Posted by doktermobil Oli Mobil

4 Fungsi Penting Oli Transmisi Mobil Yang Harus Diketahui

oli transmisi mobil

Seperti halnya oli mesin, oli transmisi mobil juga memiliki fungsi penting dalam melumasi komponen kendaraan anda. Bahkan, oli transmisi dan oli mesin bisa juga menentukan umur sebuah kendaraan. Mobil yang tanpa adanya oli, bisa mengurangi usia mesin sampai 10-20 tahun. Tentu hal ini akan berdampak pada Kinerja, dan juga jika ingin dijual kembali, harganya akan sangat jatuh.

Banyak pengendara yang tidak memahami pentingnya oli transmisi dan lebih fokus ke oli mesin saja. Banyak yang merasa oli transmisi tidak perlu rutin diganti karena aktivitasnya yang tidak terlalu berat. Padahal, oli transmisi juga punya peranan yang tidak kalah pentingnya dengan oli mesin. Idealnya, oli transmisi sebaiknya diganti setiap 40.000 km supaya sistem transmisi kendaraan tetap dalam kondisi baik.

Tanda perlu dilakukannya oli transmisi mobil segera adalah perpindahan gigi yang berat dan seringkali menghentak. Oli juga sudah hitam pekat dan tercium seperti bau terbakar. Jika terus dibiarkan, maka akan terjadi kerusakan berantai dari satu komponen ke bagian komponen lainnya. Jadi, secara jangka panjang, oli transmisi memiliki peranan sangat penting bagi kendaraan anda.

Berikut Fungsi Oli Transmisi Mobil

Sebagai pengguna kendaraan roda empat, tentunya anda harus mengetahui fungsi dari oli transmisi mobil. Ini dilakukan supaya Anda bisa memahami komponen apa saja yang terawat oleh oli transmisi, dan juga kapan sebaiknya dilakukan penggantian. Berikut ini adalah beberapa fungsinya ;

  • Merawat Komponen Mesin

Fungsi utama dari oli transmisi mobil adalah dalam merawat komponen mesin agar tetap baik. Mungkin anda seringkali menemui suara mesin yang tersendat ataupun kasar dibandingkan biasanya. Ini disebabkan kurangnya perawatan, khususnya mengganti oli transmisi. Saat anda sudah rutin mengganti oli transmisi secara berkala, hal ini akan bisa dihindari dan suara mesin menjadi lebih halus.

  • Performa Mesin Yang Meningkat

Apabila anda rajin melakukan perawatan kendaraan dan mengganti oli transmisi secara berkala, otomatis performa mesin juga akan meningkat. Hal ini terjadi akibat pelumasan yang baik dan gesekan berat pada mesin dihindari. Selanjutnya, tarikan jadi lebih enteng  dan bisabmelaju dengan hakus. Sebaliknya, apabila anda jarang mengganti oli transmisi ini bisa berakibat gesekan yang terjadi bisa sangat keras. Hasilnya, suara mesin kasar serta berisik saat anda berkendara.

  • Pencegahan Debu dan Kotoran Masuk

Fungsi oli transmisi mobil yang diganti secara berkala adalah dapat menggantikan oli lama yang sudah tercemar oleh debu dan kotoran. Oli yang terlalu lama juga akan sangat mengental dan membuat gesekan tidak dapat dikendalikan. Dengan rutin mengganti oli transmisi ,kotoran dan debu yang tercampur akan di minimalisir. Selain itu, kualitas oli yang bagus, akan mencegah mesin tergores dan aus.

  • Terhindar Dari Turun Mesin

Hal yang tidak diinginkan oleh setiap pembeli kendaraan adalah turun mesin. Saat mobil harus mengalami service tersebut tandanya kerusakan sudah cukup parah. Saat anda jarang mengganti oli transmisi mobil, gesekan pada mesin bisa sangat parah, dan suhu akhirnya overheating. Saat mobil tidak bisa mentoleransi keadaan tersebut, maka akan mogok dan harus turun mesin. Perbaikannya sendiri, biaya untuk turun mesin cukup mahal dan tentunya bisa menguras keuangan anda.

Baca Juga : Komponen AC Mobil

Kesimpulannya, peranan oli transmisi mobil tidak kalah pentingnya dengan oli mesin. Pengecekan rutin tetap perlu dilakukan baik dari jarak tempuh, maupun kualitasnya. Oleh karena itu, jagalah selalu kondisi kendaraan dengan salah satu caranya mengganti oli transmisi secara berkala.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *