Kompresor Ac Mobil Cepat Panas

Penyebab Kompresor Ac Mobil Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya

Kompresor Ac Mobil Cepat Panas – Jika anda seorang pengguna mobil dan sering menyalakan AC selama perjalanan tentunya tidak asing dengan kompresor. Pada umumnya kompresor AC mobil berguna untuk menghisap freon pada tekanan rendah. Setelah itu mendistribusikan ke kondensor dalam tekanan dan suhu tinggi. Garis besarnya adalah mengompres suhu dan tekanan refrigerant yang nantinya akan dilakukan ke kondensor. Kompresor AC mobil ini bekerja dengan mengikuti sistem pergerakan mesin mobil. Fungsi dari kompresor ini sama seperti jantung di tubuh manusia dan refrigerant sebagai darah. Untuk kompresor ini memiliki dua saluran. Yakni saluran hisap atau suction dan saluran buang atau discharge. Bagian saluran hisap ini dihubungkan dengan evaporator dan sisi tekanan rendah. Sedangkan saluran buang dihubungkan ke bagian kondensor dan sisi tekanan suhu tinggi. Refrigerant dalam bentuk gas pada tekanan dan suhu rendah akan dihisap oleh kompresor memakai saluran hisap. Kemudian refrigerant tersebut dimampatkan menjadi tekanan dan suhunya semakin naik. Selanjutnya akan dialirkan ke bagian kondensor lewat saluran buang. Apabila kompresor ac mobil panas, maka akan berpengaruh pada performa ac. Hal ini bisa dilihat dari pengukur tekanan AC (Manometer).

Selain itu masih ada kondensor yang merupakan bagian dari sistem sirkulasi AC mobil setelah kompresor. Fungsi dari kondensor ini untuk mendinginkan freon yang masuk ke evaporator. Untuk prinsip kerja dari kondensor ini adalah menghisap dingin dan mengeluarkan panas. Jika kondensor ketika disentuh maka akan terasa panas. Di kondensor ini yang awalnya freon berbentuk uap ditekan oleh kompresor menjadi cair. Ini karena freon mengalami proses kondensasi atau pendinginan.

Bagian-bagian Penting Dari Kompresor AC Mobil

Pada kompresor AC mobil ini mempunyai beberapa bagian penting yang harus diketahui. Diantaranya sebagai berikut:

  • Tutup depan kompresor

Fungsinya untuk melindungi bagian dalam kompresor. Juga digunakan untuk menahan tekanan refrigerant yang ada di dalam ruang kompresi.

  • Body kompresor
  • Piston kompresor

Yang berguna membuat tekanan dan suhu tinggi refrigerant untuk didistribusikan ke kondensor.

  • Tutup belakang kompresor

Berguna untuk melindungi bagian dalam kompresor serta menahan tekanan refrigerant di dalam ruang kompresi.

  • Valve out

Bagian ini berguna untuk mengeluarkan refrigerant yang telah diproses di dalam ruang kompresi. Valve out ini disambungkan pada kondensor dengan menggunakan pipa yang mana bisa menahan tekanan dan suhu tinggi.

  • Valve in

Fungsi dari valve in ini berkebalikan dengan valve out. Dimana valve in ini bertugas menyerap refrigerant yang diproses dalam ruang kompresi. Untuk valve in ini disambungkan dengan bagian evaporator memakai pipa. Yang mana pipa ini digunakan untuk mendistribusikan refrigerant dengan suhu dan tekanan rendah.

  • Trust bearing atau laker bambu
  • Kruk as
  • Ruang kompresor

Menjadi tempat proses suhu dan tekanan tinggi yang akan disalurkan ke bagian kondensor.

  • Magnet kompresor
  • Pulley

Fungsinya menggerakkan motor kompresor. Dimana pulley ini disambungkan memakai fan belt yang juga disambungkan ke bagian alternator.

  • Clutch kopling

Untuk kompresor ac mobil ini memiliki dua tipe, yaitu rotary dan piston. Jika dilihat dari ukuran, maka kompresor jenis rotary lebih kecil meski PK-nya sama. Kompresor rotary ini bekerja dimana rotor berputar di dalam stator dengan memanfaatkan kompresi. Juga menekan gas dari ruang chamber. Selanjutnya dari ruang chamber ini akan diarahkan menuju saluran tekan dengan diameter kecil. Dimana untuk menurunkan volume gas. Sedangkan kompresor piston ini bekerja seperti sebuah sistem mesin kendaraan. Cara kerjanya adalah ketika piston bergerak ke bawah, maka ruangan di atas piston volume menjadi besar. Sehingga membuat tekanan turunan lalu katup pemasukan membuka. Refrigerant yang terhisap ke poros engkol berputar menggerakan piston supaya bergerak ke atas. Tekanan di atas piston yang naik menyebabkan katup pengeluaran membuka. Dengan begitu refrigerant akan terdorong keluar ke kondensor.

Baca Juga :  kompresor ac mobil mati hidup

Penyebab Kompresor AC Mobil Panas

Ada beberapa hal yang menyebabkan kompresor ac cepat panas atau overload. Berikut beberapa penyebab yang perlu anda ketahui.

  1. Tekanan gas freon terlalu tinggi

Bisa jadi kompresor ac mobil panas karena tekanan freon kompresor terlalu tinggi. Sehingga hal ini membuat arus kerja kompresor melebihi batas maksimum dari kinerja kompresor. Jadi kinerja kompresor menjadi semakin berat.

  1. Sistem AC bocor

Selain itu ada hal lain yang membuat kompresor ac mobil sangat panas, yakni karena terjadi kebocoran pada sistem AC. Jika sistem AC bocor maka suhu yang sudah diatur tidak akan bisa tercapai. Sehingga thermostat tidak bisa memberikan perintah memutus arus ke mesin kompresor. Oleh karena itulah kompresor menjadi terus hidup dan membuat kompresor memanas.

  1. Sirkulasi freon terhambat atau buntu

Kemudian dari sirkulasi freon yang terhambat pun bisa membuat kompresor ac menjadi panas. Biasanya hal ini dikarenakan terjadinya endapan oli pada sistem ac. Sehingga membuat sirkulasi freon yang terjadi pada sistem ac tidak berjalan lancar. Jadi membuat suhu di dalam kabin tidak kunjung dingin.

  1. Fan lemah atau mati

Saat fan ac atau radiator mati tentu membuat tekanan freon yang berada di jalur high press meningkat. Yang secara otomatis membuat kompresor ac mobil cepat panas. Sehingga bisa membuat kompresor bermasalah.

  1. Oli pelumas tidak cukup

Anda bisa menganggap oli untuk melumasi AC ini sebagai darah dalam tubuh manusia. Bisa bayangkan bukan jika oli ini tidak cukup alias kurang? Tentu sistem tidak bisa bekerja dengan baik dan benar. Dan segala jenis masalah akan timbul, salah satunya adalah kompresor ac mobil panas. Dan jika hanya dibiarkan tidak terawat, maka akan terjadi kerusakan yang lebih parah. Oleh sebab itulah pastikan untuk dirawat dengan baik oleh teknisi AC mobil yang profesional. Biasanya teknisi tersebut akan mengecek level oli dan bagaimana kondisi pompa oli untuk mencegah berbagai masalah yang timbul.

  1. Usia pemakaian

Masalah kompresor ac mobil sangat panas juga bisa disebabkan karena pemakaian yang berlebih. Dimana tidak mengikuti prosedur pemakaian dan perawatan rutin. Namun jika rutin mengecek dan merawat, tentu usia pemakaian akan panjang.

Kompresor Ac Mobil Cepat Panas

Nah itulah beberapa bagian penting dari kompresor ac mobil, jenis kompresor ac mobil dan beberapa penyebab kompresor ac mobil panas. Dengan mengetahui beberapa hal diatas, maka anda bisa mengatasi kompresor ac mobil cepat panas dengan baik. Untuk kompresor ac mobil anda yang sudah rusak dan butuh perbaikan. Maka pilihan tepat jika anda membawanya ke Dokter Mobil. Bengkel resmi terbaik di Jakarta ini bisa mengatasi kompresor ac mobil panas dengan baik. Memiliki SDM terbaik dan berpengalaman di bidangnya, sehingga hasilnya akan sama seperti baru. Sudah banyak pelanggan yang mempercayakan perbaikan kompresor ac mobil kepada kami. Dan sekarang adalah giliran anda.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

Kompresor Ac Mobil Cepat Panas

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *