Ac Mobil Tiba-tiba Mati Sendiri

Mengetahui Penyebab Ac Mobil Tiba-tiba Mati Sendiri

Ac Mobil Tiba-tiba Mati Sendiri? Salah satu komponen cukup penting dari sebuah mobil adalah fitur AC, apalagi ketika berkendara pada siang hari. Adanya AC yang bekerja maksimal dalam kabin mobil, tentu suhu di luar mobil yang panas tidak akan terasa sampai ke dalam. Akan tetapi apa jadinya jika kinerja AC yang difungsikan untuk mendinginkan mobil malah mati secara tiba-tiba? Tentunya hal ini sedikit membuat pusing dan kegerahan. Pastinya permasalahan seperti ini perlu ditindaklanjuti, karena pastinya ada beberapa bagian komponen di sistem AC yang tidak bekerja maksimal.

Perlu diketahui bahwa semua komponen mobil memiliki masa pakai sendiri-sendiri, termasuk komponen AC mobil. Dimana usia pemakaian komponen AC mobil ini tergantung intensif pemakaian dan perawatan yang dilakukan. Apabila anda cukup sering memakai mobil dalam keseharian, tentu sangat penting melakukan pengecekan serta perawatan komponen tersebut. Selain itu juga dilakukan penggantian ketika ada komponen yang rusak dan tidak berfungsi.

Penyebab AC Mobil Mati Hidup Sendiri Ini Perlu Diketahui

Nah berikut ini ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab AC mobil bisa mati sendiri. Dengan mengetahui beberapa hal ini maka anda bisa menentukan tindakan yang selanjutnya secara lebih matang.

  1. Sekring AC putus

Ketika sekring AC putus, maka bisa membuat tidak adanya mesin mobil dengan AC. Jadi AC tidak mendapatkan tenaga untuk membuat putaran. Biasanya sekring ac putus ini karena korsleting. Supaya bisa digunakan lagi, maka harus diganti dengan yang baru.

  1. Relay AC putus

Fungsi dari relay AC adalah untuk memompa arus listrik ke bagian magnetic clutch. Dan ketika relay ini putus, maka tidak akan ada lagi yang menyuplai arus listrik. Putusnya relay AC ini pun bisa membuat AC mobil menjadi mati total.

  1. V belt putus

Untuk V belt ini berguna sebagai penghubung kompresor dengan bagian putaran mesin. Jadi saat V belt ini putus, maka AC mobil tidak bisa bekerja secara normal. Sehingga membuat suhu di dalam kabin mobil terasa panas dan tidak dingin sama sekali.

  1. Motor cooling fan tidak bekerja

Saat motor cooling fan mati tentu membuat pembuangan panas di dalam kondensor menjadi kurang maksimal. Juga membuat kondensor menjadi kepanasan atau overheat. Dan hal ini berimbas pada kinerja kompresor yang juga ikut menurun. Biasanya akan terasa ketika mobil macet atau berhenti. Untuk mengatasi ac mobil mati hidup sendiri karena motor cooling fan tidak bekerja, maka bisa mengganti dengan komponen baru supaya AC bisa dingin kembali.

  1. Kompresor AC macet total

Dalam sistem AC, kompresor menjadi salah satu komponen yang cukup penting. Jika kinerja kompresor melambat, biasanya hal ini dikarenakan kompresor kehabisan oli. Atau kurang perawatan AC seperti mengganti filter, kebocoran freon yang tidak segera diperbaiki. Sehingga hanya dilakukan pengisian freon saja tanpa menambah atau mengganti oli kompresor.

  1. Magnetic clutch putus

Penyebab ac mobil mati sendiri juga bisa dikarenakan magnetic clutch yang putus atau bermasalah. Gejalanya bisa terlihat dari AC mobil yang awalnya dingin tiba-tiba terasa panas ketika di jalanan padat atau kemacetan. Dan saat jalanan sudah kembali lancar, maka AC mobil akan dingin kembali. Ini karena dioda magnet yang mulai melemah dan sering terkena hawa panas berlebih dari mesin saat macet. Sehingga membuat komponen menjadi off sementara. Hal ini akan kembali normal saat jalanan sudah lancar, karena sirkulasi udara lebih banyak ketika mobil bergerak. Namun hal ini akan terjadi lagi ketika mobil macet atau berhenti.

  1. Kompresor mati

Saat kompresor mati atau rusak, membuat tidak ada yang menghisap uap dari refrigerator evaporator. Tidak hanya itu saja, kompresor ini juga berguna untuk menyalurkan udara dingin ke bagian seluruh kabin mobil.

  1. Oli menipis atau habis

Kehabisan oli mobil juga membuat mesin mobil tidak akan bekerja dengan baik. Biasanya hal ini karena faktor ketidaktelitian dari si pemilik mobil itu sendiri ketika mengisi oli. Bisa juga dikarenakan terjadinya kebocoran pada bagian AC, sehingga membuat AC mobil yang diisi oli cepat habis.

  1. Resistor blower mengalami kerusakan

Untuk beberapa jenis mobil, jika bagian resistor blower mengalami kerusakan bisa membuat mobil mati total. Dan ketika hal ini terjadi, maka anda harus memeriksa bagian sambungan resistor blower. Apakah putus atau hanya korsleting saja.

  1. Freon habis atau berlebih

Jika kondisi ac mobil sering mati sendiri bisa jadi karena freon yang menipis atau juga bisa karena kelebihan freon. Sehingga membuat ac menjadi sering mati dan tidak juga tidak dingin. Kondisi freon yang berlebihan ini juga bisa membuat tekanan meningkat dan membuat overheat. Jadi membuat kompresor langsung off, sehingga ac sering mati sendiri. Jika hal ini terjadi, biasanya karena faktor human error. Dimana pemilik mobil awam ini akan mengisi freon jika habis. Padahal freon tidak bisa habis jika tidak terjadi kebocoran.

  1. Evaporator kotor

Apabila aliran udara yang masuk ke dalam mobil terhambat, tentu akan membuat angin menjadi kecil. Untuk penyebabnya bisa jadi karena bagian evaporator yang kotor. Mengatasi kotornya evaporator ini bisa memasang filter kabin untuk menghalau debu yang akan masuk. Dengan adanya filter kabin ini maka tidak akan ada kotoran atau debu yang menumpuk pada bagian evaporator.

  1. Mesin overheat

Overheating pada mobil juga membuat ac mobil suka mati sendiri. Mulai dari radiator mampat, thermostat rusak, kebocoran pada air radiator dan lainnya. Yang mana membuat suhu mesin meningkat secara berlebihan. Kondisi mesin yang seperti ini pun akan membuat AC tidak menjadi dingin. Jika hal ini sudah terjadi, maka sebaiknya atasi terlebih dahulu hal yang membuat mesin mobil menjadi overheat.

  1. Kebocoran sistem AC mobil

Hal selanjutnya yang membuat AC sering mati sendiri adalah karena terjadinya kebocoran pada sistem AC. Entah pada bagian evaporator atau kondensor, juga bisa terjadi pada bagian sambungan seal O ring serta komponen lainnya. Maka bisa membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut mengenai kebocoran yang terjadi.

Baca Juga : mesin mobil mati saat ac dinyalakan

ac mobil tiba tiba mati sendiri

 

Mengatasi AC Mobil Tiba-Tiba Mati Sendiri

Nah itulah beberapa hal yang membuat ac mobil mati sendiri. Dengan mengetahui beberapa hal diatas, maka membuat anda bisa mengantisipasi terlebih dahulu. Salah satunya bisa dengan melakukan pengecekan komponen-komponen diatas. Akan tetapi jika AC mobil anda sudah terbilang mengkhawatirkan, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan membawanya ke bengkel. Namun pastikan untuk memilih bengkel terbaik dan berpengalaman, sehingga konsumen bisa mendapatkan hasil perbaikan seperti semula. Bengkel terbaik yang bisa mengatasi ac mobil mati sendiri adalah Dokter Mobil. Memiliki teknisi dan alat terbaik mampu memperbaiki AC mobil anda dengan baik dan harga terjangkau tentunya.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

Ac Mobil Tiba-tiba Mati Sendiri

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *