Tidak menjaga kebersihan dapat menyebabkan AC mobil baru bau tak sedap dan menyengat. Namun masih ada banyak sebab lainnya. Di artikel kali ini, kami akan membahas beberapa penyebab dan solusi mengatasi masalah tersebut. Semoga bermanfaat.

Penyebab Masalah AC Mobil Baru yang Mengeluarkan Bau Tidak Sedap
  1. Area kabin kotor

Saat AC dihidupkan, maka udara didalam kabin akan dihisap oleh blower dan disirkulasikan kembali setelah melalui evaporator. Ketika melewati evaporator ini, temperatur udara diturunkan dan udara sejuk yang keluar dari register AC. Ketika area kabin kotor, maka akan menimbulkan berbagai aroma yang kurang sedap. Ketika udara dihembuskan kembali, akan timbul aroma yang kurang sedap. Untuk itu menjaga kebersihan area kabin seperti lantai, bagasi, dan sela-sela tempat duduk adalah penting.

  1. Sisa makanan

Terkadang saat perjalanan cukup panjang, atau saat berlibur dengan keluarga, selalu ada makanan dan minuman untuk menemani perjalanan. Beberapa makanan terkadang masih sisa dan tegeletak di laci di esok harinya. Belum lagi, saat membawa anak kecil, ada makanan atau minuman yang tercecer di jok, atau lantai mobil. Sisa makanan ini ketika tidak langsung dibersihkan akan menimbulkan bau tidak sedap di hari-hari berikutnya. Ini dapat menyebabkan AC mobil menjadi bau.

  1. Udara luar masuk

Pernahkah Anda ketika naik mobil dijalan raya dan ramai terciup bau asap knalpot. Apalagi ketika berada dibelakang angkutan umum, aroma asap knalpot cukup terasa. Padahal saat itu semua pintu dan kaca sudah tertutup rapat. Bisa jadi problem ini disebabkan pengaturan air inlet mode berada pada mode refresh. Mode ini mengambil udara luar, kemudian disirkulasikan ke dalam kabin kendaraan.

  1. Evaporator kotor jamur

Evaporator adalah bagian dari sistem AC yang biasanya terletak dibagian bawah dashboard. Evaporator berfungsi untuk mendinginkan udara, dan mengurangi kelembaban udara di dalam kabin. Karena kondisi evaporator selalu dingin ketika AC bekerja, maka ia menjadi lembab. Hal ini menjadi tempat yang bagus untuk tumbuhnya jamur, terutama ketika kondisi evaporatornya kotor. Jamur inilah yang menyebabkan udara yang melewatinya menjadi berbau kecut.

Solusi Mengatasi AC Mobil Baru Bau Tak Sedap :

Ada delapan beberapa cara untuk menghilangkan bau saat AC mobil baru anda dihidupkan :

  1. Hindari membuka kaca terlampau sering dan lama ketika mobil sedang berjalan. Debu jalanan yang masuk diputar oleh blower AC. Kotoran akan masuk ke sistem sirkulasi, menempel dan menimbulkan bau.
  2. Bersihkan karpet mobil sesering mungkin. Untuk menghindari karpet terlalu kotor atau berdebu, sebaiknya membersihkan bagian bawah alas kaki sebelum mobil dijalankan.
  3. Bersihkan evaporator AC.
  4. Hindari merokok di dalam kabin karena asapnya akan menempel di semua bagian seperti plafon, jok, hingga karpet. Aroma asap rokok sangat sulit dibuang dan akan terus
  5. Rawat AC minimal enam bulan sekali.
  6. Kurangi menyimpan makanan atau makan di dalam kabin. Baunya akan bercampur dengan udara dikabin dan menempel ketika bersirkulasi.
  7. Pada kondisi mendesak, bisa dihilangkan dengan pewangi mobil, namun tidak sampai 100 persen.
  8. Kopi dikenal sebagai penetralisir bau. Jika wewangian di kabin dianggap tidak sehat, letakkan sebungkus kopi bubuk yang sudah dibuka di beberapa bagian  kabin (bisa di panel pintu, atau di bagian belakang kabin) lalu diamkan semalaman.
Dokter Mobil

Bagi anda yang membutuhkan perawatan dan service AC mobil untuk mengatasi masalah AC Mobil Baru Bau

Silahkan menghubungi Dokter Mobil.

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil yang memiliki beberapa keunggulan seperti:

– Mekanik berpengalaman lebih dari 5 tahun
– Peralatan service yang lengkap dan berteknologi terbaru
– Spare part pengganti asli dan berkualitas
– Pengecheckan AC mobil yang “By Data” menggunakan mesin canggih
– Pengecheckan AC mobil GRATIS
– Garansi uang kembali 100% jika masalah muncul kembali.

Jika anda membutuhkan service silahkan menghubungi Dokter Mobil di phone/kontak:

KELAPA GADING CIBUBUR SERPONG BEKASI
Jalan Boulevard Raya Kawasan Niaga Citra Gran RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya,
Blok QJ1 No.17 Blok R6 No 6 blok Orange no.5 Depan Pintu Tol Ramp Off
Kelapa Gading Jl. Alternatif Km 4 Gading Serpong Tol Becakkayu – Pondok Kelapa
☏ (021) 2245 4429 ☏ 085817653292 ☏ 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887
WA : 082122780482 WA : 085817653292 WA : 0813-1991-2289 WA : 087887589899

Itulah beberapa penyebab dan solusi terbaik untuk mengatasi masalah AC mobil baru bau tidak sedap. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.