📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Benarkah AC Mobil Harus Menyala saat Hujan?

Benarkah AC Mobil Harus Menyala saat Hujan

Banyak yang menganggap bahwa menyalakan AC mobil saat hujan membuat suhu di kabin terasa kurang nyaman (bagi sebagian orang) karena dianggap terlalu dingin.

Tapi ada yang berpendapat bahwa AC mobil harus menyala saat hujan karena beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan.

Sebenarnya apa yang perlu kita lakukan pada AC mobil saat hujan? Benarkah AC mobil harus menyala saat hujan? Cari tahu faktanya di sini!

AC Mobil Harus Menyala saat Hujan Itu Benar Adanya

Embun pada kaca mobil biasanya muncul akibat adanya perbedaan suhu antara udara di dalam kabin mobil dan suhu di luar.

Saat hujan, suhu di luar kabin biasanya akan lebih dingin dibandingkan dengan di dalam kabin. Perbedaan suhu inilah yang menjadi pemicu munculnya embun pada kaca mobil.

Namun, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya adalah dengan memastikan AC mobil menyala saat hujan, yang berfungsi sebagai sistem penyejuk udara di dalam kabin.

Metode ini efektif terutama jika mobil Anda tidak dilengkapi dengan fitur defogger atau defroster. Tujuannya adalah menjaga suhu kabin agar tetap lebih dingin dibandingkan suhu di luar.

Saat hujan turun dengan lebat, udara di luar kabin mobil memiliki kelembaban yang tinggi. Udara dengan kelembaban tinggi ini, setelah masuk ke dalam kabin, akan berubah menjadi uap air dan dapat terkonversi menjadi embun di bagian dalam kaca mobil.

Embun ini akan semakin pekat karena adanya uap air sisa pernapasan dari penumpang dalam mobil.

Untuk menghilangkan embun ini, AC mobil harus dinyalakaan saat hujan. Ini penting karena embun pada kaca mobil bisa mengganggu jarak pandang pengemudi.

Baca Juga: Masalah Pipa AC Mobil Berembun: Penyebab hingga Solusinya

Alternatif Cegah Embun Selain Memastikan AC Mobil Harus Menyala saat Hujan

Hembusan AC yang terlalu dingin juga bisa membuat penumpang merasa tidak nyaman. Lantas, bagaimana solusi terbaiknya?

1. Menggunaan Fitur Defrost

Solusinya cukup sederhana. Anda tidak perlu membuat suhu AC terlalu dingin, cukup pastikan suhunya lebih dingin dari suhu di luar.

Jika AC mobil Anda dilengkapi dengan fitur defrost atau defogger, Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk mengusir embun di kaca depan.

Ventilasi defrost biasanya terletak pada kedua sisi paling ujung pada dashboard. Fitur defrost ini biasanya disimbolkan dengan panah ventilasi ke atas atau logo uap dengan tulisan front.

Setelah mengaktifkan fitur defrost ke kaca depan mobil, Anda bisa menutup sebagian ventilasi AC yang menghadap ke arah penumpang agar tidak merasa terlalu dingin.

Jika embun muncul pada kaca bagian belakang mobil, Anda bisa menggunakan fitur defogger. Mematikan AC dan membuka kaca bukanlah solusi yang tepat karena perbedaan suhu yang signifikan antara dalam dan luar kabin bisa membuat embun sulit hilang.

2. Membuka Jendela Sedikit (Khusus yang Memiliki Talang Air)

Cara yang paling cepat dan mudah untuk menghilangkan embun yang terbentuk pada kaca mobil adalah dengan membuka jendela mobil. Anda bisa membuka jendela mobil sampai embun hilang.

Setelah embun lenyap, segera tutup kembali jendela agar udara dingin dari AC mobil dapat kembali terasa.

Metode ini sangat efektif saat Anda melewati pegunungan, di mana suhu malam hari dan saat hujan bisa turun hingga di bawah 18 derajat Celcius. Membuka sedikit kaca bertujuan untuk mensirkulasikan udara luar masuk ke dalam, sehingga suhu luar dan suhu dalam kabin menjadi mirip.

Namun, jika hujan terlalu lebat, Anda bisa menggunakan tombol resirkulasi. Ketika fungsi ini diaktifkan, mobil akan memasukkan udara dari luar mobil dan menghembuskan udara dari dalam tanpa mengubah temperatur. Dengan begitu, tidak akan ada perbedaan temperatur yang menyebabkan terbentuknya embun.

Pentingnya Jaga Kondisi AC Mobil Agar Kualitasnya Terjaga

Memastikan AC mobil harus menyala saat hujan memang jadi satu cara efektif untuk mencegah kaca di dalam mobil berembun yang ganggu visibilitas berkendara saat hujan.

TApi kunci agar AC mobil bisa prima adalah dengan rutin melakukan perawatan AC mobil, salah satunya dengan percayakan pada yang paling ‘berkualitas’ hanya di Dokter Mobil.

Soal kualitas, jelas perawatan AC mobil di Dokter Mobil tak perlu diragukan lagi karena kredibilitasnya. Berikut adalah alasan mengapa service AC mobil di Dokter Mobil begitu direkomendasikan:

  • Reputasi kuat sebagai bengkel spesialis AC mobil sejak 2015.
  • Memiliki 28 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Penggunaan peralatan canggih terkini, SOP sistematis, dan teknisi yang ahli.
  • Mengantongi sertifikasi ISO 9001:2015 Quality Management System.
  • FREE General Checkup hingga di 32 titik.
  • Jaminan klaim garansi di seluruh cabang Dokter Mobil di Indonesia.

DISKON SERVICE AC MOBIL CUMA 99 RIBU DI DOKTER MOBIL

Paling istimewanya lagi, khusus yang berdomisili di Jakarta dan Surabaya, kini Dokter Mobil Kelapa Gading, Dokter Mobil Kelapa Gading 2, dan Dokter Mobil Lontar – Surabaya menghadirkan PROMO service AC mobil RP 99 RIBU!

Promo ini berlaku hanya dari Minggu hingga Jumat untuk 10 mobil per-hari saja. Jadi pastikan untuk segera pesan sebelum slot-nya kehabisan.

Pemesanan bisa Anda lakukan dengan reservasi via WhatsApp di 0877-7760-0371 (atau hubungi di sini).

Ingin coba datang langsung untuk lihat keunggulan service AC mobilnya? Berikut adalah titik-titik lokasi cabang Dokter Mobil yang bisa Anda tuju:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Dengan kualitas dan promo yang kompetitif, jelas percayakan permasalahan AC mobil Anda ke Dokter Mobil adalah pilihan paling terpercaya.

Karena apapun masalah AC mobilnya, di Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

 

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru

5 Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita

Sedang mencari Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita, disini kami akan memberikan pilihannya kepada anda. Tentu saja kami memberikan daftar dengan harga yang terjangkau, serta

Waspada! Ini 4 Bahaya Mobil Terobos Banjir

Selain merusak infrastruktur dan tempat tinggal, banjir dapat membahayakan kendaraan bermotor, termasuk mobil. Terobosan mobil melalui banjir tidak hanya menghadirkan risiko nyata bagi keselamatan pengemudi