Sedang mengalami AC mobil yang bau asam serta AC mobil kurang dingin? Lalu bagaimana solusi tepat untuk AC mobil kurang dingin? Kamu wajib tahu hal ini umumnya disebabkan oleh adanya kebocoran pada freon AC mobil. Namun apakah penyebab kebocoran freon AC mobil ? Adakah penyebab lain masalah AC mobil kurang dan tidak dingin pada AC mobil anda ?

Penyebab AC Mobil Kurang dan Tidak Dingin

Beberapa hal yang menjadi sumber utama masalah ini antara lain :

1. FREON AC

Freon AC mobil yang jumlahnya berkurang atau habis adalah sebab utama masalah AC mobil kurang dan tidak dingin.Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengisi ulang freon AC mobil anda.

Namun perlu diperhatikan beberapa hal seperti :

– Freon AC jumlahnya tidak dapat berkurang.
Oleh sebab itu, dapat dipastikan berkurangnya jumlah freon menandakan adanya kebocoran pada AC mobil anda.

– Kebocoran dapat terjadi di beberapa titik
Jika kebocoran AC sudah ditemukan, jangan lekas berpuas diri karena bisa jadi ada titik lain kebocoran AC.

Selain masalah jumlah atau volume freon AC, kualitas freon juga harus diperhatikan. Freon AC yang terlalu lama mendapat paparan panas matahari, panas mesin, knalpot, ataupun tercampur kotoran dapat menyebabkan AC mobil kurang dingin, bau asam, dan juga tidak dingin.

Solusinya?

Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti freon AC mobil anda dengan yang baru.

AC Mobil Kurang Dingin dan Cuci AC

2.Kerusakan Komponen AC Mobil

Komponen AC mempengaruhi kerja AC secara keseluruhan. Begitu sensitifnya AC mobil, jika ada salah satu komponen AC yang bermasalah, AC mobil dapat mengalami masalah seperti kurang dingin, tidak dingin, mati total, dan masalah lainnya.

Beberapa komponen AC yang rentan bermasalah dan menyebabkan AC mobil kurang dan tidak dingin adalah : Drive / Fan Belt AC
Komponen ini sangat berperan dalam meneruskan putaran mesin ke kompresor AC. Jika drive belt putus atau lepas, kompresor AC akan menyala namun tidak berputar dan tidak memproses freon sehingga tidak ada freon yang masuk ke kondensor AC. Akibatnya adalah AC mobil menjadi kurang atau bahkan tidak dingin.

Untuk memperbaiki masalah ini, fan belt yang putus sebaiknya diganti. Jika fan belt lepas, anda harus memutuskan secara bijak antara membeli fan belt baru, atau memasangkannya kembali.

3.  Magnetic Clutch (Coil)

Coil berfungsi untuk memutarkan kompresor AC. Jika coil rusak, kompresor AC akan berputar namun tidak dapat meneruskan putaran tersebut ke kondensor yang sudah siap dengan freon bertekanan tinggi.

Coil yang rusak harus diganti secara keseluruhan karena jika 1 rusak, umumnya yang lainnya pun rusak.

Volume dan Kualitas Oli Kompresor

Oli kompresor memegang peran penting dalam kerja sistem AC secara keseluruhan. Jika volumenya kurang, kompresor AC dapat jebol akibat gesekan AC mobil yang terus menerus. Akibat jebol ini tentu akan menyebabkan kebocoran freon.Oli kompresor yang berlebihan juga dapat menyebabkan tekanan di dalam kompresor terlalu tinggi sehingga kompresor AC dapat jebol.

Selain itu, jumlah berlebihan oli di dalam kompresor akan mengurangi volume udara yang berfungsi untuk menekan freon AC. Akibatnya aliran freon akan melemah sehingga menyebabkan AC mobil kurang dingin.Untuk menghindari kesalahan dalam memberikan jumlah oli kompresor, sangat penting untuk :

– mengisi oli kompresor sesuai dengan volume yang dianjurkan pada buku manual
– mengisi oli kompresor dengan menggunakan alat yang mampu memberikan takaran tepat
– mengisi oli kompresor berkualitas tinggi sehingga tidak rentan memuai ataupun menyusut.

Baca Juga : Mengatasi Masalah AC Mobil Mendadak Tidak Dingin

Jika anda membutuhkan bengkel AC mobil yang mampu menyelesaikan masalah AC mobil kurang dan tidak dingin dalam waktu yang singkat namun dengan hasil yang memuaskan, Dokter Mobil adalah jawabannya.

Dokter Mobil

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil yang memiliki teknologi Service AC Mobil TANPA Bongkar sehingga menghasilkan service yang :

Dalam memperbaiki masalah AC mobil yang tidak dan kurang dingin, Dokter Mobil memiliki rincian prosedur meliputi :

  1. Pengecheck an Kondisi Mobil
  2. Melaporkan Kondisi Mobil kepada Konsumen
  3. Memberikan Rincian dan Estimasi Biaya kepada Konsumen
  4. Prosedur Service AC
    Prosedur ini meliputi :
    – pengecheck an ulang
    – cuci AC
    – cuci evaporator
    – flushing AC
    – penggantian komponen / spare part AC yang rusak
    – test hasil service
  5. Serah terima

Semua proses ini dilakukan oleh mekanik-mekanik handal dan berpengalaman dan menggunakan peralatan dan mesin-mesin canggih sehingga pemeriksaan dapat dilakukan dengan akurat, dan service dapat dilakukan dengan tepat dan efisien.

Dokter Mobil sendiri dapat dihubungi atau dikunjungi di alamat :

Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Demikian informasi yang dapat kita berikan mengenai masalah AC mobil kurang dan tidak dingin. Semoga informasi ini dapat membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.