Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

AC Mobil Jadi Tidak Dingin, Ini Sebabnya !

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Ketika AC Mobil Jadi Tidak Dingin atau AC kurang dingin bisa menjadi masalah serius saat kita sedang mengendarai mobil. Apalagi dengan temperatur suhu udara yang panas di luar mobil khususnya daerah Ibukota. Tentu tidak nyaman bukan? AC adalah faktor penting dalam memberikan kenyamanan rilexasi berkendara. Tanpa AC, tidak jauh berbeda dengan menaiki angkutan umum atau mikrolet.

Sudah tahu apa penyebabnya?

Ini Sebabnya !

Berikut ulasan mengenani penyebab AC mobil jadi tidak dingin atau kurang dingin, simak dibawah ini;

1.Drive Belt Putus

Drive belt, atau istilah lainnya yakni fan belt ac putus. Komponen ini bertuga menyalurkan putaran mesin dengan putaran kompresor AC. Jika rusak atau terganggu, tentu menjadi penyebab AC tidak dingin.

2.Freon kurang atau habis

Freon berkurang seringkali menjadi penyebab utama ac mobil kurang dingin. Berkurangnya freon ini terjadi karena kebocoran pada sistem AC. Bocor freon yang terlalu kecil dan hanya terjadi pada tekanan tertentu misalnya pada 120 psi pada tekanan tinggi.

Pada tekanan tersebut ada kemungkinan bocor berhenti, sehingga freon tidak sampai habis sama sekali. Baca Juga: Inilah Efek dan Bahaya Freon AC Mobil Kurang.

3.Kondensor dan Radiator kotor

Permukaan kondensor atau radiator yang kotor karena debu, karatan atau sirip pada permukaan yang tertekuk,  membuat pembuangan panas dari freon gas bertekanan tinggi pada kondensor terjadi tidak sempurna. Akibatnya, proses kondensasi menjadi tidak sempurna.

4.Motor Cooling Fan Mati, Putaran lemah atau Putaran terbalik

Jika motor cooling fan ataupun extra fan terganggu dengan ditandai putaran lemah atau mati mengakibatkan pembuangan panas di kondensor tidak berjalan dengan baik. Begitu pula jika putaran motor cooling fan terbalik dalam artian  arah angin yang di hembuskan mengarah kedepan mobil.

5.Field Coil atau spul magnetic clutch Putus

Spul magnetic clutch jika mati, putus, atau terbakar menyebabkan armature asembly. Tidak terhubung dengan puli kompressor ac yang ikut berputar dengan mesin. Dan akan terlihat kompresor ac tidak berputar saat ac dihidupkan.

6.Tekanan dalam sistem AC Mobil berlebihan

Tekanan pada system AC berlebihan berkaitan dengan point 3 diatas akan menyebabkan over heat pada system AC sehingga high pressure switch bekerja dan memutus arus listrik ke Field Coil dari magnetic clutch.

Atau untuk kompressor AC yang di lengkapi temperature switch. Jika over heating terjadi maka temperature switch yang tertanam di body kompressor bekerja dan memutus arus listrik menuju spull magnetic clutch.

7.Kelebihan oli kompressor

Jika kelebihan oli kompressor maka ruang untuk freon akan berkurang. Artinya, jika sebuah mobil sedan membutuhkan freon seberat 0,40 kg dengan kelebihan oli kompressor maka jika 0,40 kg freon bisa masuk semua ke system AC. Hal ini menyebabkan tekanan berlebihan. Dan jika menyesuaikan tekanan agar sesuai dengan spesifikasi standar harus mengurangi jumlah freon yang masuk.

8.Kompressor Aus

Kompressor AC aus biasanya ditandai dengan tekanan tidak normal,timbul bunyi dari kompresor saat ac hidup dan saling berkaita. Jika kompressor Ac aus, beberapa hal yang di akibatkan adalah pada sigh glass terlihat hitam, receiver driyer dan katup expansi tersumbat.

9.Evaporator Kotor atau tersumbat 

Kotoran yang terdapat pada permukaan evaporator lebih banyak disebabkan oleh debu yang di hisap oleh blower. Kemudian menempel pada permukaan evaporator yang mengakibatkan aliran udara yang dihembuskan oleh blower AC menjadi tersumbat. Bisa juga disebabkan karena filter AC yang penuh debu karena kita lupa membersihkannya.

10.Saluran Buang Air Kondensasi Tersumbat

Jika saluran buang air kondensasi tersumbat oleh kotoran, pada rumah evap akan penuh dengan air yang berasal dari hasil kondensi pada permukaan evaporator. Pada rumah evap akan berembun dan air akan menetes di bawah dashboard membasahi karpet mobil. Selain menyebabkan air menetes dari rumah evaporator, jika air kondensasi memenuhi rumah evap akan mengakibatkan hembusan angin dari blower juga berkurang.

11.Terjadi Overheating

Overheating atau temperatur tinggi mesin juga menjadi penyebab ac mobil tidak dingin yang juga berhubungan dengan point ketiga dan kelima diatas yaitu kipas radiator atau kipas kondensor mati. Contoh lain terkadang kita tidak menyadari bahwa suhu mesin sudah terlalu panas atau overheat, justru yang terlebih dahulu dirasakan adalah ac panas atau ac tidak dingin.

Ac panas karena suhu mesin terlalu tinggi ini disebabkan karena kompresor ac menempel pada blok mesin, suhu kompresor pun ikut naik dan hal ini mengakibatkan tekanan freon didalam sistem ac ikut naik dan berdampak pada kinerja ac mobil.

12. Masalah Pada Katup Ekspansi

Katup ekspansi rusak juga bisa menyebabkan ac mobil tidak dingin. Kerusakan pada katup ekspansi bisa karena saluran membuka terlalu banyak atau pun saluran pada katup tersumbat, sehingga freon tidak bersirkulasi dengan baik jikabenar-benar menutup saluran pada katup ekspansi. Hal ini bisa dilihat dari tekanan
pada sisi low pressure berada dibawah nol ketika ac mobil dinyalakan.

Nah, itulah ulasan terkait AC Mobil Jadi Tidak Dingin. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.