Kotornya evaporator dapat menjadi alasan masalah AC mobil bau tidak sedap. Namun ada penyebab lain juga yang perlu anda tahu. Apa saja hal penyebab lain tersebut? Dan bagaimana mengatasinya? Artikel berikut ini akan menjadi jawabannya.

Masalah bau tak sedap pada AC mobil, tak hanya dialami oleh anda seorang. Namun jangan sampai hanya anda yang tahu cara mengatasinya. Pada dasarnya, untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama anda harus tahu sebenarnya apa penyebab munculnya masalah ini.

Penyebab AC Mobil Bau Tidak Sedap

Ada beberapa faktor yang jadi penyebab masalah ini. Beberapa di antaranya merupakan penyebab yang sering ditemukan, dan beberapa lagi jarang terjadi. Beberapa dapat anda atasi sendiri. Namun beberapa lagi, memerlukan tenaga profesional untuk menghilangkan bau tersebut.

Evaporator AC Mobil yang Kotor Menjadi Sumber Penyebab Utama AC Mobil Bau Tidak Sedap
Evaporator AC Mobil yang Kotor Menjadi Sumber Penyebab Utama AC Mobil Bau Tidak Sedap

Adapun beberapa penyebab munculnya bau tak sedap dari AC mobil anda antara lain adalah:

Lihat Juga: Apa Penyebab AC Mobil Panas

Semua hal-hal di atas tidak hanya menyebabkan AC mobil bau tidak sedap namun juga menimbulkan resiko untuk kesehatan anda. Apa saja resiko yang ditimbulkan?

Resiko yang Dapat Ditimbulkan dari Gejala AC Mobil Bau Tidak Sedap

Bau tidak sedap yang berasal dari AC mobil anda merupakan tanda bahwa AC mobil anda kotor, ada part yang bermasalah, dan ada resiko kesehatan yang bisa saja menimpa anda.

Adapun resiko kesehatan yang dapat ditimbulkan antara lain adalah:

AC Mobil yang Mengeluarkan Bau Tak Sedap Akan Menimbulkan Pusing dan Mual dalam Perjalanan
AC Mobil yang Mengeluarkan Bau Tak Sedap Akan Menimbulkan Pusing dan Mual dalam Perjalanan

Selain masalah kesehatan, AC mobil bau tidak sedap juga dapat memicu kecelakaan. Baik karena penumpang merasa mual dan pusing sehingga hilang konsentrasi, ataupun karena mobil mogok karena ada part yang bermasalah.

Lalu bagaimana cara mengatasi AC mobil bau ini? Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Solusi Mengatasi Masalah AC Mobil Bau Tidak Sedap

Setelah mengetahui resiko yang bisa ditimbulkan, dapat dikatakan bahwa masalah bau ini tidak bisa dianggap sepele. Perlu penanganan yang cepat dan tepat. Setidaknya ada 5 langkah penanganan yang perlu anda lakukan. Langkah tersebut adalah:

  1. Cari Penyebab Munculnya Bau

    Anda perlu mencari tahu apa penyebab bau ini. Apakah karena kotornya AC mobil, freon yang tak lagi segar, ataupun karena masalah lainnya. Beda sebab, tentu akan ada beda langkah penanganan.

  2. Lakukan Perbaikan pada Kebocoran

    Salah satu sebab adanya bau adalah kebocoran pada saluran AC mobil. Oleh sebab itu, anda perlu mencari tahu komponen apa di mobil anda yang mengalami kebocoran. Biasanya AC mobil bau tidak sedap terjadi karena ada kebocoran di selang saluran freon, kebocoran saluran pembuangan (knalpot), ataupun kebocoran kompresor AC mobil sehingga oli kompresor rembes ke mana-mana.

  3. Cuci AC Mobil

    Dalam cuci AC mobil, semua komponen AC mobil harus dibersihkan. Namun pada umumnya, komponen yang wajib dibersihkan adalah dashboard AC mobil, dan evaporator AC mobil. Selain dashboard dan evaporator, filter AC juga wajib untuk dibersihkan. Namun karena tidak bisa dicuci, filter AC harus diganti.

  4. Flushing

    Langkah selanjutnya adalah melakukan flushing pada AC mobil. Dengan melakukan flushing, oli kompresor yang kotor, ataupun freon yang sudah tak lagi segar bisa diganti dengan yang baru. Proses flushing tidak hanya menjadikan AC mobil lebih segar dan wangi, namun juga mencegah masalah seperti AC mobil tidak dingin.

  5. Fogging

    Hal terakhir yang wajib dilakukan untuk mengatasi masalah AC mobil bau tidak sedap ini adalah dengan melakukan fogging atau pengasapan. Dengan fogging, tidak hanya bau tak sedap saja yang dihilangkan, namun juga mengatasi masalah kuman dan bakteri yang ikut bersarang bersama kotoran yang menempel.

Penanganan dan Solusi Mengatasi Masalah AC Mobil Bau Tidak Sedap
Penanganan dan Solusi Mengatasi Masalah AC Mobil Bau Tidak Sedap

Itulah beberapa cara mengatasi masalah AC mobil yang mengeluarkan bau tidak sedap. Namun tentu saja anda tidak ingin bau tak sedap ini muncul kembali kan? Oleh sebab itu, ada beberapa langkah yang wajib anda lakukan.

Apa saja langkah pencegahan tersebut?

Cara Mencegah Munculnya Bau Tidak Sedap pada AC Mobil

Jangan sampai masalah bau tak sedap ini menimpa anda (lagi). Ada beberapa cara yang harus dan wajib anda lakukan. Adapun cara mencegah AC mobil anda kembali berbau tak sedap adalah dengan:

Melakukan Cuci AC Mobil Secara Rutin dapat Mencegah Munculnya Bau Tak Sedap dari AC Mobil
Melakukan Cuci AC Mobil Secara Rutin dapat Mencegah Munculnya Bau Tak Sedap dari AC Mobil

Dengan melakukan hal-hal tersebut, masalah bau tak sedap dijamin tak akan muncul kembali. Dan kesehatan andapun akan terjaga. Juga anda akan mendapatkan kenyamanan sepanjang perjalanan.

Itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi masalah AC mobil anda yang bau. Semoga artikel ini membantu mengatasi masalah AC mobil bau tidak sedap yang sedap menimpa anda. Terimakasih sudah membaca. Apapun mobilnya, Dokter Mobil bengkelnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.