New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Jangan Sampai Lalai, Service Berkala 10000 Km Mobil Itu Penting

Pada saat Anda membeli mobil yang masih baru pastinya akan diperintahkan untuk melakukan service berkala 10000 Km. Pada dasarnya, kendaraan harus melakukan servis pada  1000 Km, 5000 Km, service berkala 10000 Km, 15.000 Km, dan selanjutnya.

Kali ini, kita akan membahas mengenai servis berkala pada kendaraan Anda setelah mencapai 10.000 kilometer atau setara dengan pemakaian selama 6 bulan.

Pentingnya Service Berkala 10000 Km Pada Mobil Anda

cara mendirikan bengkel mobil kerjasama usaha bengkel mobil peluang usaha bengkel mobil modal usaha bengkel mobil modal awal buka bengkel mobil buka bengkel mobil modal awal buka bengkel modal bengkel mobil buka usaha bengkel modal buka usaha ganti oli mobil usaha perbengkelan usaha jasa bengkel peluang usaha bengkel mobil cara buka bengkel promosi bengkel mobil jenis usaha bengkel cara buka bengkel mobil buka usaha bengkel mobil biaya buka bengkel mobil cara promosi bengkel mobil cara membuka bengkel mobil memulai usaha bengkel mobil cara buka bengkel manfaat usaha bengkel usaha otomotif peluang usaha di bidang otomotif peluang usaha otomotif peluang bisnis otomotif cara mencari peluang usaha dari sektor otomotif peluang usaha di sektor otomotif wirausaha otomotif wirausaha bengkel pengusaha bengkel franchise otomotif indonesia kerja sama bengkel mobil prospek bisnis bengkel pengusaha otomotif kemitraan bengkel mobil bisnis otomotif 2021 usaha otomotif 2021

Sebaiknya, jangan pernah melewatkan service berkala 10000 Km untuk kendaraan Anda sebab memiliki banyak kelebihan. Berikut pentingnya servis berkala pada kilometer ke 10.000:

  • Untuk mengecek berbagai Komponen pada Kendaraan

Pertama dan yang paling utama adalah untuk mengecek berbagai komponen pada kendaraan Anda. Pada servis yang pertama ini, teknisi akan mengecek apakah komponen pada kendaraan Anda masih layak digunakan atau tidak.

Teknisi akan mengecek berbagai komponen mobil yang telah digunakan selama kurang lebih 6 bulan apakah ada kerusakan atau tidak.

  • Memastikan Mobil Tetap Aman Digunakan

Dengan pengecekan berkala pada bulan keenam ini, teknisi juga akan memastikan bahwa mobil tetap aman digunakan.

Mereka akan mengecek fungsi berbagai komponen yang ada dan akan memperbaiki tahu mengganti komponen tersebut agar tetap aman ketika digunakan.

  • Sebagai Perawatan Pertama yang Mengganti Komponen

Dibandingkan dengan servis yang sebelumnya, yang hanya mengecek komponen saja. Pada servis kali ini teknisi dapat melakukan penggantian komponen jika memang sudah tidak layak digunakan.

Tak hanya komponen saja, biasanya teknisi juga akan mengganti oli yang memang seharusnya diganti sehingga mesin tetap dapat berjalan dengan baik.

  • Tidak Mengurangi Uang Anda

Pada servis yang ketiga ini, biasanya perusahaan juga masih akan tetap menggratiskan biaya servis. Oleh karena itu jangan pernah melewatkan servis berkala pada saat ini karena Anda tak perlu membayar uang sepeser pun.

Karena memang pada umumnya, kendaraan dengan jarak tempuh 10.000 kilometer ini masih belum banyak mengalami masalah, hanya penggantian oli saja.

Apa Saja Yang Diperiksa pada Service Berkala 10000 Km

Lalu, apa saja yang diperiksa pada servis yang ke 10.000 kilometer ini? Berikut penjelasanya:

  • Kondisi Elektrikal Kendaraan

Pertama, teknisi akan mengecek kondisi elektrikal kendaraan Anda. Kondisi elektrikal yang dimaksud adalah berbagai kondisi kelistrikan yang ada di dalam mobil.

Teknisi akan mengecek kondisi perkabelan, aliran listrik, dan lain sebagainya. Mereka akan memastikan semua aman dan tidak membahayakan penumpang.

  • Kebersihan Filter Udara

Tak hanya kondisi elektrikal. Para teknisi biasanya juga akan mengecek filter udara. Untuk memberikan kenyamanan yang lebih, mereka akan membersihkan filter udara sehingga pengguna baik driver maupun penumpang menjadi lebih nyaman berada di mobil.

  • Pengecekan Rotasi Ban

Tak hanya kondisi listrik dan juga filter udara, teknisi juga akan mengecek bagaimana rotasi ban bekerja. Teknisi akan menguji keseimbangan perputaran ban dan menjaga agar ban tetap berputar pada porosnya sehingga aman dan nyaman saat kendaraan melaju.

  • Sistem Rem

Teknisi juga akan mengecek sistem rem yang mana sangat penting dan vital dalam penggunaan kendaraan bermotor. Teknisi akan mengecek fungsi rem dan juga membersihkan rem yang memang dilakukan setiap kelipatan 10.000 Km.

  • Kondisi Baterai (Voltase)

Selanjutnya, teknisi akan mengecek kondisi baterai kendaraan yang  mana berfungsi sebagai penyimpan dan juga menyediakan kebutuhan energi listrik pada mobil itu sendiri.

Baca Juga : Menghitung Peluang Bisnis Otomotif di Masa Pandemi Corona

Teknisi tentunya akan mengecek voltase dari aki mobil sehingga masih dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan.

  • Penggantian Oli dan Filter

Pada servis berkala kali ini, teknisi juga akan mengganti oli dan juga filter udara. Oli diganti agar mesin tetap dapat bekerja dengan baik. Penggantian filter udara u=juga harus dilakukan jika fungsinya sudah tidak dapat maksimal seperti seharusnya.

Service dan Tune Up Mobil Anda Di Dokter Mobil

Itulah dua hal yang perlu Anda ketahui mengenai service berkala 10000 Km bagi kendaraan baru Anda. Jika mencari bengkel mana yang bisa tune up mobil tanpa masalah lagi, Dokter Mobil pilihannya. Karena di dalam tim Dokter Mobil mempunyai beberapa spesialis tune up mobil. Menjadikan mobil baru kesayangan anda lebih nyaman dan awet nantinya.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts