7 Tips Persiapan Mudik Sederhana Aman

7 Tips Persiapan Mudik Sederhana Aman Dengan Mobil

Persiapan Mudik Sederhana Aman Dengan Mobil? Musim mudik sudah mulai terlihat. Ini bisa diketahui dari tiket-tiket perjalanan laut, udara dan darat yang sudah mulai terjual habis. Untuk orang perantauan atau yang bekerja di luar kota, mudik menjadi salah satu momen terbaik untuk berkumpul. Hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang paling dinantikan oleh banyak orang. Mudik sendiri merupakan singkatan bahasa Jawa ‘Mulih Dhisik’ atau pulang sebentar ke kampung halaman. Dan sekarang ini kata mudik menjadi tradisi lebaran di Indonesia yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Untuk mudik sendiri ada berbagai pilihan, diantaranya adalah mudik dengan menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Jika menggunakan transportasi umum, maka para orang-orang yang akan mudik sudah melakukannya jauh-jauh hari. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga tiket kendaraan. Misalnya tiket kereta api, bus, pesawat terbang serta kapal laut. Karena mendekati hari raya lebaran, harga tiket memang dipatok semakin tinggi dibandingkan dengan hari umum biasanya. Tidak heran jika persiapan mudik tips yang paling digunakan adalah dengan memakai kendaraan pribadi. Seperti menggunakan mobil misalnya. Sebab dengan menggunakan kendaraan pribadi ini maka bisa menjadi lebih hemat ongkos.

Baca Juga : Persiapan Kendaraan Untuk Mudik Lebaran

7 Persiapan Arus Mudik Aman Dan Nyaman Dengan Mobil

Pendapat umum mengatakan jika mudik dengan kendaraan pribadi mempunyai risiko lebih tinggi dibandingkan dengan memakai kendaraan umum. Risikonya diantaranya berupa macet di jalan yang tidak bisa diprediksi, salah ambil jalan dan keselamatan ketika berkendara. Untuk anda yang ingin mudik tahun ini dan ingin mudik berjalan lancar, aman dan selamat sampai tujuan.

Berikut 7 tips persiapan arus mudik yang perlu anda ketahui apabila memutuskan untuk mudik memakai kendaraan pribadi.

  1. Memeriksa kondisi kendaraan

Hal paling penting yang utama yang perlu dilakukan sebelum mudik adalah mengecek kondisi kendaraan terlebih dahulu. Anda bisa melakukan pengecekan ke bengkel terdekat yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Karena kondisi mobil menjadi hal penting dan cukup berpengaruh pada keselamatan anda dan keluarga saat mudik. Saat ke bengkel usahakan untuk memeriksakan bagian mesin, oli, roda dan air bag. Kecelakaan yang terjadi saat mudik paling banyak dikarenakan kondisi kendaraan yang kurang layak dipakai.

  1. Hindari membawa penumpang melebihi kapasitas mobil

Demi kenyamanan dan keselamatan saat mudik, akan lebih jangan membawa beban atau penumpang melebihi kapasitas kendaraan. Perlu digarisbawahi bahwa setiap mobil ini memiliki kapasitas penumpang atau beban tersendiri. Jika anda memaksakan membawa orang atau beban terlalu banyak, maka keselamatan akan riskan. Apabila kapasitas mobil hanya muat 7 – 8 penumpang, maka jangan memaksakan untuk membawa 10 orang. Tentu hal ini tidak baik dan akan membahayakan keselamatan bersama.

  1. Membawa uang cukup uang tunai

Uang tunai cukup penting ketika anda mudik. Karena di perjalanan menuju kampung, tidak banyak ATM dan tidak semua toko menerima kartu debit atau kredit. Oleh sebab itulah membawa uang tunai merupakan sebuah keharusan. Anda tidak perlu membawa uang terlalu banyak. Sebelum mudik, akan lebih baik jika melakukan perhitungan kisaran uang yang dibutuhkan selama perjalanan dan selama di kampung.

Anda harus membuat perhitungan serinci mungkin, bisa memulai dari perhitungan yang besar sampai kecil. Misalnya biaya parkir dan biaya ke toilet umum. Bayangkan ketika anda berada di kemacetan dan sedang kelaparan, namun tidak memiliki makanan untuk mengganjal. Dan ketika membeli makanan tentunya para penjual makanan ini lebih suka dibayar dengan uang tunai.

  1. Bawalah makanan dan minuman yang cukup

Seringkali mudik juga identik dengan yang namanya macet. Dan kemacetan ini bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Baik di jalan tol, jalanan panjang atau jalan kecil yang menjadi arus mudik. Untuk menghindari kelaparan ini maka anda bisa membawa makanan yang cukup, juga minuman yang cukup anggota yang ikut mudik. Membawa makanan dan minuman menjadi salah satu tips persiapan mudik ke sumatera yang anda perlukan. Terkadang saat terjadi kemacetan, hal ini membuat perasaan menjadi tidak nyaman dan bahkan bisa membuat stress. Hal ini bisa memicu lapar dan haus, bahkan bisa membuat kehilangan konsentrasi ketika menyetir.

Jangan sampai anda merasa kelaparan saat berkendara jarak jauh. Akan lebih baik jika berhenti sebentar untuk makan. Baik itu roti, buah, atau snack favorit.

  1. Mengaktifkan GPS atau membawa peta

Bagi anda yang tergolong tidak hafal jalan, maka bisa membawa peta atau mengaktifkan GPS yang ada di mobil anda. Jika tidak ada GPS di mobil, maka bisa menggunakan Google maps yang tersedia di ponsel pintar anda. Pastikan baterai ponsel cukup dan sudah membawa power bank ketika melakukan perjalanan mudik yang jauh. Apabila anda mempunyai peta, maka bisa dibawa untuk mengantisipasi salah masuk rute perjalanan. Jangan sampai waktu anda hanya dihabiskan hanya karena salah mengambil rute jalan. Oleh sebab itulah peta atau GPS ini penting selama mudik.

  1. Mematuhi aturan lalu lintas

Ketika anda berkendara tentunya ingin cepat-cepat sampai tujuan bukan? Sehingga anda akan menekan pedal gas sedalam mungkin supaya mobil melaju lebih cepat. Namun hal ini akan membahayakan keselamatan anda dan penumpang lainnya. Oleh sebab itulah akan lebih baik jika anda mematuhi aturan lalu lintar ketika berkendara. Dan berkendara dengan kecepatan yang normal saja. Anda tidak perlu salip kiri kanan atau mengebut hanya untuk sampai tempat tujuan. Karena hal ini bisa berujung pada kecelakaan yang akan merugikan keselamatan keluarga dan diri anda sendiri.

  1. Istirahat sejenak jika merasa lelah

Perjalanan yang jauh juga bisa menyebabkan kelelahan yang berujung pada konsentrasi menyetir terganggu. Oleh sebab itulah akan lebih baik jika anda tidak memaksakan menyetir jika memang sedang lelah. Anda bisa menepi di jalan yang cukup sepi untuk beristirahat sejenak. Atau anda bisa ke POM bensin atau tenda-tenda peristirahatan terdekat. Biasanya terdapat tenda-tenda tempat peristirahatan yang disediakan untuk para pemudik. Milikilah prinsip untuk berkendara aman dan nyaman.

persiapan mudik sederhana

Persiapan Mudik Jalur Selatan Yang Perlu Anda Ketahui

Fakta umum sudah membuktikan bawa kecelakaan berkendara selama mudik adalah karena kelalaian pengendara itu sendiri. Oleh sebab itulah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Akan lebih baik jika anda bisa mengutamakan keselamatan ketika memutuskan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Tidak perlu egois ketika berkendara di jalan, anda bisa melakukan persiapan yang baik supaya mudik bisa nyaman anda aman. Juga bisa lancar dan selamat sampai tujuan. Untuk anda yang ingin melakukan pengecekan mobil sebelum melakukan perjalanan mudik. Maka Dokter Mobil menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Bengkel ini sudah berpengalaman dalam melakukan service dan tune up.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

Persiapan Mudik Sederhana

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *