, body valve dan casing

Selanjutnya bisa mengukur kebengkokan komponen dengan memakai mistar baja dan feeler gauge.

  1. Meratakan permukaan pompa oli, valve dan casing dengan kikir halus

Terdapat dua komponen yang bisa digunakan untuk memperbaiki ketidakrataan atau kebengkokan komponen transmisi otomatis ini. Yakni menggosok permukaan yang tidak rata memakai kikir dan batu gerinda halus. Untuk metode pertama dengan menggunakan kikir halus. Caranya adalah dengan menggosok bagian yang tidak rata memakai kikir halus satu arah (arah maju) dengan tekanan ringan. Hasilnya nanti akan terlihat seperti pensil krayon atau arsiran. Sedangkan untuk metode batu gerinda memakai cairan EPA. Metode ini sangat efektif dalam menghilangkan bagian yang tidak rata, khususnya pada area lubang baut.

  1. Memeriksa seluruh celah roda gigi pompa oli

Terdapat 3 bagian pompa oli atau rotor yang harus diperiksa. Yakni bagian slot atau kupingan yang bertautan dengan bagian torque converter. Kedua, seluruh bagian sisi dari gear. Dan yang ketiga adalah memeriksa celah pompa oli.

  1. Periksa play end dan gerakan ke samping planet pinion

Periksa planetary gear setelah dibongkar, kemudian pinion gear digerakkan ke arah atas dan bawah. Hal ini dilakukan untuk memeriksa bagian play end pinion gear. Selanjutnya memeriksa bagian tingkat keausan pinion yang ada pada bearing dan carrier. Caranya adalah dengan menjatuhkan pinion dari atas, dimana pinion harus bisa bergerak dengan mulus. Sebaiknya periksa dengan baik pinion yang di las, karena bagian ini kadang bisa retak dan rusak.

  1. Melumasi seluruh bagian planet assembly

Pakai cairan pembersih EPA guna membersihkan planet gear dan bearing. Sebaiknya jangan memakai air untuk membersihkan komponen tersebut, karena bisa membuat bearing kering dan mempersulit pemeriksaan. Dan setelah dicuci dengan cairan pembersih, maka bearing ditiup dengan angin dan dilumasi memakai oli transmisi yang bersih ketika dipasang.

  1. Sebelum dipasang, semua material gesek direndam di dalam oli transmisi otomasis yang bersih. Sekitar 15 – 30 menit.
  2. Kondisi steel plate diperiksa. Apabila masih layak dipakai bisa digunakan kembali. Namun jika sudah tidak baik, maka bisa diganti saja. Dan akan lebih baik jangan pernah untuk mencoba mengampelas komponen ini.
  3. Membersihkan dan menghaluskan drum tempat dudukan band

Selanjutnya adalah membersihkan dan menghaluskan permukaan band sampai mengkilap. Biasanya untuk pengerjaan ini dilakukan dengan memakai empelas halus. Kemudian kondisi drum diperiksa dengan saksama. Apabila ada goresan, keretakan dan kebengkokan maka drum ini harus diganti.

  1. Mengganti semua bagian seal O-ring
  2. Memeriksa semua seal O-ring beserta komponen karet pada silinder.

Hal ini dilakukan supaya bisa terpasang dengan pas. Demi menghindari kerusakan seal ketika dipasang, maka harus segera dipasang seal O-ring dengan yang baru. Pemasangan ini dilakukan secara berurutan supaya terhindar dari kemungkinan salah pasang atau tertukar dengan seal lain.

  1. Mengganti semua bushing
  2. Melumasi bearing dan thrust washer terlebih dahulu

Biasanya memakai oli can yang berisi oli ATF. Kemudian seluruh bearing dan thrust ini dilumasi dengan memakai oli ATF bersih dari wadah yang bersih pula.

  1. Melumasi pompa oli

Selanjutnya adalah menyemprotkan ATF kedalam pompa oli dan bagian jalur oli di pompa oli. Yang mana oli ATF ini diratakan memakai tangan supaya permukaan pompa oli bisa tertutup lapisan oli.

  1. Mengisi torque dengan memakai oli ATF.
  2. Menggunakan service manual untuk mencari nilai spesifikasi yang sesuai

Sekitar tahun 90-an, sedikit sulit untuk menemukan buku service manual berbagai merek mobil. Namun sekarang ini dengan menggunakan internet maka bisa menemukan sumber service manual.

  1. Memasang clutch dan band dengan celah sesuai standard.
  2. Memeriksa endplay transmisi

Cara mudah menyetel endplay transmisi adalah dengan mengukurkan dan mencacat nilai endplay serta celah clutch pack sebelum pembongkaran. Apabila transmisi bisa diperbaiki dengan mengganti sedikit komponen. Maka sudah mempunyai nilai endplay transmisi. Celah clutch pack yang baru pun bisa dijadikan referensi untuk menyetel clutch pack jika rusak.

  1. Menggunakan kunci momen untuk mengencangkan pompa oli dan body valve

Semua hasil pembongkaran dan perakitan dari nomor 1 sampai nomor 19 akan sia-sia apabila mengabaikan langkah terakhir ini. Bagian pompa oli dan body valve akan dikencangkan dengan memakai kunci momen. Baut dari tengah akan dikencangkan dengan merata memakai tangan. Kemudian kunci momen digunakan untuk pengencangan akhir.

Baca Juga : Ac Mobil Cuma Keluar Angin

Bongkar Transmisi Otomatis

Dimana Bengkel Turun Transmisi Matic Terbaik?

Nah itulah beberapa langkah bongkar transmisi yang perlu anda ketahui dengan baik sebelumnya. Dan untuk anda yang ingin melakukan overhaul atau turun transmisi matic. Maka anda tidak perlu kebingungan atau kesusahan terlebih dahulu. Karena Dokter mobil hadir untuk anda dalam membantu overhaul. Dengan teknisi dan mekanik andal, serta dibantu dengan alat canggih dan modern. Tentunya membuat pengerjaan overhaul transmisi ini menjadi lebih mudah. Juga hasilnya maksimal dan mobil akan seperti baru lagi. Sudah banyak pemilik mobil yang mempercayakan overhaul kepada kami. Jadi sekarang ini adalah giliran anda. Segera hubungi marketing kami untuk lebih lanjutnya.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

Bongkar Transmisi Otomatis

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *