📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

AC Mobil Tidak Dingin? Jangan Salahkan Freon, Bisa Jadi Karena Ini

Sering kali pemilik mobil salah kaprah dengan tiba-tiba hilangnya suhu dingin dalam kabin mobil saat berjalan. Kebanyakan pemilik langsung menganggap bahwa freon AC yang terdapat pada mobil sudah habis atau berkurang. Padahal, penyebab AC tidak dingin atau kurang dingin secara tiba-tiba itu tak selalu disebabkan dari freon.

Lung Lung, pemilik Bengkel Dokter Mobil mengatakan, “tidak selalu penybab AC mobil tidak dingin atau kurang dingin, freon AC adalah satu satunya faktor penyebab yang dapat disalahkan. Jika suhu temperatur mesin naik atau Overheat secara tiba-tiba, otomatis AC mobil juga berdampak tidak dingin. Beliau mengatakan, hal itu disebabkan dari beberapa faktor, bisa jadi motor fan yang mati atau lemah, pempa air radiator yang tidak bekerja dengan baik, air radiator yang tidak mengandung coolant, atau radiator mesin yang mampet karena kotor.

ac mobil tiba tiba tidak dingin
Ac mobil tiba tiba tidak dingin

“Kalau tiba-tiba AC mobil tidak dingin, cek dulu fan radiatornya. Kalau tidak berfungsi atau mati kan temperatur mesin akan tinggi, dan ECU baca otomatis untuk perintahkan saluran listrik ke kompresor AC harus mati,” katanya saat ditemui VIVA.co.id di bengkel AC miliknya, Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Selain fan radiator, ada juga penyebab AC tidak dingin secara tiba-tiba saat mobil berjalan. Salah satunya komponen di dalam kompresor yang bermasalah. Sebab peranti ini mempunyai umur, kalau di Avanza kurang lebih 50.000 kilometer. Kalau sudah batas itu pasti ada gejalanya.

“Salah satu gejalanya, pada saat jalan lancar, AC normal tetap dingin, tapi pas jalanan macet magnetic clutch tak bekerja. Paling mudah biasanya orang sering memperhatikan ketika mesin mati dan AC dihidupkan lagi, pasti ada bunyi ‘tek’ atau rpm naik, kalau seperti itu berarti masih normal,” katanya.

Sambung dia, jika bunyi ‘tek’ itu hilang tentu magnetic clutch rusak, sebab komponen ini berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan kompresor dengan mengikuti gerakan mesin. Lanjut dia, selain itu filter kabin kotor menjadi penyebab AC tidak dingin dan umur filter biasanya di 25.000 kilometer.

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru

5 Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita

Sedang mencari Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita, disini kami akan memberikan pilihannya kepada anda. Tentu saja kami memberikan daftar dengan harga yang terjangkau, serta

Waspada! Ini 4 Bahaya Mobil Terobos Banjir

Selain merusak infrastruktur dan tempat tinggal, banjir dapat membahayakan kendaraan bermotor, termasuk mobil. Terobosan mobil melalui banjir tidak hanya menghadirkan risiko nyata bagi keselamatan pengemudi