penyebab ac mobil panas dan bau

9 Penyebab Ac Mobil Panas Dan Bau Sangat Menggangu Ketika Berkendara

Kendaraan roda empat atau mobil memang menjadi salah satu kebutuhan penting sekarang ini. Mobilitas tinggi dari seseorang membuat mereka harus memiliki kendaraan sendiri untuk melakukan banyak aktivitas. Untuk kalangan kelas atas, memiliki dua atau tiga buah mobil tentu bukan hal asing. Namun untuk kalangan kelas menengah, cukuplah memiliki satu mobil sebagai kendaraan keluarga atau pribadi.

Ketika anda berkendara di jalanan padat dan berujung macet tentunya akan menyebalkan bukan? Ditambah lagi dengan terik matahari yang luar biasa sehingga membuat keringat mengucur deras. Biasanya para pengendara mobil ini akan mulai menghidupkan AC ketika dirasa udara di dalam kabin sudah mulai memanas dan membuat gerah. Dengan adanya AC pada sebuah mobil, maka akan membuat suhu kabin dalam mobil menjadi lebih sejuk dibandingkan dengan suhu diluar.

penyebab ac mobil panas dan bau

Namun apa jadinya jika ketika anda menyalakan AC yang keluar hanyalah angin panas dan bau tidak sedap? Tentu hal ini mengganggu kenyamanan ketika berkendara bukan? 9 hal ini bisa membuat ac mobil bau dan panas.

  1. Memarkir ditempat panas

Entah disadari atau tidak, pastinya kita sering kali memarkir mobil ditempat panas. Jika hal ini sering dilakukan dan menjadi kebiasaan karena lahar parkir penuh. Atau kerana malas mengantri parkir. Maka ketika Ac dinyalakan, kondisi kabin masih akan terasa panas. Perlu diketahui bahwa AC mobil membutuhkan daya besar, sehingga energi yang dibutuhkan pun juga menjadi lebih besar. Oleh sebab itulah AC mobil menjadi tidak dingin. Dan ketika kabin mulai terasa dingin, pastinya membutuhkan proses waktu yang cukup lama.

  1. Pengharum kabin menyengat

Layaknya asap rokok, efek dari pengharum mobil bisa membuat umur ac mobil semakin singkat. Perlu diketahui bahwa pengharum ac mobil ini dibuat dari campuran minyak dan asam. Yang mana bisa menempel serta menggumpal pada saluran AC. Dan gumpalan ini akan membuat saluran keluar akan tersumbat, jadi udara di dalam AC menjadi panas. Pengharum mobil yang memiliki bau terlalu menyengat pun tidak baik untuk kesehatan. Karena bau tersebut bisa membuat pengendara menjadi sesak napas.

  1. Jarang melakukan service

Melakukan service rutin sangat diperlukan untuk menjaga kondisi mobil supaya tetap prima. Dan dilakukannya service ini tidak hanya bagi mobil lama saja, tetapi juga untuk mobil baru. Dengan melakukan service rutin, maka anda bisa melakukan penggantian bagian yang sudah rusak. Jadi performa mobil kesayangan tetap gahar. Umumnya service mobil ini dilakukan ketika sudah melampaui jarak tempuh yang ditetapkan. Juga ketika tenggat waktu service sudah terlampaui.

  1. Merokok di dalam mobil

Jika anda terbiasa merokok di dalam mobil, baik ketika ac menyala atau mati. Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan ac mobil. Asap yang berasal dari rokok ini sulit untuk dihilangkan, sehingga bisa membuat ac mobil panas dan bau. Jika asap sudah menempel dan mengering pada bagian saluran AC, maka membuat gumpalan sehingga menghambat sirkulasi udara. Juga bisa menyebabkan bocor dan korosi. Oleh sebab itulah akan lebih baik jika anda tidak merokok di dalam kabin mobil.

  1. Makan dan minum di dalam mobil

Selain merokok yang menjadi penyebab ac mobil panas dan bau, ternyata kebiasaan makan dan minum juga menjadi salah satunya. Apalagi saat di pagi hari dan sedang buru-buru berangkat ke kantor untuk bekerja. Tentunya tidak akan ada yang melarang untuk makan dan minum di dalam mobil, asalkan tetap menjaga kebersihan. Akan tetapi sebagian pemilik mobil sering abai akan hal ini. Tidak jarang minuman dan makanan tumpah ke kepala AC. Yang mana mengakibatkan AC tersumbat dan membuat udara yang dihembuskan bau apek. Bahkan baunya bisa sama dengan makanan dan minuman yang ditumpahkan tersebut.

  1. Sepatu kotor

Tentunya kita bisa selalu menjamin kondisi sepatu untuk tetap bersih. Tidak jarang terkadang sepatu atau alas kaki kena lumpur atau pasir. Dan kita tidak menyadari akan kondisi tersebut, lalu masuk ke dalam mobil. Kotoran yang menempel pada alas kaki ini akan membuat karpet menjadi kotor. Dan ketika ac mobil hidup, maka kotoran yang menempel pada alas kaki dan karpet akan terhirup ke saluran AC. Filter AC yang berguna untuk menyaring kotoran dan debu menjadi tidak berdaya. Dan membuat ac mobil menjadi bau asem dan tidak dingin lagi.

  1. Sering membuka jendela mobil

Ketika anda membuka jendela mobil, tentu ada alasannya bukan? Diantaranya adalah:

  1. Menyapa kolega yang tidak sengaja bertemu di jalan
  2. Kabin mobil yang terasa panas
  3. Supaya bensin lebih irit
  4. Karena merokok sambil menyetir mobil

Perlu diketahui bahwa membuka kaca mobil ini bisa berdampak kurang baik untuk keawetan AC mobil. Kotoran dan debu di udara membuat kabin menjadi kotor, yang mana nantinya akan diserap oleh filter AC. Dan jika filter AC ini banyak kotoran dan debu tentu akan membuat ac mobil menjadi panas dan kurang baik.

  1. Menggunakan spare part ac murahan

Pastinya sudah bisa menebak sendiri angka untuk spare part ac mobil yang original bukan? Bisa dikatakan jika harga spare part ac mobil original ini lebih mahal. Sekarang ini sudah banyak spare part ac mobil KW yang memiliki harga cukup murah dibandingkan dengan Ori. Pun terkadang anda pasti pernah membeli mesin KW juga. Apalagi saat kondisi keuangan sedang tidak baik, pasti lebih memilih yang murah. Namun yang tidak dipertimbangkan oleh pemilik mobil adalah kualitas barang KW ini belum tentu baik.  Bisa saja setelah dipakai dua bulan, spare part tersebut akan langsung rusak. Dan hal ini akan berdampak pada kerusakan lainnya. Oleh sebab itulah akan lebih baik jika anda mengatasi ac mobil panas dan bau ini dengan memakai spare part asli dan Original.

  1. Melakukan service ditempa murah

Pun sebenarnya sah-sah saja untuk melakukan service ditempat murah. Tetapi tidak bisa menjamin jika hasilnya sesuai keinginan. Banyak pelanggan yang mengeluhkan jika setelah service ditempat murah malah bertambah kurang maksimal. Bukannya lebih bagus, malah lebih buruk dari sebelumnya. Hasil service yang baik ini tentunya karena montir atau teknisi juga sudah berpengalaman. Begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itulah akan lebih baik jika anda memilih bengkel AC resmi yang sudah berpengalaman dan terpercaya.

Baca juga : Penyebab AC Mobil Timor Tidak Dingin

Nah itulah beberapa hal yang membuat ac mobil panas dan bau. Jika anda masih awam mengenai kondisi mobil, akan lebih baik jika membawa ke bengkel AC resmi. Karena di sana nantinya akan ditangani oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman. Salah satu bengkel AC resmi yang sudah dipercaya banyak pelanggan adalah Dokter Mobil. Jadi percayakan perbaikan AC mobil anda hanya kepada Dokter Mobil.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

AC MOBIL PANAS DAN BAU

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *