Berikut ini adalah estimasi lengkap biaya turun mesin Alphard beserta komponen apa saja yang perlu diganti. Lengkap dan mendetail. Silahkan menjadi patokan yang bermanfaat untuk kita semua.

Pada dasarnya masalah mobil akan muncul setelah 5-7 tahun. Tidak terkecuali pada mobil mewah seperti alphard. Nah, untuk mobil mewah, turun mesin bisa terjadi lebih cepat. Bisa terjadi hanya dalam 2-3 tahun setelah pembelian. Kok bisa?

Penyebab Turun Mesin pada Mobil Alphard

Untuk mencegah kerusakan pada mesin, perawatan yang rutin merupakan hal yang wajib dilakukan. Namun walaupun sudah mendapatkan perawatan, Alphard masih mungkin untuk turun mesin.

Apa penyebabnya? Masalah ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  1. Tidak Rutin Melakukan Tune UP

    Tune UP merupakan kegiatan yang paling baik untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mesin. Karena semewah apapun mobil, karbon pada saluran pembakaran pasti akan menumpuk. Dan menyebabkan kerja mesin semakin berat, dan umur mesin akan semakin pendek.

  2. Oli Mobil yang Kurang Tepat

    Alphard tidak bisa mendapatkan sembarang oli. Mencoba-coba sembarangan oli dapat menyebabkan perlindungan di ruang mesin menjadi tidak berjalan dengan semestinya. Pada akhirnya menyebabkan mesin jebol dan harus melakukan turun mesin.

  3. Umur Spare Part

    Walaupun sudah merawat mobil dengan sebaik-baiknya, spare part pasti akan aus dan rusak. Jika tidak segera diganti, keausan ini akan membebani komponen lain pada mobil. Hingga akhirnya komponen lain ikut rusak. Dan biaya perbaikannya akan sangat mahal, bahkan sampai perlu untuk turun mesin. Oleh sebab itu, mobil perlu dicheck secara berkala. Jika ditemukan ada part yang sudah tidak layak, penggantian part wajib dilakukan.

  4. Penggunaan Bahan Bakar yang Tidak Tepat

    Beberapa mobil alphard menggunakan bahan bakar seperti premium. Padahal premium tidak cukup baik untuk digunakan pada mobil-mobil mewah. Biasanya supir sengaja membeli premium untuk mengurangi biaya pengisian bahan bakar pada mobil. Padahal hal tersebut akan membebani kinerja pada mobil.

  5. Banjir

    Satu lagi yang menjadi penyebab mesin Alphard mengalami turun mesin adalah banjir. Apalagi jika air berhasil masuk ke blok mesin. Jikapun tidak masuk, namun jika mobil tidak segera dicuci, air banjir dapat menyebabkan karat penyebab jebolnya blok mesin.

Nah, bagaimana jika masalah turun mesin akhirnya terjadi pada mobil anda? Tentu saja yang perlu segera disiapkan adalah dana untuk perbaikan. Berapakah biaya untuk perbaikan ini?

Daftar Biaya Turun Mesin pada Mobil Alphard

Overhoul engine atau turun mesin tentu saja biayanya tidak akan sedikit. Apalagi pada mobil mewah sekelas Alphard. Diperlukan dana yang tidak sedikit.

Nah, berikut ini adalah beberapa estimasi biaya yang diperlukan untuk melakukan turun mesin pada mobil Alphard, di antaranya:

Jika diestimasikan, biaya yang dibutuhkan mobil Alphard untuk melakukan turun mesin ada di kisaran harga 5 sampai 35 juta rupiah. Bahkan lebih. Tergantung pada tingkat kerusakan, jenis spare part/onderdil penggantinya, dan biaya jasa yang dibebankana pada anda.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Karena biaya yang anda keluarkan tergolong cukup tinggi, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yaitu:

  1. Mintalah Garansi Service

    Pastikan ada garansi service yang diberikan. Jika memang melakukan perbaikan dengan tuntas, garansi service biasanya akan diberikan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

  2. Perhatikan Inreyen Mobil

    Jangan langsung menggeber mobil setelah melakukan turun mesin. Pastikan Alphard melakukan inreyen atau break-in. Suatu fase di mana mobil digunakan dengan kondisi santai. Tujuannya agar tiap komponen yang baru dipasang benar-benar terpasang dengan baik, dan teruji dengan sempurna. Jangan sampai ketika menggeber mobil, ternyata onderdil rontok dan menyebabkan masalah yang lebih serius.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi penyebab turun mesin. Dan estimasi biaya yang diperlukan untuk turun mesin Alphard. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.