Seberapa sering melakukan perawatan pada mobil anda? Tingginya intensitas penggunaan kendaraan dapat memicu gejala penyebab asap knalpot berwarna hitam. Sebagian pengguna kerap meremehkan gejala tersebut selama kondisi mesinnya masih baik-baik saja. Namun ketahui ini, timbulnya gejala asap hitam merupakan respon dari proses pembakaran yang tidak sempurna disebabkan respon kinerja beberapa part yang sudah tidak optimal. Yuk ulas satu-persatu dibawah ini;

1. Busi Kotor

Penyebab yang pertama yakni kondisi busi yang sudah kotor. Cobalah cek busi anda, apalah sudah kotor?

Busi merupakan alat vital sebagai pemantik api dalam menghasilkan tenaga mesin yang terhubung langsung dengan kompresi dan suhu pembakaran mesin. Inilah yang menjadikan busi menjadi lebih cepat kotor dan berkerak sehingga menghambat proses pembakaran.

Solusinya yakni anda dapat membersihkan busi pada mesin dengan menggunakan cairan khusus bernama carbon cleaner. Cukup diamkan 10-20 menit, busi sudah bersih sehingga tampak baru. Keringkan dengan lap lembut lalu pasang kembali busi tersebut. Jika masih nihil, maka solusinya tak lain mengganti busi dengan busi baru.

2. Filter Udara yang Sudah Kotor

Tidak hanya busi saja, namun filter udara yang sudah dalam kondisi kotor dapat menyebabkan asap knalpot menjadi hitam. Filter udara berfungsi untuk menyaring udara agar terproses pembakaran bersama bensin. Namun seiring dengan intensitas penggunaan, kondisi filter yang tadinya putih atau coklat dapat berubah menjadi hitam karena kotoran yang mengendap terlalu lama tidak dibersihkan.

Solusinya tidak lain yakni dengan membersihkan filter udara. Namun jika tidak memungkinkan maka anda harus mengganti dengan filter udara baru.

4. Kerak Pada Ruang Bakar

Tahukah anda? Semua kotoran pada ruang pembakaran merupakan jenis dari kerak karbon?

Kerak karbon merupakan residu yang dihasilkan oleh pembakaran bensin, oksigen (udara) dan api dalam menghasilkan output berupa tenaga. Residu menjadi hitam karena tempat pengapian yang buruk sehingga menghambat kinerja mesin.

Anda dapat mencoba solusi dengan membersihkan bagian head cylinder.

Mau mendapatkan perawatan menyeluruh? Tune up solusinya. Tune up merupakan proses pembersihan menyeluruh pada ruang bahan bakar yang dinilai efektif untuk menuntaskan gejala asap hitam dan tarikan mobil berat. Beragam manfaat bisa anda lihat selengkapnya disini.

Nah itulah beberapa penyebab asap knalpot berwarna hitam yang umumnya terjadi. Jangan tunda perawatan lagi, segera bawa ke bengkel spesialis terdekat untuk dilakukan penanganan secara tepat dan akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.