New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
asap putih pada mesin diesel

Munculnya Asap Putih Pada Mesin Diesel dan Cara Mengatasinya

Munculnya asap putih pada mesin diesel menjadi salah satu tanda kerusakan kendaraan.  Asap putih yang keluar dari knalpot mobil diesel ini memang harus segera diperbaiki. Jika Anda terlambat melakukan tindakan service pada mesin diesel yang mengeluarkan asap putih, maka dikhawatirkan akan menyebabkan kerusakan parah seperti turun mesin mobil.

Oleh sebab itu, pemilik kendaraan dengan mesin diesel ini harus waspada apabila mobil mengeluarkan asap putih dari knalpot. Pemilik harus segera menemukan langkah solutif guna mencegah kerusakan komponen mesin mobil semakin parah.

Untuk itu, lakukan tune up atau pengecekan komponen kendaraan guna mengetahui hal-hal yang menyebabkan munculnya asap putih dari knalpot mesin mobil. Anda disarankan untuk melakukan tune up mesin diesel di Dokter Mobil. Sebab, Dokter Mobil menjadi salah satu bengkel rujukan yang telah menerapkan standar internasional untuk mengatasi segala kerusakan kendaraan.

Ini Dia Penyebab Munculnya Asap Putih pada Mobil Mesin Diesel

asap putih pada mesin dieselAda beberapa hal yang menyebabkan munculnya asap putih dari knalpot mobil mesin diesel. Sebab, mesin mobil diesel ini harus dirawat secara berkala agar tidak mengalami kerusakan permanen. Maka dari itu, ini dia daftar penyebab munculnya asap putih yang keluar dari knalpot mobil diesel. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Mesin Mobil Jarang Dipanaskan

Penyebab pertama, mesin mobil yang jarang dipanaskan menjadi salah satu penyebab mengapa munculnya asap pada knalpot mobil mesin diesel. Hal ini disebabkan karena komponen mesin mobil, terutama ruang bahan bakar terlalu dingin.

Akibatnya, ketika mesin mobil dinyalakan akan muncul asap putih karena sistem bahan bakar bermasalah karena sistem mesin “dipaksa” bekerja kembali setelah beberapa saat tidak digunakan.

  1. Bocornya Oli Mesin

Penyebab kedua, bocornya oli mesin menjadi salah satu penyebab mengapa keluarnya asap putih dari knalpot mobil mesin diesel. Bocornya oli mesin ke komponen lainnya.

Oleh sebab itu, cek oil tank mobil apakah ada kebocoran. Apabila ada kebocoran, maka segera bawa mobil diesel ke bengkel terdekat agar oil tank dapat ditambal. Sehingga, oli mesin mobil tidak bocor dan masalah munculnya asap putih pada mesin diesel dapat segera diatasi.

  1. Komponen Fuel Pump Aus

Penyebab ketiga, komponen fuel pump mengalami keausan. Komponen fuel pump atau pompa bahan bakar yang mengalami keausan ini dapat menyebabkan munculnya asap putih.

Hal ini sangat berbahaya. Sebab, komponen fuel pump aus ini tidak hanya menyebabkan munculnya asap putih saja, melainkan juga menyebabkan mobil mogok atau tarikan gas ndut ndutan akibat tersendatnya komponen fuel pump aus.

Cara Mengatasi Munculnya Asap Putih pada Mesin Diesel

Memang, munculnya asap putih di knalpot mesin mobil diesel ini harus segera diatasi. Sebab, apabila tidak segera dilakukan langkah perbaikan dapat menyebabkan kerusakan komponen secara permanen. Maka dari itu, ada beberapa langkah solutif yang dapat Anda pilih sesuai dengan penyebab munculnya asap putih yang keluar dari knalpot mobil diesel.

Langkah solutif pertama, lakukan langkah tune up mobil mesin diesel. Tune up ini merupakan pengecekan secara menyeluruh kondisi mesin mobil. Dengan melakukan tune up mobil, maka Anda dapat mengetahui kerusakan komponen mesin mobil yang menyebabkan munculnya asap putih pada knalpot.

Baca Juga : Cara Memperbaiki AC Mobil Sesuai Penyebab Kerusakannya

Langkah solutif kedua, segera bawa mobil Anda ke bengkel spesialis kerusakan mobil. Sebab, hanya bengkel spesialis saja yang mampu mengatasi munculnya asap putih pekat pada mobil mesin diesel. Di Indonesia, terdapat beberapa bengkel spesialis yang melayani layanan service kerusakan komponen, seperti munculnya asap putih pada mobil.

Salah satu bengkel spesialis kerusakan kendaraan adalah Dokter Mobil. Ya, Dokter Mobil menjadi salah satu rekomendasi bengkel yang melayani service dan perbaikan kerusakan kendaraan yang disebabkan oleh beberapa hal.

Anda tak perlu khawatir, Dokter Mobil ini melayani service dan perbaikan kerusakan kendaraan mobil mesin bensin dan diesel. Maka dari itu, segera hubungi Admin Dokter Mobil untuk reservasi atau datang langsung ke cabang Dokter Mobil terdekat apabila muncul asap putih pada mesin diesel dari knalpot kendaraan roda empat milik Anda.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts