Biaya service mobil biayanya relatif besar. Namun seringkali hasil service di bengkel mobil resmi pun acapkali cukup mengecewakan. Mengapa hal ini terjadi ? Apakah ini menunjukkan sebuah bengkel tidaklah berkompeten ?

Seringkali kita marah karena hasil service justru menyebabkan masalah berupa :

Sebelum kita mengetahui apa penyebab munculnya masalah tambahan setelah menservice, kita perlu mengetahui apa penyebab kerusakan pada mobil anda. Penyebab itu dapat disebabkan beberapa hal seperti :

Prosedur Service

Dari antara penyebab kerusakan mobil tersebut, umumnya bengkel akan memperbaiki sesuai prosedur seperti :

Jika semua prosedur itu dilakukan dengan baik, mobil akan berfungsi dengan baik dan service di bengkel mobil tersebut dapat dikatakan telah melakukan kewajibannya dengan sempurna. Namun acapkali ada salah satu dari prosedur tersebut yang terlewat atau kurang hati-hati sehingga muncul masalah lain pada mobil.

Contohnya dapat anda lihat pada video berikut yang menunjukkan apa yang terjadi jika anda ataupun pihak mekanik tidak berhati-hati dalam menangani mobil kesayangan anda :

Oleh sebab itu, sebagai pemilik mobil anda dituntut untuk berhati-hati baik dalam menggunakan mobil, maupun ketika perawatannya. Begitu juga bengkel harus selalu anda perhatikan apakah mereka melakukan prosedur service mobil dengan teliti atau tidak.

Penyebab Munculnya Masalah

Penyebab hasil service yang mengecewakan sebenarnya berasal dari 3 kemungkinan, yaitu :

Berdasarkan semua hal di atas, dapat disimpulkan penyebab hasil service yang mengecewakan di bengkel mobil di antaranya adalah :

  1. Bengkel Mobil yang Kurang Berkompeten

    Tidak berkompeten di sini dapat terjadi karena hal-hal seperti :

    – Bengkel Mobil Tersebut Curang / Nakal
    Kecurangan atau kenakalan service mobil yang sering dilakukan bengkel mobil di antaranya adalah :
    a. Mengisikan mobil anda dengan oli mobil palsu / abal-abal
    b. Menggunakan spare part palsu / KW dan berkualitas rendah
    c. Memberikan spare-part yang tidak cocok pada mesin/mobil anda.

    Kecurangan saat service mobil di atas seringkali dilakukan oleh bengkel mobil demi memperbesar margin keuntungan yang mereka dapat. Oleh sebab itu diharapkan untuk selalu waspada setiap kali menservice mobil dengan cara berhati-hati kepada bengkel yang memberikan harga terlalu murah, selalu mengecheck dan mencari tahu keaslian ataupun kualitas suatu barang yang ditawarkan oleh bengkel, dan jangan pernah langsung tergiur untuk menerima penawaran bengkel kecuali bengkel tersebut memang sudah sangat terpercaya untuk memberikan rekomendasi / penawaran.

    – Mekanik di Bengkel Tersebut Kurang Berpengalaman

    Semakin berpengalaman mekanik di sebuah bengkel, semakin baik hasil service di bengkel tersebut. Banyak sekali kesalahan atau kerusakan terjadi disebabkan oleh montir/mekanik yang :

    a. kurang ahli dalam mengencangkan, melepas, atau memasang mur, baut, busi, kabel, dan sebagainya

    b. Kurang teliti dalam melakukan pengecheckan dan service mobil seperti check volume oli kompresor ac, volume dan kualitas freon, apakah seluruh kabel sudah terpasang, lupa memasang penutup, dan berbagai kesalahan lain yang disebabkan ketidak-telitian. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mencari bengkel mobil yang melakukan quality control pada setiap hasil service mekaniknya sehingga hasil service mekanik benar-benar sesuai SOP atau prosedur yang memang sudah ditentukan oleh perusahaan.

  2. Kesalahan Anda dalam Menggunakan Mobil

    Seringkali munculnya kerusakan yang sama atau kerusakan lain pada mobil anda yang baru saja di service di bengkel mobil terjadi justru karena anda lalai. Kita tidak membicarakan kerusakan yang muncul karena semusal tabrakan atau ditabrak. Namun beberapa kebiasaan buruk baik pengendara maupun penumpang mobil.Banyak sekali kerusakan mobil setelah service di bengkel mobil (baik bengkel mobil resmi, maupun bengkel mobil non resmi namun recommended) disebabkan kelalaian pengemudi dan penumpang seperti :a. Pemilik mobil menginginkan dan memaksa penggantian spare part dengan yang murah dan berkualitas rendahb. Pemilik mobil memasang interior ataupun exterior yang sebenarnya mengganggu kerja mesin mobil.c. Pemilik mobil sering merokok, makan dan minum, dan membuang sampah sembarangan di dalam mobil.d. Pemilik mobil lupa melakukan perawatan berkala

Hal-hal di atas adalah penyebab utama munculnya masalah pada mobil anda walaupun anda sudah melakukan service mobil berkali-kali di bengkel mobil kepercayaan anda.

Dokter Mobil
Dokter Mobil adalah salah satu bengkel mobil yang menyediakan jasa service mobil, tune up mobil, service AC mobil, tune up AC mobil, dan ganti oli, serta home delivery service terpercaya dan terbaik karena berpengalaman selama bertahun-tahun dalam menangani berbagai jenis mobil.

quality control setiap hasil service mobil

Beberapa keuntungan yang anda dapat dari service mobil di Dokter Mobil di antaranya adalah :

Bagi anda yang ingin mencoba layanan bengkel mobil terbaik Dokter Mobil, silahkan membawa mobil anda ke Dokter Mobil yang beralamat di :

Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Leave a Reply

Your email address will not be published.