Ac Mobil Kadang Nyala Kadang Mati

Mengetahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Ac Mobil Kadang Nyala Kadang Mati

Ac Mobil Kadang Nyala Kadang Mati? Memiliki kendaraan roda empat tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi setiap orang. Pun sekarang ini hampir semua orang dan keluarga menginginkan memiliki setidaknya satu unit mobil di dalam garasi rumah. Sekarang ini mobil tidak hanya dijadikan ajang untuk mendapatkan penampilan yang lebih bergaya atau lainnya. Namun lebih kepada kepentingan lain untuk menghindari terik panas dan guyuran hujan. Dengan menggunakan mobil, maka seluruh anggota keluarga bisa diajak bepergian dalam satu waktu.

Salah satu bagian yang terbilang penting dalam sebuah mobil adalah AC. Dimana AC ini berfungsi membuat ruang dalam kabin mobil yang semula panas terasa dingin. Sehingga ketika penumpang dan pengemudi merasa kegerahan tinggal menghidupkan AC dan udara dingin pun didapatkan. Namun yang menjadi kendala adalah ketika ac mobil mati nyala. Tentunya hal ini membuat penumpang merasa tidak nyaman, dan membuat anda sebagai pemilik mobil juga merasa was-was. Beruntung jika anda mengetahui sedikit-sedikit mengenai mesin dan sistem AC. Tetapi jika anda tidak mengetahui seluk beluk mengenai sistem AC tentu anda akan merasa kesulitan. Dan bisa saja berakhir dengan membawa mobil anda ke bengkel abal-abal. Yang mana semakin kerusakan merembet ke bagian lainnya.

Penyebab AC Mobil Kadang Nyala Kadang Mati

Tarikan awal AC yang terasa menyentak ketika AC bekerja dan membuat mesin mobil menjadi sedikit tersendat sebenarnya menjadi hal wajar. Ini dikarenakan mesin mobil yang awalnya berputar ringan tiba-tiba terbebani kompresor AC. Dimana kompresor AC bekerja ketika AC dinyalakan dan menjadi beban untuk mesin mobil. Namun selama hentakan tersebut tidak terlalu parah, maka anda tidak perlu risau. Masalah sebenarnya yang harus anda khawatirkan adalah ketika AC dinyalakan, tenaga mesin mobil seperti berkurang drastis. Bahkan sampai membuat mesin mati ketika AC nyala. Lebih parah lagi saat mobil berjalan dengan terpaksa anda harus menginjak pedal gas dalam untuk mengeluarkan tenaga pada mesin mobil.

Dan apabila hal tersebut terjadi, maka ada hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari tahu mengapa mesin mobil mati saat ac dinyalakan. Lalu kemudian akan bisa memunculkan beberapa kemungkinan yang bisa terjadi pada mesin mobil milik anda. Untuk mobil yang belum menggunakan sistem injeksi atau masih menggunakan karburator. Biasanya mesin bisa drop karena penyetelan RPM pada kondisi idle up kurang sesuai atau masih terlalu rendah. Perlu diketahui bahwa penyetelan RPM ini sangat berpengaruh pada beban dan putaran mesin. Terlebih lagi jika kondisi mobil dalam keadaan diam. Sedangkan untuk mobil injeksi, biasanya sudah diatur ECU yang ada pada mesin mobil itu sendiri. Akan tetapi tetap memungkinkan anda untuk memperhatikan hal tersebut. Karena hal tersebut tetap penting untuk sebuah mobil. Standar RPM ketika mobil diam tanpa AC kurang lebih 800 RPM. Dan ketika AC mobil dinyalakan maka idle akan naik mencapai 900 – 1.000 RPM.

Ac mobil nyala tapi kipas mati bisa juga bisa menjadi penyebab kabin menjadi panas. Saat cooling fan ini mati maka pembuangan panas yang berada di dalam kondensor menjadi kurang optimal. Dan hal ini juga bisa membuat kondensor menjadi kepanasan atau overheat. Sehingga hal ini berimbas pada kinerja kompresor yang menjadi menurun. Biasanya akan terasa ketika mobil macet atau berhenti. Untuk bisa mengatasi hal ini bisa dengan mengganti cooling fan yang mati dengan komponen baru. Sehingga AC mobil bisa kembali dingin dan membuat anda merasa nyaman ketika berkendara. Selain itu juga bisa disebabkan karena kompresor. Apabila kompresor yang digunakan terlalu melebihi standar, maka akan membuat mesin mobil drop ketika AC dinyalakan. Biasanya karena kompresor yang digunakan bukan asli, melainkan hasil upgrade dari seri sebelumnya. Jadi terjadi ketidakcocokan dengan spesifikasi dari mobil itu sendiri. Dan akibatnya kompresor menjadi beban bagi mesin mobil itu sendiri.

Di dalam sistem mesin mobil, AC mobil memiliki rotasi kompresor yang berputar bersama mesin. Tentu hal ini menjadi beban mesin (Load Engine) mobil. Sebagai contohnya adalah ketika AC dinyalakan maka beban mesin akan naik sekitar 26 – 28%. Juga terjadi beban kelistrikan di dalam AC mobil. Diantaranya ada extra fan, blower, dan clutch compressor. Yang mana semua komponen tersebut membuthkan listrik supaya bisa bergerak. Sehingga hal ini memerlukan idle up. Karena tanpa idle up maka membuat mobil mati saat ac dinyalakan. Juga membuat RPM mesin down saat AC mobil menyala. Maka dari itulah akan idle up sangat dibutuhkan untuk AC mobil. Idle up berguna menaikkan RPM mobil saat AC dihidupkan.

Baca Juga : ac mobil terkadang tidak dingin

Ac Mobil Kadang Nyala Kadang Mati

Salah satu hal yang membuat mobil mati saat ac nyala adalah kompresor ac mobil nyala mati atau macet. Sehingga tidak bisa membuat sinkron sistem mesin mobil dan idle up tidak mampu memberikan kinerja terbaik. Parahnya lagi adalah membuat sama sekali tidak berfungsi. Berikut pengaturan idle up yang peru diketahui.

  1. Mobil Injeksi

Pengaturan idle up pada mesin mobil injeksi terletak pada ISC (Idle Speed Control) untuk mobil EFI, yang mana memang menerapkan sistem ISC. Mobil yang sudah menggunakannya adalah Honda Jazz 2005, Limo, Timor DOHC EFi, Avanza dan lainnya. Dan pada Motor Motor Control Throttle Valve jika mesin sudah menggunakan ETCS seperti Kijang Innova, Honda Jazz RS 2009, Yaris, New Limo dan lainnya.

  1. Mobil Karburator

Sedangkan untuk mobil karburator, pengaturan idle up memakai solenoid valve pada umumnya. Yang mana berguna mengoneksikan slang vacuum dari intake manipol dengan mechanical vacuum. Dimana berguna mendorong katup gas supaya terbuka ketika AC hidup dan menaikkan RPM pada mesin mobil.

Cara Mengatasi AC Mobil Kadang Nyala Kadang Mati

Untuk anda yang memiliki permasalahan mesin mobil yang macet ketika AC dinyalakan dan kurang mengerti sistem kinerja AC. Akan lebih baik jika anda mobil anda ke bengkel. Namun pemilihan bengkel ini harus tepat dan yang sudah berpengalaman. Sehingga sistem ac dan mobil bisa kembali normal. Sekarang ini untuk menemukan bengkel perbaikan AC mobil memang mudah, tetapi menemukan yang benar-benar berpengalaman tentu tidak mudah. Oleh sebab itulah pilihan yang tepat jika anda memilih Dokter Mobil sebagai bengkel perbaikan ac mobil. Bengkel perbaikan ac mobil ini sudah berpengalaman dan dipercaya lebih dari ratusan konsumen. Bahkan beberapa konsumen menjadi langganan tetap kami untuk melakukan beberapa perbaikan atau melakukan service. Memiliki teknisi terbaik dan berpengalaman membuat perbaikan menjadi lebih cepat selesai. Dan untuk hasilnya pun memuaskan dan menjadi seperti baru lagi. Dengan pelayanan ramah, membuat konsumen yang datang bisa menjelaskan secara detail mengenai permasalahan ac mobil. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi marketing Dokter Mobil untuk meminta jadwal perbaikan ac mobil anda.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

Ac Mobil Kadang Nyala Kadang Mati

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *