Mengalami kepanasan di dalam mobil karena AC rusak? Bagaimana cara mendeteksinya? DomoLovers, ini yang dapat kamu lakukan untuk Perbaikan AC Mobil Tidak Dingin. Simak dibawah ini;

1. Lihat apakah freon bocor atau tidak

Kebocoran mudah dideteksi tapi tidak mudah diperbaiki tanpa membongkarnya. Hanya di Dokter Mobil, dapatkan pengalaman service tanpa membongkar mobil kesayanganmu. Kebanyakan bengkel lain membongkar untuk mengetahui atau mendeteksi langsung kerusakan mobilmu.

Caranya?

Cari pentil mobil bagian bawah dan periksa tekanannya. Jangan gunakan apapun untuk menusuk pentil untuk melihat apakah ada gas yang keluar, sangat tidak dianjurkan.

2. Pastikan Kompresor Berputar

Pertama, kamu dapat nyalakan mesin mobil dan AC. Setelah itu, periksa di bawah kap mesin. Kompresor AC biasanya benda berbentuk pompa yang pada sisinya ada slang besi dan karet menuju kepadanya. Mungkin tidak ada penutup, tapi ada dua katup berbentuk pentil sepeda. Puli di bagian depan kompresor adalah puli bagian luar dan sambungan bagian dalam yang akan berputar saat AC dinyalakan.

Perhatikan hal ini !! Jika AC dan blower menyala, tapi bagian tengah dari puli tidak berputar artinya kompresor tidak berputar. Ini bisa disebabkan oleh sekring yang putus, masalah perkabelan, switch AC yang rusak, atau sistem kekurangan Freon. Pada umumnya sistem AC memiliki sistem pengaman yang akan memutuskan arus jika freon tidak cukup.

3. Lihat komponen lain yang mungkin belum benar

Masalah lain yang biasanya terjadi pada AC adalah saklar yang rusak, sekring putus, kabel putus, fanbelt putus (mengakibatkan kompresor tidak berputar), atau kerusakan seal di dalam kompresor.

4. Rasakan apakah terasa hembusan udara dingin atau sejuk

Jika ada udara dingin namun hanya sedikit, mungkin ini disebabkan hanya karena tekanan yang kurang. Kamu dapat menambahkan freon.

Pastikan jangan isi terlalu banyak! Menambahkan freon melebihi rekomendasi tidak akan menambah kemampuan pendinginannya, justru akan mengurangi. Sebenarnya, dengan alat yang lebih mahal pada bengkel AC akan memonitor kondisi sebenarnya pada AC anda saat menambahkan freon. Saat pendinginan berkurang, kurangi tekanannya sampai kemampuannya meningkat lagi.

Nah, itulah ulasan terkait 4 Tips Sederhana Perbaikan AC Mobil Tidak Dingin. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Butuh Jasa Bengkel AC Mobil?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Hubungi Dokter Mobil untuk melakukan booking di Dokter Mobil.
Jalan Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 08788088457

Leave a Reply

Your email address will not be published.