Kelistrikan Dan Kerusakan Pada Ac Mobil

Kelistrikan Dan Kerusakan Pada Ac Mobil ? Mobil yang biasanya Anda gunakan sehari-hari untuk memudahkan pekerjaan Anda dan untuk membantu rutinitas Anda yang mengharuskan Anda bepergian ke berbagai tempat memang sangat memudahkan, terutama jika mobil yang Anda miliki dilengkapi dengan berbagai spesifikasi dan juga dilengkapi dengan banyak fitur dan fasilitas yang memudahkan Anda dan tentunya membuat Anda semakin nyaman berkendara dan membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan. Pada umumnya, mobil memang dilengkapi dengan berbagai fitur dan aksesoris yang dirancang untuk membuat nyaman penumpangnya, salah satu dari banyak aksesoris mobil itu adalah ac mobil.

Ac mobil memiliki fungsi sebagai pendingin di dalam ruangan mobil, pendingin ini hampir selalu digunakan atau dinyalakan oleh pengemudi atau penumpang mobil terutama di siang hari saat matahari sedang terik-teriknya. Selain itu, pendingin ini juga berfungsi untuk menyejukkan keadaan di dalam mobil, agar perjalanan yang Anda lakukan dengan mobil Anda berjalan dengan menyenangkan dan juga nyaman. Ada baiknya, Anda mengenal bagian dan komponen pada ac mobil Anda tersebut, seperti kelistrikan ac mobil yang perlu Anda ketahui cara kerjanya. Bagaimana alur dan tahapan pada kelistrikan ac mobil?

Pada alur kelistrikan ac mobil ini, dimulai dengan sensor tekanan freon yang berfungsi sebagai pendeteksi tekanan freon pada selang tekanan tinggi. selanjutnya, pada alur kelistrikan ac mobil adalah sensor temperature blower. Sensor temperature blower ini bertugas sebagai feedback yang akan mendeteksi suhu udara yang dipompa oleh blower ke dalam kabin. Module AC dapat merespon bahwa ac berjalan dengan baik melalui sensor ini.

Baca juga : Penyebab Ac Mobil Innova Tidak Dingin

Selanjutnya pada kelistrikan ac mobil ada ambient air temperature sensor yang bertugas untuk mendeteksi suhu udara di dalam ruangan mobil atau di dalam mobil, juga di luar mobil, agar lebih akurat untuk menciptakan pendinginan di dalam kabin. Lalu, pada kelistrikan ac mobil ada yang disebut magnetic clutch compressor yang bertugas untuk untuk menyambungkan dan memutuskan putaran dari pulley ke poros kompresor.

Kelistrikan Dan Kerusakan Pada Ac Mobil

Selain itu, pada kelistrikan ac mobil juga terdapat extra fan yang bertugas untuk menghembuskan udara dari luar mobil dan memasukkannya melalui grill dan melewati kondensor. Dan yang terakhir adalah blower motor, yang bertugas untuk menghembuskan angin ke dalam kabin mobil untuk menghasilkan kesejukan yang Anda inginkan.

Dari penggunaan ac mobil dengan intensitas yang tinggi, memang tidak dipungkiri masalah-masalah yang mengancam bisa saja terjadi hingga kerusakan ac mobil. Jika terjadi kerusakan ac mobil, maka Anda perlu memeriksanya dengan cepat, agar kerusakan ini tidak meluas ke komponen-komponen lain yang sebelumnya tidak rusak atau dalam keadaan yang baik-baik saja. Apa saja hal yang dapat memicu terjadinya kerusakan ac mobil?

Kelistrikan Dan Kerusakan Pada Ac Mobil

Jika kerusakan ini terjadi, maka komponen yang perlu Anda periksa adalah komponen yang ada pada ac mobil Anda, seperti kondensor, karena kondensor yang kotor dan tidak pernah dibersihkan bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan ac mobil Anda. Selain itu, kompresor dan freon juga sangat perlu Anda cek apakah ada kerusakan atau tidak, karena pada kompresor dan freon ini memegang peran yang sangat penting dan besar terhadap kinerja ac mobil secara keseluruhan.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

Kelistrikan Dan Kerusakan Pada Ac Mobil

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *