Mobil avanza merupakan kendaraan sejuta umat, tentunya Anda perlu tahu bagaimana cara membersihkan mesin mobil avanza yang tepat. Sudah jelas sebagai kendaraan yang bonafit dan memiliki kemampuan menerobos segala kondisi baik hujan, panas, banjir bahkan jalanan berlumpur, anda sangat perlu untuk tahu hal ini. Tentu saja untuk menambah rasa percaya diri anda dan meningkatkan daya tarik bagi orang-orang yang melirik mesin mobil anda. Jadi bukan hanya eksterior dan interior saja yang bersih namun juga bagian mesin dong, iya kan?

Pilih Lokasi yang Tepat

Memilih lokasi yang tepat untuk mempersiapkan pembersihan saya rasa cukup penting. Karena dengan memilih lokasi yang sesuai anda juga bisa sekaligus mencuci bodi eksterior mobil. Tentu saja lokasi yang paling baik untuk membersihkan mesin mobil adalah di garasi dengan kanopi diatas. Hal ini akan mencegah ruang mesin yang terjemur matahari berlebih. Kenapa? Karena ruang mesin yang dijemur oleh matahari berlebihan akan membuat kabel dan plastik penutup menjadi lapuk, getas dan mudah pecah.

Selain itu, usahakan memilih tempatnya tidak mendekati titik api, misalnya dekat tetangga bakar sampah, mesin las atau elpiji. Jauhkan juga dari tempat yang berdebu, karena dikhawatirkan debu akan masuk ke dalam mesin saat dihidupkan nanti. Oh, iya terakhir, usahakan garasinya memiliki lampu ya, kalau bagus malah interior saja daripada outdoor.

Cara membersihkan Mesin Mobil Avanza

service dinamo starter mobil

Cara membersihkan mesin mobil Avanza :

Menutup komponen listrik yang penting dengan plastik kresek seperti aki, ECU kalau ada, busi dan sekring. Jika memungkinkan di seal dua kali ya, domolovers. Pastikan aman juga, jadi jangan asal ditutup tapi juga diperhatikan, kalau bisa pakai cable ties untuk beberapa komponen atau jika ada yang bisa dilepas lebih bagus seperti aki, misalnya. Ini justru akan memudahkan Anda dalam bekerja nantinya.

Cara membersihkan mesin mobil Avanza, Anda utamakan dahulu untuk kotoran yang membandel seperti bekas oli atau kerak yang menempel pada bagian mesin. Caranya menggunakan engine degreaser, gampang kok cukup disemprot pada area kerak atau oli lalu tunggu beberapa menit. setelah itu disikat menggunakan campuran air dan sabun sekitar 50:50 sampai kotoran tersebut lepas atau copot. Jika sudah dirasa bersih, baru Anda bilas dengan air mengalir dari selang dengan tekanan cukup rendah.

Anda bisa memulai menyiram secara perlahan dan merata dengan air mengalir dari selang dengan putaran air yang rendah atau kecil. Agar lebih mudah dalam proses pembersihan, domolovers bisa menggunakan kuas dan spons lembut Supaya tidak menimbulkan goresan yang akan merusak mesin mobil. Jangan lupa untuk menjangkau bagian yang sulit dijangkau ya. Anda bisa gunakan kuas dengan tip agak sedikit kecil supaya memudahkan untuk disapu. oh iya, Anda juga bisa gunakan sabun khusus mesin mobil jika ada untuk lebih memudahkan melarutkan kotoran dan oli.

cara membersihkan mesin mobil Avanza ini menurut saya paling krusial lho, domolovers. Setelah Anda mendistribusikan sabun ke mesin mobil, saatnya Anda membilas. Pada proses pembilasan ini Anda harus banget membilas dengan bersih sampai tidak ada sisa busa yang menempel. Setelah itu, barulah Anda keringkan seluruh bagian mesin dengan lap kanebo yang baru, supaya tidak ada bekas deterjen yang menempel saat Anda keringkan mesin dengan lap kanebo. Nah, untuk menghindari timbulnya kerak baru atau water spot, diamkan mobil selama 2-3 jam dalam posisi kap mobil terbuka. Sebagai informasi, water spot adalah jamur yang tercipta akibat mineral dan zat besi yang menempel dan mengering.

Baca Juga : Biaya Service ECU Mobil

Memanaskan mesin mobil, jika Anda sudah yakin semua mesin bersih dan kering barulah Anda menyalakan mesin mobil. Tujuannya untuk memastikan tidak ada konsleting dan mesin mobil tetap bisa berjalan setelah dibersihkan. Jangan lupa ya Anda sebelum menyalakan mesin mobil. Plastik yang tadi dilepas dulu ya, supaya tidak meleleh saat digunakan di hari berikutnya.

Trik Lain Untuk Membersihkan Mesin Mobil

Berikut ini tips mudah untuk Anda membersihkan mesin mobil. Tips ini bersifat opsional, Anda boleh gunakan boleh tidak. Jika domolovers menggunakan tips ini, pastikan Anda memiliki alatnya ya atau pinjam tetangga dulu sebentar juga boleh.

Cara membersihkan mesin mobil Avanza yang tepat memang agak sulit ya, domolovers. Namun jangan sampai proses pembersihan mesin mobil jadi membuat Anda bermalas-malasan dan enggan untuk membersihkannya ya.

Merawat mesin mobil merupakan kewajiban bagi setiap pemilik mobil lho. Oleh sebab itu, jika Anda merasa tidak memiliki waktu yang cukup ada baiknya Anda panggil saja Dokter Mobil. Karena tidak ada alasan untuk mencuci mobil, bagi kami mobil merupakan aset berharga dan terpenting untuk mendukung kelanjutan bisnis anda. Mari mencuci mobil! Brumm..

Leave a Reply

Your email address will not be published.