AC MOBIL AVANZA PANAS

Cara Mengatasi Penyebab Ac Mobil Avanza Panas

Saat ini kendaraan mempunyai peran yang bisa dikatakan cukup penting untuk beraktivitas. Baik untuk anda yang memiliki pekerjaan dengan lokasi jauh, mengantar jemput anak-anak, liburan bersama keluarga atau untuk yang lainnya. Mobilitas yang tinggi menjadi salah satu hal penting demi keberlangsungan ekonomi. Bahkan untuk kehidupan masyarakat di zaman sekarang ini. Jarak dan waktu bisa diminimalkan dengan menggunakan kendaraan ini. Umumnya kendaraan yang banyak digunakan oleh masyarakat perkotaan adalah mobil. Salah satunya adalah menggunakan mobil Avanza.

Toyota Avanza sendiri merupakan pelopor mobil kelas MPV. Kemunculan pertama-nya pada tanggal 11 Desember 2003 di event Gaikindo Auto Expo. Sudah 16 tahun Toyota Avanza hadir dan menemani banyak pencinta mobil kelas MPV ini. Pada rentang tahun tersebut, MPV sejuta umat ini telah hadir dalam dua generasi. Untuk generasi pertama hadir pada tahun 2003 dan tersedia dalam dua tipe. Yakni 1.3 E dan 1.3 G yang menggunakan transmisi manual 5-percepatan. Menjelang akhir tahun 2006, Toyota Avanza hadir dengan mesin 1.500 cc dan sudah mengadopsi teknologi VVT-i. Tiga tahun berselang, Toyota Avanza memberikan solusi pilihan transmisi otomatis 4-percepatan pada November 2011.

AC MOBIL AVANZA PANAS

Penyebab AC Mobil Avanza Panas Yang Perlu Anda Ketahui

Mengemudikan mobil di daerah perkotaan dengan di daerah pedesaan tentu berbeda. Ketika anda mengendarai mobil di kota besar dengan penduduk yang padat dan memiliki banyak pohon akan membuat suasana di dalam mobil terasa panas. Oleh sebab itulah banyak pengemudi mobil Avanza yang kemudian menyalakan AC. Air Conditioner atau yang sering disebut AC merupakan pendingin yang menjadi salah satu fitur penting dalam sebuah kendaraan roda empat. Dan AC ini jarang absen dipakai pengendara. Terlebih lagi ketika terjadi macet, pastinya tidak akan yang merasa betah berlama-lama di dalam mobil tanpa pendingin. Namun terkadang terjadi permasalahan yang tidak terduga dari AC mobil tersebut.

Beberapa pengendara mobil Avanza mengeluhkan jika ac mobil avanza panas. Ini dikarenakan hembusan yang dikeluarkan oleh AC mobil tidak terasa dingin dan hanya mengeluarkan hawa panas. Permasalahan seperti ini tentunya membuat anda merasa tidak nyaman bukan? Apalagi jika anda tidak sendiri ketika berada di dalam mobil. Perlu diketahui bahwa semakin banyak penghuni di dalam mobil, maka akan semakin terasa panas. Sudah Ac mobil avanza panas, penumpangnya banyak. Sudah pasti tidak akan nyaman.

Penyebab ac mobil avanza panas sendiri ada bermacam-macam. Untuk itulah sebaiknya simak beberapa hal yang membuat AC mobil panas berikut ini.

  1. Magnetic Clutch

Gejala awal dari magnetic clutch bermasalah adalah saat awal jalan masih terasa dingin. Namun ketika berada di jalanan padat akan panas dan ketika jalanan sudah lancar akan dingin kembali. Hal ini dikarenakan Dioda yang ada pada magnet sudah mulai lemah dan terkena hawa panas lebih dari ruang mesin. Sehingga ketika macet akan off sementara. Untuk tahap awal kerusakan akan ON kembali saat mobil berada di jalanan lancar. Sebab jika mobil Avanza sudah bergerak, maka angin menjadi lebih banyak bersirkulasi di antara ruang mesin tersebut.

  1. Cooling fan ac/fan radiator mati

Saat cooling fan atau extra fan mati maka proses pembuangan panas pada kondensor tidak akan sempurna. Sehingga tekanan kondensor menjadi panas atau overheat dan berimbas pada turunnya kinerja kompresor. Umumnya kendala ini akan terasa saat mobil berhenti.

  1. Freon berlebihan

Kelebihan freon membuat tekanan tinggi (high pressure) menjadi overheat. Yang otomatis membuat kompresor menjadi panas dan menurunkan kinerja dingin. Bahkan jika overheat berlebihan akan membuat kompresor menjadi cut/off. Umumnya freon yang berlebihan ini karena kesalahan dari bengkel. Biasanya pemilik mobil yang merasa ac kurang dingin akan langsung membawa ke sembarang bengkel untuk menambah freon. Padahal sebenarnya belum tentu jika ac kurang dingin ini karena freon yang kurang. Sehingga hal ini malah membuat penyebab ac mobil avanza panas.

  1. Sistem ac mampet

Terjadinya mampet pada sistem ac biasanya terjadi pada dryer filter, kondensor, dan expansi valve. Ketika terjadi mampet ini membuat sirkulasi freon menjadi terhambat. Sehingga membuat ac tidak konstan.

  1. Komponen kompresor aus

Hal ini sudah umum terjadi sehingga kompresor aus perlu diganti. Jika dibiarkan akan membuat ac mobil avanza panas. Gejala umum biasanya terdengar bunyi kasar dan bagian sight glass menjadi hitam. Sehingga akan menimbulkan dampak lain seperti tersumbatnya dryer filter dan expansi valve.

  1. Evaporator kotor

Angin yang keluar kecil ini karena tersumbatnya aliran udara ke dalam mobil. Penyebabnya bisa berupa debu yang menumpuk pada bagian evaporator. Sehingga disarankan untuk memasang kabin filter supaya debu tidak masuk ke bagian evaporator. Dengan begitu komponen evaporator pun akan awet.

  1. Kebocoran pada sistem ac

Penyebab ac mobil avanza panas lainnya adalah karena terjadi kebocoran pada sistem AC. Yakni kebocoran pada evaporator atau kondensor. Sampai kebocoran pada sambungan Seal O-ring atau komponen lain.

  1. Kelistrikan

Komponen ac seperti fan, blower hidup, kompresor dengan aliran listrik jika terganggu bisa membuat salah satu tidak bisa jalan. Sehingga membuat ac mobil avanza panas.

  1. Suhu mesin overheat

Apabila radiator mampet, water pump rusak, air radiator bocor,  dan thermo start radiator rusak. Sampai silinder head membuat suhu overheat tentu akan langsung berimbas pada ac mobil yang panas. Jika mesin overheat maka tekanan freon tentu overheat juga. Juga membuat kompresor kepanasan dan membuat kompresor off/cut untuk sementara waktu.

  1. Fan belt putus

Dan penyebab ac mobil avanza panas yang terakhir adalah dari fan belt putus. Yang mana membuat puly compressor menjadi tidak terhubung dengan putaran mesin.

Cara Mengatasi Ac Mobil Avanza Panas Yang Harus Diketahui

Perawatan secara berkala hanya akan mengurangi kerusakan yang terjadi. Dan tidak bisa mengatasi ac mobil avanza panas secara maksimal. Dan salah satu cara yang paling tepat adalah membawanya ke bengkel resmi. Jika anda membiarkan hal tersebut terjadi tanpa melakukan perawatan yang tepat. Maka jangan salahkan jika mobil Avanza anda AC-nya tidak dingin seperti biasanya.

Perlu diketahui bahwa jika Ac mobil tidak dingin ini bisa berpengaruh pada bagian mesin lainnya. Oleh sebab itulah akan lebih baik jika anda membawa mobil anda ke bengkel resmi untuk memperbaiki ac yang tidak panas tersebut. Pun anda juga tetap harus melakukan pengecekan rutin setiap 3 – 6 bulan. Juga bisa mengikuti jadwal resmi dari bengkel langganan.

Baca juga : ac mobil juke panas

Apabila anda merasa kesulitan untuk memilih bengkel resmi mana yang akan diajak kerja sama. Maka Dokter Mobil bisa menjadi andalan anda untuk melakukan perbaikan ac mobil supaya menjadi maksimal dalam mengeluarkan hawa dingin. Sudah banyak pelanggan yang melakukan perbaikan ac mobil ditempat ini. Dan sekarang adalah giliran anda untuk membuktikannya!

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

AC mobil avanza panas

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *