AC mobil Avanza tidak dingin adalah jenis kerusakan yang kerap dialami oleh pemilik kendaraan. Kendala tersebut disebabkan beberapa faktor AC mobil Avanza kurang dingin. Apabila tidak segera diatasi, maka dapat berpengaruh pada konsentrasi dalam berkendara.

Sebab, pengendara kerap kesulitan berkonsentrasi apabila AC mobil tidak dingin atau mati. Untuk menghindari ketidakfokusan dalam berkendara yang menyebabkan Anda celaka di jalan, maka ketahui beberapa penyebab AC mobil tidak menyala ketika digunakan berkendara.

Setelah menemukan penyebab utama dari kerusakan komponen AC mobil, maka segera ke bengkel spesialis agar kabin mobil Toyota Avanza milik Anda kembali dingin. Dan Anda pun dapat kembali fokus berkendara. Sehingga, Anda dapat selamat sampai tujuan.

Ini Dia yang Menyebabkan AC Mobil Avanza Tidak Dingin

starter mobil berat

Memang, berkendara dengan kondisi kabin mobil terasa panas menjadi salah satu hal yang tidak begitu nyaman. Sebab, udara panas kota-kota tropis di Indonesia ini cukup menyengat. Alhasil, konsentrasi dalam berkendara sedikit terganggu.

Penyebab AC mobil Toyota Avanza milik Anda ini memang cukup beragam. Maka dari itu, Anda wajib mengetahui apa saja penyebab suhu AC mobil Avanza kurang dingin. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Kurangnya Kadar Gas Freon

Kurangnya kadar gas freon menjadi salah satu penyebab mengapa AC mobil tidak terlalu dingin. Sebab, gas freon merupakan “bahan baku utama” untuk menyediakan suhu dingin yang didistribusikan melalui blower AC mobil.

Kurangnya kadar gas freon ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kebocoran pada selang freon ke kompresor hingga munculnya korosi pada kompresor yang menyebabkan freon AC mobil tumpah. Alhasil, kurangnya gas freon menyebabkan AC mobil Avanza kurang dingin.

  1. Fan Belt Mobil Bermasalah

Fan belt atau sabuk mobil ini berfungsi untuk menggerakkan komponen kompresor AC. Apabila fan belt mengalami kerusakan atau putus, maka kompresor AC mobil tidak dapat bekerja secara maksimal.

Hal ini disebabkan karena pulley rotor bekerja ekstra keras. Akibatnya, kompresor tidak dapat menyuplai udara dingin untuk diteruskan ke blower AC mobil. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab AC mobil Avanza tidak dingin.

  1. Kerusakan pada Kompresor AC Mobil

Apabila muncul bunyi mendesis disertai dengan suhu AC mobil yang tidak begitu dingin, maka hal tersebut menjadi salah satu ciri kerusakan pada kompresor. Kompresor menjadi komponen paling penting untuk menghasilkan suhu dingin. Sebab, gas freon mobil akan dihisap, diolah, dan dialirkan ke kondensor.

Rata-rata, kerusakan kompresor ini disebabkan oleh kurangnya oli dan terkena gesekan benda lain. Biaya service kompresor ini pun cukup mahal. Oleh sebab itu, Anda wajib mencari bengkel service AC mobil terpercaya agar kerusakan kompresor  dapat ditangani segera.

Cara Memperbaiki Kerusakan Komponen yang menyebabkan AC Mobil Avanza Tidak Dingin

Untuk memperbaiki masalah mobil AC mobil Avanza kurang dingin, maka Anda lebih disarankan untuk datang langsung ke bengkel spesialis. Kerusakan tersebut tidak dapat ditangani secara mandiri dirumah.

Sebab, tidak semua orang paham bagaimana sistem kerja AC mobil. Selain itu, pemilik juga tidak memiliki peralatan untuk service AC mobil. Anda pun juga tidak boleh sembarangan dalam memilih bengkel mobil. Sebab, banyak bengkel abal-abal yang justru sangat beresiko bila Anda percayakan untuk menservice AC mobil Toyota Avanza milik Anda.

Beberapa testimoni menyatakan bahwa kabin mobil tetap tidak dingin dan mereka harus membayar dua kali lipat dari harga normal. Maka dari itu, Anda dapat mempercayakan tindakan service komponen pendingin Toyota Avanza kepada Dokter Mobil.

baca juga : Perawatan AC Mobil Agar Tidak Menimbulkan Suara Bising

Mengapa Harus Memilih Dokter Mobil?

Bukan tanpa alasan apabila Anda disarankan untuk menggunakan jasa Dokter Mobil. Sebab, Dokter Mobil merupakan salah satu bengkel berstandar internasional (ISO) yang telah diakui.

Sehingga, segala kerusakan komponen AC mobil akan dicek dan dilakukan tune up untuk mengetahui kerusakan komponen. Maka tak heran bila kendala AC mobil Avanza tidak dingin dapat dengan mudah diketahui penyebabnya.

Selain itu, Dokter Mobil pun menggunakan peralatan canggih sehingga semua kerusakan komponen pendingin dapat diatasi. Untuk itu, segera datang ke cabang Dokter Mobil terdekat. Selain itu, Anda juga dapat memesan layanan Home Service untuk memperbaiki komponen AC mobil Avanza tidak dingin secara langsung ke rumah klien.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.