Keluhan AC mobil Avanza kurang dingin adalah masalah paling dikeluhkan pemilik mobil. Apakah ini bukti produk tersebut tidak berkualitas ? Tentu bukan…

Faktanya, semua mobil seringkali mengeluhkan AC mobilnya yang kurang dingin padahal mobil kurang dari 1 tahun pembelian. Mengapa hal ini dapat terjadi ?

Ternyata penyebab masalah AC mobil avanza kurang dingin disebabkan oleh beberapa hal yang terdiri dari :

Cacat produk pada mobil avanza baru sepertinya sangatlah sulit untuk terjadi. Apalagi jika masalah ini memang bawaan dari avanza tentu akan banyak sekali yang melakukan penggantian unit, ataupun meminta refund atau pengembalian uang. Namun tidak dapat dipungkiri terkadang ada 1-2 produk Avanza cacat yang lolos baik karena kesalahan pengawasan maupun adanya oknum yang mengganti suku cadang asli Avanza dengan yang palsu.

Kemungkinan terbesar masalah AC mobil Avanza kurang dingin terjadi pada pembelian mobil avanza second / bekas. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk membeli mobil bekas di tempat yang tepat dan mengecheck keseluruhan kondisi mobil.

Penggunaan AC Mobil yang Kurang Bijak

Penggunaan AC mobil yang kurang bijak adalah penyebab terbesar masalah AC mobil avanza kurang dingin. Penggunaan kurang bijak ini meliputi kebiasaan-kebiasaan buruk seperti :

Solusi Mengatasi AC Mobil Avanza Kurang Dingin

Untuk mengatasi masalah AC mobil Avanza kurang dingin, beberapa hal yang dapat dilakukan di antaranya adalah dengan melakukan cuci AC, cuci evaporator, dan flushing AC. Juga akan lebih baik jika ditambahkan proses pengecheckan AC mobil secara keseluruhan untuk melihat adakah bagian AC mobil yang perlu diservice atau bahkan diganti.

Beberapa bagian AC mobil yang perlu diservice dan diganti karena seringkali menjadi penyebab munculnya masalah AC mobil Avanza kurang dingin adalah filter kabin. Benda kecil ini sangat mudah kotor sehingga tertutupi oleh debu. Akibatnya udara yang keluar akan terhalang oleh debu dan kotoran. Hal ini lah yang menyebabkan AC mobil menjadi kurang dingin. Selain menyebabkan hawa AC menjadi kurang dingin, AC yang kotor ini juga dapat menjadi sarang kuman sehingga menyebabkan penyakit seperti bronkitis, asma, TBC, dan kanker paru-paru, serta kematian.

Selain itu, penyebab lain AC mobil Avanza kurang dingin adalah jumlah freon AC mobil yang berkurang jumlah atau volumenya. Kurangnya freon ini dipastikan oleh adanya kebocoran pada saluran AC sehingga perlu dilakukan pengechekan lokasi kebocoran AC.

Proses Flushing dan service masalah AC Mobil Avanza Kurang Dingin
Proses Flushing dan service masalah AC Mobil Avanza Kurang Dingin

Dan yang terakhir, pastikan juga bahwa ketika anda memodifikasi mobil, anda menggunakan komponen yang memang kompatibel dengan spesifikasi mesin mobil dan kompresor AC anda. Hal ini sangat penting karena jika komponen mobil tidak kompatibel, kerja mesin dan AC akan lebih berat sehingga performa AC mobil akan tidak maksimal. Efeknya tentu saja menyebabkan masalah AC mobil Avanza yang tidak dingin maupun kurang dingin.

Itulah beberapa sebab dan solusi untuk mengatasi masalah AC mobil Avanza kurang dingin. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan tanyakan kepada DOKTER MOBIL ( doktermobil.com )

Leave a Reply

Your email address will not be published.