📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

AC Mobil Mengeluarkan Bau Asam, Ternyata Ini Biang Keladinya!

AC Mobil Mengeluarkan Bau Asam

Pernah alami AC mobil mengeluarkan bau asam di mobil Anda? Bau asam yang muncul dari sistem pendinginan mobil bisa menjadi masalah yang mengganggu kenyamanan perjalanan Anda. Bau tersebut dapat mengindikasikan adanya masalah pada AC mobil Anda atau komponen-komponen terkaitnya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci dan lengkap penyebab umum mengapa AC mobil mengeluarkan bau asam dan memberikan solusi yang berguna untuk mengatasi masalah ini. Simak selengkapnya di bawah ini!

Penyebab AC Mobil Mengeluarkan Bau Asam

AC mobil mengeluarkan bau asam bukanlah tanda masalah biasa. Hal ini bisa menjadi satu permasalahan yang perlu diatasi karena bisa ganggu kenyamanan berkendara. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum mengapa AC mobil mengeluarkan bau asam:

1. Kelembaban yang Tinggi di Dalam Mobil

Kelembaban yang tinggi di dalam mobil adalah salah satu faktor penyebab utama mengapa AC mobil mengeluarkan bau asam. Ketika kelembaban tinggi, terutama di daerah dengan iklim tropis atau musim hujan yang lembap, kondisi ini menciptakan lingkungan ideal bagi pertumbuhan bakteri dan jamur di dalam sistem pendinginan.

Bakteri dan jamur ini menghasilkan zat-zat kimia yang dapat menghasilkan bau asam yang tidak sedap. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelembaban di dalam mobil tetap rendah dengan menggunakan sistem ventilasi yang baik dan menjaga kebersihan interior mobil.

2. Penumpukan Kotoran di Sistem Pendinginan

Kotoran seperti debu, serbuk sari, dan serpihan daun dapat masuk ke dalam sistem pendinginan mobil melalui ventilasi atau intake udara. Ketika kotoran-kotoran ini menumpuk pada evaporator dan kondensor AC, mereka menjadi tempat yang ideal bagi pertumbuhan bakteri dan jamur.

Saat AC dinyalakan, kotoran tersebut terdebu dan AC mobil mengeluarkan bau asam yang tidak enak. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk membersihkan dan membersihkan secara teratur sistem pendinginan mobil, terutama evaporator dan kondensor.

3. Filter AC yang Kotor

Filter AC berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam sistem pendinginan. Jika filter tersebut tidak dibersihkan atau diganti secara teratur, maka kotoran dan partikel lainnya akan terakumulasi di dalamnya.

Akibatnya, udara yang keluar dari AC akan tercemar dan AC mobil mengeluarkan bau asam yang tidak sedap. Pastikan Anda rutin membersihkan atau mengganti filter AC mobil sesuai dengan rekomendasi produsen.

Baca Juga: Filter AC Mobil Kotor, Wajib Ganti?

4. Kelembaban di Saluran Pembuangan AC

AC mobil memiliki saluran pembuangan yang berfungsi untuk mengalirkan air hasil kondensasi dari evaporator. Jika saluran pembuangan tersebut tersumbat atau terhambat, maka air tersebut dapat terjebak di dalam sistem.

Kelembaban yang terjebak ini akan menciptakan lingkungan yang lembab dan dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan AC mobil mengeluarkan bau asam. Pastikan saluran pembuangan AC tetap bersih dan tidak terhalang untuk menjaga aliran air yang lancar.

5. Kerusakan pada Sistem Pendinginan

Kerusakan pada komponen-komponen sistem pendinginan, seperti evaporator yang bocor atau kondensor yang rusak, juga dapat menjadi penyebab bau asam pada AC mobil. Keausan atau kerusakan pada komponen-komponen tersebut dapat menyebabkan kebocoran refrigeran atau cairan pendingin lainnya.

Bau asam dapat muncul akibat bahan kimia yang terkandung dalam refrigeran yang terlepas. Jika Anda mencurigai adanya kerusakan pada sistem pendinginan mobil Anda, segera bawa ke bengkel terpercaya untuk diperiksa dan diperbaiki.

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru

Tips Merawat Toyota Hiace Agar Tetap Prima!

Toyota Hiace bukan hanya sekadar kendaraan, tapi juga mitra setia dalam berbagai kebutuhan transportasi. Dari pengangkutan barang hingga shuttle penumpang, Hiace telah terbukti tangguh dan

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.co.id/reservasi/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.co.id/reservasi/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.co.id/reservasi/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.co.id/reservasi/tanya-matic-jet-clean/