Ac Mobil Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

Penyebab Dan Cara Mengatasi Ac Mobil Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

Ac Mobil Mengeluarkan Bau Tidak Sedap? – Sampai detik ini fungsi dari AC Mobil adalah sebagai pendingin suhu sebuah mobil. Dengan kondisi AC yang masih baik akan membuat konsentrasi lebih nyaman selama berkendara. Oleh sebab itulah sebagai pemilik mobil haruslah memperhatikan dengan baik bagaimana kondisi Ac yang bisa membuat nyaman selama berkendara. Apakah suhu yang sejuk disertai bau harum atau malah anda tidak terlalu menyukai penggunaan AC di dalam mobil. Lalu apa jadinya jika AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap? Tentunya akan membuat anda merasa kurang nyaman dan tidak betah berlama-lama di dalam mobil. Tentunya setiap permasalahan yang terjadi di dalam AC mobil ini memiliki penyebabnya sendiri-sendiri. Baik penyebab dari dalam maupun dari luar. Dan jika anda ingin menghindari permasalahan tersebut, tentu harus mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Setelah itu baru bisa menghindari dan merawat setiap komponen AC mobil dan mobil itu sendiri.

Mengenali Penyebab AC Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

Berikut ini beberapa penyebab ac mobil mengeluarkan bau yang perlu anda ketahui. Dengan begitu anda bisa melakukan pencegahan dini supaya tidak menimbulkan permasalahan yang lainnya.

  1. Memasang pengharum yang menyengat

Memasang pengharum mobil memang membuat lebih nyaman ketika berkendara. Sehingga ketika AC dihidupkan, maka bau harum yang akan dicium. Namun apa jadinya jika pengharum mobil yang anda pasang wanginya terlalu menyengat? Yang terjadinya bukannya AC mobil bau harum, namun membuat AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap. Efek yang ditimbulkan dari memasang pengharum ruangan adalah bisa membuat umur AC mobil semakin singkat. Pengharum mobil ini terbuat dari minyak dan campuran asap. Dimana nantinya bisa menempel dan menggumpal di saluran AC. Dan gumpalan ini akan membuat saluran keluar menjadi tersumbat. Sehingga hal ini membuat udara di dalam AC menjadi panas. Selain itu pengharum mobil yang terlalu menyengat ini tidak baik untuk kesehatan. Sebab bisa membuat si pengemudi sesak napas.

  1. Terjepitnya hewan kecil

Penyebab ac mobil bau bangkai juga bisa disebabkan dari terjepitnya beberapa hewan kecil ke komponen AC. Misalnya cicak, bangkai tikus dan lain sebagainya. Sehingga tidak heran jika ac mobil bau bangkai tikus. Atau AC mobil bau bangkai yang lainnya. Untuk mengatasi ac mobil bau bangkai ini adalah dengan mengeluarkan bangkai hewan yang terjepit tersebut. Dan melakukan pembersihan lainnya. Dengan begitu bau bangkai tidak akan tercium dari AC mobil anda tentunya.

  1. Merokok di dalam mobil

Merokok di dalam mobil dengan AC dalam menyala atau tidak tetap tidak baik untuk kesehatan AC mobil itu sendiri. Asap dari puntung rokok ini sulit sekali untuk dibersihkan Jika asapnya menempel dan mengering pada bagian saluran AC. Akan menimbulkan gumpalan yang menghambat sirkulasi udara keluar. Juga bisa membuat AC mengalami bocor dan korosi. Dan jika sampai masuk ke bagian freon, maka udara yang akan dihembuskan oleh AC tentu tidak akan akan sedap dan membuat bau apek. Sehingga kenyamanan ketika berkendara tidak bisa lagi didapatkan. Untuk menghindari ac mobil bau busuk ini maka hindarilah merokok di dalam mobil.

  1. Makan dan minum di dalam mobil

Salah satu kebiasaan yang cukup sering dilakukan di dalam mobil selain merokok adalah makan dan minum. Terlebih pada pagi hari dan sedang terburu-buru. Memang tidak ada yang melarang makan dan minum di dalam mobil, asalkan tetap menjaga kebersihan. Namun tidak jarang banyak orang yang menumpahkan minuman dan makanan ke kepala AC. Yang mana tumpahan makanan atau minuman ini membuat AC tersumbat. Sehingga udara yang dikeluarkan oleh AC mobil memiliki bau yang tidak sedap dan cukup menyengat. Hal ini dikarenakan dari makanan dan minuman yang tumpah tadi.

  1. Kondisi sepatu kotor

Penyebab ac mobil bau busuk yang lainnya adalah dari kondisi sepatu kotor. Kita sendiri pun tidak bisa menjamin kondisi sepatu bisa selalu bersih, terkadang sepatu bisa kena lumpur atau pasir. Dimana kita tidak menyadari jika sepatu ini kotor dan asal masuk ke dalam mobil begitu saja. Kotoran yang menempel pada sepatu ini akan membuat karpet di dalam kabin menjadi kotor. Dan saat ac mobil dinyalakan, kotoran tersebut akan terhisap oleh saluran AC. Filter Ac yang gunanya untuk menyaring debu dan kotoran tidak lagi bisa berfungsi dengan baik. Ini dikarenakan kotoran dan debu yang terhisap terlalu banyak. Sehingga menyebabkan ac berbau busuk dan tidak mengeluarkan angin dingin sama sekali.

  1. Kebocoran pada sistem sirkulasi mobil

Bau tidak sedap yang keluar dari AC mobil juga bisa dikarenakan kebocoran di sistem sirkulasi mobil. Biasanya aroma yang tercium ini seperti bau freon. Yang mana lebih mirip dengan bau gosong. Sehingga membuat pengemudi atau penumpang merasa nyaman selama perjalanan dengan menyalakan AC mobil.

  1. Sering membuka jendela mobil

Kebiasaan membuka kaca jendela ini juga bisa membuat ac mobil bau busuk. Ada beberapa alasan mengapa pemilik mobil ini membuka kaca jendela mobil. Misalnya menyapa kolega, kabin mobil terasa panas, supaya lebih irit bahan bakar dan karena kebiasaan merokok di dalam mobil. Namun perlu diketahui dengan baik bahwa kebiasaan membuka kaca mobil ini akan membuat debu dan kotoran masuk ke dalam kabin. Selain itu bau asap knalpot kendaraan luar lain, bau limbah dan lainnya bisa masuk ke dalam mobil. Yang kemudian terserap oleh filter AC. Dan membuat filter tersebut tersumbat, sehingga AC mobil akan mengeluarkan bau tidak sedap. Juga AC menjadi tidak dingin tentunya.

  1. Sering parkir ditempat panas

Hal lain mengapa ac mobil bau busuk adalah sering memarkirkan mobil ditempat yang panas. Biasanya hal ini dikarenakan lahan parkir sudah penuh sehingga malas untuk mengantri parkiran. Dan ketika menyalakan AC mobil di saat kondisi kabin masih panas, AC mobil ini membutuhkan daya besar. Jadi energi yang dibutuhkan mesin mobil pun besar. Dan hal ini bisa membuat AC mengeluarkan bau tidak sedap. Namun lebih kepada AC mobil ini mengeluarkan hawa panas ketika dinyalakan. Selain itu proses mendinginkan kabin pun membutuhkan waktu yang lama.

Baca Juga : Beberapa Penyebab Kondensor Ac Mobil Panas

Ac Mobil Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

Cara Mengatasi AC Mobil Mengeluarkan Bau

Demikianlah beberapa penyebab Ac mobil bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap. Dengan mengetahuinya, maka anda bisa melakukan pencegahan terlebih dahulu. Namun jika anda kurang paham mengenai sistem AC mobil, alangkah baiknya jika membawa ke bengkel. Salah satu bengkel terbaik yang bisa diajak kerja sama untuk memperbaiki Ac mobil bau tidak sedap adalah Dokter Mobil. Bengkel resmi terbaik di Jakarta ini sudah berpengalaman dan dipercaya oleh banyak pelanggan. Dengan pelayanan 100%, membuat pelanggan bisa nyaman ketika melakukan perbaikan Ac mobil. Jadi tunggu apa lagi? Segera bawa mobil anda yang berbau tidak sedap ke Dokter Mobil.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

Ac Mobil Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *