Lakukan Hal Ini Untuk Mengatasi Masalah Kompresor Ac Mobil Mati Hidup

Masalah Kompresor Ac Mobil Mati Hidup? Kompresor menjadi salah satu komponen penting yang ada pada sistem AC mobil. Dimana kompresor ini berguna untuk mengalirkan freon ke seluruh sistem AC dengan cara menaikkan tekanan gas freon. Yang perlu diketahui dengan baik adalah bahwa kompresor ini juga bisa rusak. Ada banyak keluhan yang terjadi dimana pemilik mobil merasa AC mobil tidak mengeluarkan hawa dingin pada umumnya. Juga masalah seperti terdengar suara berisik ketika AC mobil ini dihidupkan. Dan ketika kompresor ac mobil sering mati hidup, segera diperbaiki. Jangan sampai kerusakan ini merembet ke bagian komponen lain. Namun anda sebagai pemilik mobil harus mencermati dengan baik kerusakan seperti apa yang terjadi. Baru selanjutnya memahami cara untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada kompresor AC mobil tersebut.

7 Cara Mengatasi Kompresor AC Mobil Mati

Dan berikut cara yang bisa digunakan untuk memperbaiki kompresor AC mobil yang rusak. Simak juga penjelasannya.

  1. Perhatikan suara kompresor

Umumnya ciri kompresor ac mobil mati sebelumnya ditandai dengan adanya bunyi yang cukup keras ketika AC dinyalakan. Banyak pemilik mobil yang mengatakan bahwa kompresor-nya ngorok. Karena suara yang dihasilkan memang seperti orang ngorok. Saat suara keras terdengar, maka bisa dipastikan jika kompresor mengalami masalah. Jadi jangan tunda lagi untuk memperbaiki kompresor supaya tidak merembet ke bagian lainnya. Jika kompresor sudah benar-benar mati, maka perlu diganti.

  1. Memperhatikan aliran angin AC mobil

Anda pun harus mencermati dan merasakan tiupan AC yang ada di dalam kabin. Anda harus bisa merasakan perbedaan saat mobil dalam kondisi idle atau sudah jalan. Jika dalam kondisi idle, AC terasa urang dingin dan menjadi dingin saat melaju. Maka hal ini terjadi masalah dalam kompresi. Ini harus diketahui sebelum anda melakukan perbaikan. Dengan begitu arah perbaikan tidak akan kemana-mana.

  1. Pastikan rembesan oli

Kemudian anda juga harus memastikan tidak adanya kebocoran kompresor. Karena jika terjadi rembesan oli di sekitar badan kompresor, hal ini menandakan terjadi kebocoran oli. Dan untuk mengetahui kebocoran freon ini bisa dilihat di sekitar kompresor dengan menggunakan air sabun. Anda bisa mengucurkan air sabun pada titik-titik yang dicurigai adanya kebocoran. Jika terdapat gelembung udara, maka bisa dipastikan terjadi kebocoran dan membuat freon menjadi berkurang.

  1. Membongkar AC untuk memeriksa lebih lanjut

Cara memperbaiki kompresor ac mobil mati adalah dengan melepasnya dari mobil. Saat sudah terlepas, maka periksa bagian magnetic clutch. Jika magnetic clutch ini rusak, maka putaran kompresor tidak stabil. Untuk mengecek kondisi magnetic clutch ini bisa dengan menempelkan kabel dengan arus 12 volt. Saat center piece tidak bergerak, magnetic clutch ini harus diganti. Pastikan untuk melepas tiga bagian magnetic clutch yakni center piece, pulley, dan spool magnet. Baru kemudian bisa diganti dengan magnetic clutch baru.

  1. Melakukan penggantian komponen kompresor

Ketika kompresor AC mobil ngorok, maka bisa melepas dan membongkarnya. Karena bunyi kasar yang muncul tersebut karena adanya kebocoran oli. Saat kompresor kekurangan oli, akan membuat komponen di dalamnya mengalami gesekan kasar. Ada kemungkinan sil sudah mengeras, sehingga kurang mampu menahan freon di dalam sirkulasi AC mobil. Anda cukup mengganti sil yang sudah mulai mengeras atau rusak ini. Pastikan saat seluruh komponen kompresor terpasang tidak ada lagi rembesan oli dari badan kompresor.

  1. Membersihkan kompresor

Bisa jadi kompresor ac mobil mati hidup atau adanya bunyi kasar ini karena bearing bambu yang sudah berkarat. Karat yang terdapat pada kompresor membuat tidak bisa berputar. Untuk memperbaikinya adalah dengan menyemprotkan anti karat pada bearing bambu. Lalu di ampelas dengan menggunakan ampelas 100 (halus). Setelah karat dihilangkan, maka baru bisa mengisi ulang oli kompresor.

  1. Mengganti kompresor AC mobil

Jika cara diatas telah dilakukan, namun tidak ada hasil yang pasti. Maka anda bisa melakukan penggantian kompresor AC untuk mendapatkan performa AC mobil yang lebih dingin dan nyaman.

Jika anda penasaran bagaimana bisa mengetahui penyebab kompresor ac mobil mati bagaimana. Maka beberapa hal berikut bisa membantu anda.

  • Memakai manometer

Cara cek kompresor ac mobil mati yang pertama adalah dengan memakai manometer. Manometer sendiri adalah alat yang dipakai untuk menganalisa kinerja AC mobil. Dengan menggunakan alat ini maka segala jenis komponen AC bisa diketahui dengan baik. Termasuk kompresor ac mobil hidup mati.

  • Menggunakan alat pemeriksa kebocoran

Tidak hanya komponen AC mobil seperti evaporator, kondensor dll saja yang perlu dicek kebocoran-nya oleh alat ini. Jika anda melakukan service ke bengkel resmi yang memperbaiki kompresor ac mobil tidak mau mati. Maka kompresor AC mobil akan dicek menggunakan alat pemeriksa kebocoran ini. Cara kerja dari alat ini adalah dengan memasang ke salah satu perangkat komponen AC mobil. selanjutnya memberikan tekanan angin yang diambil dari kompresor angin.

  • Memakai stetoskop

Stetoskop ini tentunya khusus dipakai untuk mencari tahu suara dari komponen AC mobil. Apakah komponen itu masih layak berfungsi dengan baik atau tidak. Jika ada komponen di dalam kompresor yang berbunyi secara tidak wajar. Maka bisa disimpulkan bahwa ada kerusakan yang terjadi pada kompresor tersebut.

  • Menggunakan test pen

Fungsi dari test pen ini adalah untuk memeriksa kabel, relay atau fuse. Digunakan untuk mengetahui apakah ada aliran listrik yang terputus atau tidak. Yang mana akan membuat kompresor ac mobil hidup sebentar lalu mati. Juga test pen ini bisa dimanfaatkan untuk mendiagnosa magnet clutch atau kopling magnet.

  • Memakai multi tester

Dengan menggunakan alat multi tester ini, maka kita dapat mengetahui kondisi kelistrikan komponen AC mobil. Termasuk kompresor. Sehingga kita bisa menemukan kerusakan listrik pada setiap komponen yang menyebabkan kompresor ac mobil tidak otomatis. Misalnya, pada kompresor terdapat gangguan listrik atau tidak. Maka bisa dicek dengan menggunakan multi tester ini.

Baca Juga : kompresor ac mobil cepat panas

Kompresor Ac Mobil Mati Hidup

Cara Mengatasi Otomatis Kompresor AC Mobil Mati

Nah itulah beberapa cara untuk memperbaiki otomatis kompresor AC mobuil yang bermasalah dan cara mendeteksinya dengan menggunakan beberapa alat. Dengan mengetahui beberapa hal diatas, tentunya anda tidak akan merasa kesulitan lagi ketika terjadi masalah pada AC mobil. Dan untuk AC mobil yang menurut anda sudah di tahap kerusakan parah. Serta tidak ingin merembet ke bagian komponen lain di dalam mobil. Maka pilihan terbaik jika anda memilih untuk membawanya ke bengkel perbaikan AC mobil yang berpengalaman. Salah satu bengkel perbaikan AC mobil yang berpengalaman dan terpercaya adalah Dokter Mobil. Bengkel resmi dan berpengalaman ini sudah memperbaiki puluhan sampai ratusan AC mobil. Banyak pelanggan yang puas dengan pelayanan dan hasil perbaikan dari kami. Oleh sebab itulah pastikan untuk memilih kami sebagai bengkel terbaik jika terjadi masalah pada AC mobil anda.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

Kompresor Ac Mobil Mati Hidup

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *