📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Ini Penyebab AC Mobil Bau saat Pertama Dinyalakan dan Solusinya

Ini Penyebab AC Mobil Bau saat Pertama Dinyalakan dan Solusinya

AC mobil bermasalah memang menjadi momok menyeramkan bagi sebagian pengguna mobil. Perasaan panik dan khawatir melanda menjadikan berkendara tidak nyaman seperti biasanya. AC mobil bau saat pertama dinyalakan tentu harus ditilik lebih dalam agar dapat mengetahui solusi tepat menangani masalah ini.

Apa saja penyebab mobil bau saat pertama dinyalakan?

Berikut penyebab umum yang biasa terjadi pada AC mobil. Jika tidak ditangani sesegera mungkin, maka bersiaplah kerusakan AC mobil ajdi merembet ke komponen lainnya. Selengkapnya simak dibawah ini;

1. Habisnya Freon AC

Masalah umum yang sering terjadi yakni freon AC mobil sudah habis. Bau AC mobil memang terdapat ciri khas tertentu diriingi dengan hawa tidak dingin. Solusinya segera isi freon mobil anda.

Baca Juga : Ini Cara Agar Tidak Tertipu Jasa Isi Ulang Freon

2. Kotornya Filter AC

Filter AC kotor disebabkan oleh kotoran menumpuk pada filter tersebut. Berbagai debu menghamba sirkulasi udara segar AC mobil anda. Selain menjadi bau oleh debu tersebut, juga dapat menyebabkan tidak dingin karena banyaknya debu yang menghalangi filter tersebut.

Solusinya yaitu membersihkan filter AC.

3. Makanan dan Debu pada Kabin

Remah-remah makanan yang terdapat pada jok, karpet, dapat menjadi penyebab mobil anda menjadi bau. Debu atau kotoran yang berasal dari karpet, dashboard, jok, dan beberapa bagian lainnya perlu dibersihkan rutin minimal seminggu sekali.

Anda dapat menggunakan vacum cleaner untuk menyedot semua partikel kotoran pada kabin mobil anda.

4. Kebocoran Bahan Bakar

Loh kok bisa?

Nah, jika anda sudah mendeteksi adanya kebocoran bahan bakar pada mesin mobil, bisa saja sumber bau bisa masuk kedalam kabin mobil. Jika AC mobil sudah menimbulkan bau bensin, maka sudah dipastikan adanya kebocoran bahan bakar. Sebaiknya segera tangani mesin mobil anda agar tidak menimbulkan gejala merembet lainnya yang dapat menghambat kinerja mesin mobil.

5. Evaporator Sudah Berjamur

Fungsi evaporator pada AC mobil untuk menjaga kelembaban udara. Tidak jarang jika evaporator rentan terhadap jamur. Jamur yang ditimbulkan menyebarkan aroma tidak sedap pada kabin mobil anda.

Solusi terbaik ialah dengan membawa mobil anda ke bengkel spesialis AC terdekat. Pastikan bengkel yang akan dipilih memang rekomended dan sudah mempunyai kredibilitas bagus menangani berbagai macam merk mobil.

Itulah ulasan bermanfaat mengenai ac mobil bau saat pertama dinyalakan. Semoga dapat membantu permasalahan mobil anda dan dapat dijadikan rujukan.

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru

5 Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita

Sedang mencari Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita, disini kami akan memberikan pilihannya kepada anda. Tentu saja kami memberikan daftar dengan harga yang terjangkau, serta

Waspada! Ini 4 Bahaya Mobil Terobos Banjir

Selain merusak infrastruktur dan tempat tinggal, banjir dapat membahayakan kendaraan bermotor, termasuk mobil. Terobosan mobil melalui banjir tidak hanya menghadirkan risiko nyata bagi keselamatan pengemudi