Penyebab Kondensor Ac Mobil Panas

Beberapa Penyebab Kondensor Ac Mobil Panas Yang Perlu Diketahui

Kondensor Ac Mobil Panas? Untuk sebuah sistem AC, kondensor memiliki peran penting. Yakni untuk membuang udara panas dari freon yang berasal dari kompresor AC. Awalnya freon berbentuk gas, kemudian berubah menjadi cair setelah dibantu oleh cooling fan atau kipas pendingin. Tanpa adanya kondensor, maka bentuk freon yang berupa gas tidak bisa menjadi cair. Oleh sebab itulah mengapa kondensor menjadi cukup berpengaruh pada dingin dan tidaknya AC. Adanya AC pun cukup berpengaruh pada kenyamanan ketika berkendara. Apalagi jika anda bertempat tinggal di kota besar seperti kota Jakarta. Tentunya sangat kebutuhan AC ketika berkendara pada siang hari sangat penting. Ketika AC mobil tiba-tiba panas, maka bisa mengecek terlebih dahulu bagaimana kondisi kondensor mobil tersebut. Perlu digarisbawahi bahwa kondensor merupakan salah satu bagian yang rentan kerusakan. Untuk letak kondensor AC mobil ini terletak pada bagian depan mobil yang berhadapan dengan radiator. Bentuknya sendiri tidak baku, yang artinya bermacam-macam. Sehingga tidak jarang ditemukan kondensor yang terpisah dengan radiator, sehingga membutuhkan kipas tambahan untuk pemakaian-nya.

Sistem AC mobil akan bekerja ketika mesin mobil sudah menyala. Ketika mulai bekerja, expansion valve mengalirkan freon dengan wujud masih gas ke evaporator dan mengubahnya menjadi uap dingin. Lalu blower meniupkan uap dingin ke seluruh kabin mobil. Untuk mempercepat pendinginan udara, maka lubang pada ekspansi valve akan membesar. Lain hal jika suhu udara di ruangan sudah rendah, maka lubang ekspansi akan mengecil. Sehingga proses pengabutan-nya pun menjadi lebih sedikit daripada sebelumnya. Saat suhu yang ada di dalam kabil mobil sudah mencapai temperatur dingin maksimal, maka kompresor berhenti bekerja. Selanjutnya kompresor akan bekerja dari awal supaya suhu dingin di dalam kabin yang sudah diatur oleh thermistor tetap stabil.

Seperti diketahui bahwa kondensor AC mobil ini rentan terjadi kerusakan, misalnya mengalami panas yang tidak wajar. Sehingga menyebabkan timbulnya berbagai masalah lain, dan menyebabkan masalah di komponen lainnya. Kondensor AC mobil panas sebenarnya merupakan hal wajar yang sering terjadi. Sebab hal ini menunjukkan bahwa kondensor bekerja dengan baik dalam menghilangkan panas freon yang dipompa di bagian kondensor. Jika panas kondensor masih menghasilkan udara dingin, tentu masih menandakan proses normal. Namun jika sebaliknya, malah menghasilkan udara panas. Tentu ada bagian yang ada di dalam sistem mengalami kerusakan.

Baca Juga : Ac Mobil Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

5 Penyebab AC Mobil Tiba-Tiba Panas

Berikut beberapa hal yang menyebabkan kondensor bisa mengalami kepanasan yang perlu diketahui. Sehingga pemilik mobil bisa melakukan pencegahan.

  1. Fan radiator atau extra fan tidak berputar

Ketika extra fan mati saat AC mobil dinyalakan, hal ini akan menyebabkan tekanan berlebih dan kondensor AC kepanasan. Efek kondensor AC yang terlalu panas karena fan tidak bekerja akan menyebabkan AC mobil terasa panas. Hal ini karena sistem AC dilengkapi dengan pengaman tekanan berlebihan pada saluran atau pipa AC sisi tekanan tinggi. Pengaman ini bekerja untuk memutus sirkuit arus listrik ke magnetic clutch AC.

Extra fan atau fan radioator ini tidak berputar ketika AC hidup tentunya ada pengecualian. Sebab beberapa merek mobil dirancang supaya fan radiator dan extra fan tidak langsung hidup saat AC dinyalakan. Namun menunggu temperatur mesin menjadi sedikit hangat.

  1. Saluran AC tersumbat

Kondensor AC mobil cepat panas juga bisa dikarenakan saluran AC tersumbat atau kondensor AC tersumbat di bagian luar. Misalnya filter di dalam kondensor yang berada di bagian bawah silica gel tersumbat. Kotoran yang terdapat pada filter kondensor akan menghalangi sirkulasi freon menuju evaporator. Dan membuat panas, juga tekanan berlebihan pada kondensor meski fan radiator berputar. Hal yang seperti ini akan membuat rusak kompresor AC dan freon dapat keluar menembus seal O ring atau lewat katup pengaman pada kondensor AC. Juga bisa menembus slang fleksibel tekanan tinggi.

  1. Kisi radiator dan kondensor tersumbat debu

Ketika fan radiator hidup, maka debu atau kotoran bisa terhisap oleh kipas radiator tersebut. Sehingga menyebabkan kisi-kisi radiator atau kondensor menjadi tersumbat. Dan hal ini menyebabkan komponen-komponen tersebut tidak bisa bekerja dengan baik.

  1. Putaran kipas radiator terbalik

Jika putaran kipas radiator terbalik, maka akan membuat kondensor AC terlalu panas. Ini karena panas dari radiator yang dihembuskan oleh angin kipas radiator malah menuju kondensor.

  1. Kondensor AC terkena panas mesin

Biasanya pada bagian tepi kiri atau kanan kondensor ada pembatas yang terbuat dari material plastik. Pembatas ini memiliki fungsi supaya angin panas dari kipas radiator tidak bisa memantul ke depan kondensor. Dan dihisap lagi oleh bagian kipas radiator. Hal ini biasanya sering terjadi pada mobil yang body depan diperbaiki dan lupa memasang kembali pembatas tersebut. Umumnya sering terjadi pada mobil sedan dengan mesin melintang ke samping.

Cara Mengatasi Kondensor AC Mobil Panas

Selain mengetahui penyebab dari kondensor AC mobil yang panas. Maka anda juga perlu mengetahui bagaimana cara merawat AC mobil supaya tetap dingin. Untuk pengguna mobil keluaran tahun 2012 ke atas, maka harus sering membersihkan saringan AC yang ada di bagian kabin. Biasanya setiap 10.000 KM atau enam bulan sekali. Kemudian setiap setahun sekali, harus wajib melakukan perawatan ringan. Misalnya membersihkan rumah kipas dengan mencuci atau menyemprotnya dengan angin. Saat mencuci mobil mintalah untuk menyiram bagian kondensor yang letaknya di bagian depan. Namun jangan menggunakan air dengan tekanan tinggi, sebab bisa membuat rusak sampai ke bagian kelistrikan mobil. Bisa disemprot seperti biasa, ini dimaksudkan supaya debu dan kotoran yang menempel bisa menghilang. Setidaknya bagian kondensor ini bisa dibersihkan setiap satu atau dua bulan sekali. Sehingga tidak membuat kondensor bermsasalah.

Penyebab Kondensor Ac Mobil Panas

Dari uraian diatas, diharapkan anda sebagai pemilik mobil bisa secara umum untuk memahami mengapa ac mobil tiba2 panas karena masalah kondensor. Juga mengetahui fungsi dari bagian sistem AC mobil itu sendiri. Jadi tidak akan membuat anda lalai atau meremehkan perawatan rutin. Baik dari mesin maupun merawat AC mobil. Anda bisa mengonsultasikan terlebih dahulu kepada mekanik di bengkel supaya lebih nyaman dan aman. Untuk anda yang belum menemukan bengkel terbaik dan berpengalaman, maka anda tidak perlu kebingungan terlebih dahulu. Karena Dokter Mobil hadir untuk membantu anda memperbaiki AC mobil dengan baik dan seperti baru lagi. Ini dikarenakan kami memiliki alat dan tenaga yang sudah ahli di bidangnya. Jadi hasilnya benar-benar maksimal seperti menggunakan AC mobil baru. Kami juga memberikan pelayanan dan layanan terbaik untuk pelanggan, jadi bisa berkonsultasi terlebih dahulu. Sudah banyak pelanggan yang datang ke Dokter Mobil untuk memperbaiki kerusakan pada AC mobil.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

Kondensor Ac Mobil Panas

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *