Isi Freon Ac Mobil

Isi Freon Ac Mobil Bertahan Berapa Lama?

Freon Ac Mobil Bertahan Berapa Lama? Untuk pemilik khusus nya mobil, jika kalian mendapati AC mobil kalian tidak dingin atau tidak berfungsi dengan semestinya, pasti kalian akan berfikir jika isi dari freon nya yang habis. Mungkin sebenarnya hal tersebut bukan menjadi tolak ukur bahwa AC mobil kalian tidak menjadi dingin, yang sebenarnya freon tidak mungkinlah habis.

Mungkin yang perlu kalian tahu bahwa freon sendiri itu berfungsi untuk cairan utama yang ada pada sistem AC yang mampu mengubah gas melalui saluran evaporator menjadi suhu yang dingin.

Untuk jangka waktu umur dari freon AC mobil itu sendiri tergantung pada pemakaiannya, bahkan tidak ada jangka waktu tertentu untuk menentukan freon itu sudah habis, semuanya tergantung di pemakaiannya saja.

Biasanya freon AC inipun bisa bertahan hingga bertahun-tahun lamanya dan lantas bagaimana supaya pemilik dari mobil mengetahui apabila saat freon AC ini sudah habis?

Yang sebenarnya freon ini tidak mungkin habis dan kalau pun tidak terjadi kebocoran pada sistem AC mobil kalian, ditegaskan kembali bahwa freon AC tidak mungkin habis, hanya saja mungkin terjadi kebocoran pada sistem AC nya itu sendiri.

Kebocoran pada sitem AC biasanya tergantung dari faktor umur, sebab didalam sistem AC terdapat beberapa komponen yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya yang diantara nya seperti kondesor, receiver drier, kompressor, dan evaporator, jika salah satunya ada yang rusak maka akan mempengaruhi isi dari freon tersebut.

Dan kebocoran juga biasanya karena adanya kebocoran atau kerusakan pada karet seal yang ada di antara sambungan pipa dan selang yang sehingga bisa menyebabkan freon tersebut bocor ataupun bisa ada lubang kecil atau sudah rapuhnya selang dan pipanya.

Didalam AC mopbil itu terdapat beberapa komponen yang terbilang sangat penting yang salah satunya yaitu isi freon itu sendiri. Freon ini berfungsi dan sangat mempengaruhi sekali dari kinerja AC mobil, seperti yang sudah dibahas tadi jika ada kebocoran pada sistem AC maka akan mempengaruhi AC sehingga AC tersebut tidak akan menjadi dingin.

Untuk solusinya adalah dengan mengisi ulang kembali freon tersebut, saat mengisi freon tersebut tentunya ada beberapa langkah-langkah supaya freon terisi dengan benar. Maka simak cara-cara untuk mengisi freon. Yuk kita sama-sama langkah-langkahnya!

  1. Kosongkan terlebih dahulu isi freon

Untuk mengisi freon alangkah baiknya mengosongkan terlebih dahulu isi freon yang ada di mobil kalian, kemudian tutup katup manifold gauge nya dan hubungkan manifold gauge dengan selang yang berwarna merah dengan tekanan yang tinggi sehingga rapat, kemudian selang berwarna biru dengan tekanan yang sedang dan untuk selang yang berwarna hijau yang menuju pompa vakum, pastikan selang-selang tersebut terpasang dengan baik dan benar, kemudian buka satu katup yang berapa di manifold lalu hidupkan pompa vakum tersebut.

 

  1. Buka salah satu katub manifold

Untuk langkah yang kedua yaitu membuka salah satu katub dari manifold yang tujuaanya untuk vakum bekerja dengan baik di kedua sisinya. Kemudian lihat kembali angka vacum gauge lalu pastikan sistem tersebut sudah bebas dari uap yang keluar dan biarkan vakum pompa udara terus mengalir, kemudian tunggu hingga 30 menit dan jangan lupa untuk menutup katub sebelum kalian mematikan pompa vakumnya, dan tunggu hingga 15 menit dan cermati juga angka yang berada di meteran tersebut.

Tadi beberapa langkah atau cara untuk mengisi freon AC mobil, mungkin kalian yang tidak ingin ribet dengan pengerjaan nya diharapkan untuk membawa ke bengkel AC mobil, jika kalian takut apabila nantinya terjadi kerusakan yang lebih parah, dan jika dibawa ke bengkel AC mobil maka teknisi akan lebih tahu dan cepat mengatasi nya dengan benar.

Bagi kalian yang ingin tahu berapa bulan isi freon harus di ganti atau diisi ulang? Untuk mengisi freon sebenarnya tidak bisa dipastikan dengan beberapa bulan, jika mendapati isi freon berkurang dan AC mobil kalian sudah tidak berfungsi maka kalian harus segera mengisi ulang freon dan jangan lupa untuk mengecek apakah ada kebocoran atau tidak.

Untuk mengisi freon biasanya membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 30 menit, untuk pembuangan freon sekitar 10 menit, untuk membuang uadara kurang lebih 10 menit dan untuk mengganti kompressor 10 menit, untuk biaya biasanya di patok cukup tinggi yaitu sekitar 200 hingga 400 itupun tergantung harga dari freon dan tabungnya dan oli kompressor yang dibutuhkan untuk mengisi isi freon tersebut, dan perlu diingat biasanya freon tidak bisa habis, maka harus dilakukan pengecekan apakah ada kebocoran atau tidak di saluran sistem AC tersebut.

Baca Juga :  freon ac mobil cepat habis

Walaupun freon masih ada dan tidak terdapat gangguan pada AC dan masih berfungsi, alangkah baiknya tetap memeriksanya dan tetap melalukan pengisian atau pergantian isi dari freon, yang bertujuan supaya terhindar dari berbagai macam kerusakan yang terjadi pada sistem AC mobil.

Dan jika freon memang benar habis naun AC mobil tetap berjalan dengan baik, maka dari itu freon akan bekerja lebih keras di bandingkan dengan biasanya dan jika dipaksakan dengan jangka waktu yang lama maka freon pun akan aus dan akan mengalami kerusakan yang besar. Ya tentunya jika freon itu sudah rusak maka biaya yang harus di keluarkan akan lebih banyak lagi, tentu kalian tidak menginginkannya bukan?

Maka dari itu sangat di sarankan untuk tetap mengecek freon dan kondisi pada sistem AC, dan jika sudah ada kerusakan disegerakan untuk mengeceknya dan membawa nya ke bengkel yang anda percaya.

Untuk mengisi freon pun harus diperhatikan jika kalian mengisi nya terlalu penuh justru itu akan mengganggu kinerja otomatis. Dengan demikian kalian harus mengecek komponen AC satu persatu, karena sebagian besarnya komponen akan terlihat dengan sangat jelas, kalian dapat menggunakan air sabun untuk bisa mengecek apakah ada kebocoran atau tidak.

Isi Freon Ac Mobil

Ada kemungkinan lain kompressor yang bermasalah, maka perhatikan putaran di kompressor AC, biasanya kompressor AC berada dekat dengan mesin utama atau bisa juga menempel dengan bagian mesin, perhatikan juga putaran nya biasanya putaran kompressor mengikuti putara mesin pada kendaraan dengan terhubung pada sambungan fan belt, dan perhatikan juga getaran dan suara pada kompressor, jika getarannya halus nyaris tanpa suara bahwa menandakan kalau itu masih bagus. Dan jika mendapati suara yang kasar maka kondisi dari kompressor nya sudah tidak baik.

Untuk mengingat kembali bahwa freon tidak bisa habis, dan jika habis itupun ada kebocoran atau kerusakan pada sistem AC tersebut, dan di anjurkan untuk tetap memeriksa kondiri freon dan kompressor yang ada di mobil kalian dengan secara berkala lebih baik. Supaya tidak ada masalah ketika kalian berpergian jauh bersama keluarga.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

Isi Freon Ac Mobil

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *