📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Air AC Mobil Brio Menetes di Bawah Dashboard, Coba Cek Bagian-bagian Ini!

Air AC Mobil Brio Menetes di Bawah Dashboard

AC mobil Honda Brio merupakan jenis AC mobil single blower, sehingga komponennya tak begitu kompleks.

Namun, seringkali LCGC ini mengalami permasalahan di AC mobilnya, salah satunya masalah air AC mobil Brio menetes di bawah dashboard.

Bagaimana masalah ini bisa terjadi? Bagaimana cara mengatasinya? Cari tahu selengkapnya di sini!

Penyebab Air AC Mobil Brio Menetes di Bawah Dashboard

Air AC mobil Brio menetes di bawah dashboard tidak hanya mengganggu kenyamanan pengemudi dan penumpang, tetapi juga dapat merusak komponen elektronik yang sensitif di dalam mobil.

Berikut ini penyebab umum air AC mobil Brio yang menetes di bawah dashboard, serta solusi yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah ini.

1. Drainase AC yang Tersumbat

Salah satu penyebab umum air AC mobil Brio menetes di bawah dashboard adalah saluran drainase yang tersumbat.

Pada sistem AC mobil, saluran drainase dirancang untuk mengalirkan air yang dihasilkan oleh proses pendinginan AC ke luar kendaraan.

Namun, seiring waktu, saluran ini dapat terhalang oleh kotoran, daun, serpihan daun, atau debris lainnya. Akibatnya, aliran air menjadi terhambat, dan air AC bisa mencari jalan lain untuk keluar, termasuk menetes di bawah dashboard mobil Anda.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat membersihkan saluran drainase secara teratur. Caranya adalah dengan membuka kap mesin dan mencari saluran drainase di dekat unit evaporator AC.

Setelah menemukannya, bersihkan saluran tersebut dengan menggunakan alat pembersih saluran khusus atau dengan menggunakan tekanan udara untuk menghilangkan hambatan yang menghalangi aliran air.

Pastikan saluran drainase tetap bersih dan bebas dari hambatan agar air AC dapat mengalir dengan lancar.

2. Kondensator AC Rusak

Kondensator adalah komponen penting dalam sistem pendingin AC mobil. Kondensator bertugas mengubah gas refrigeran menjadi cairan sehingga dapat menciptakan pendinginan di dalam kabin mobil.

Namun, kondensator yang rusak atau bocor dapat menyebabkan masalah air AC mobil Brio menetes di bawah dashboard.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondensator AC rusak, seperti keausan, kebocoran, atau kerusakan akibat usia yang sudah tua.

Ketika kondensator bocor, air yang seharusnya dikondensasikan akan menumpuk dan akhirnya menetes ke dalam kabin mobil. Jika Anda menduga kondensator AC Anda rusak, segera periksa kondisi komponen tersebut.

Jika ditemukan kerusakan, sebaiknya segera ganti kondensator yang rusak dengan yang baru dan berkualitas.

3. Saluran Evaporator Bocor

Evaporator merupakan komponen lain dalam sistem AC mobil yang berperan dalam mendinginkan udara di dalam kabin.

Saluran evaporator adalah bagian penting yang menghubungkan evaporator dengan saluran drainase. Jika saluran evaporator bocor, air akan bocor ke dalam kabin mobil, termasuk air AC mobil Brio menetes di bawah dashboard.

Bocornya saluran evaporator dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti keausan, kerusakan mekanis, atau kebocoran akibat korosi.

Jika Anda menduga saluran evaporator bocor, sebaiknya segera periksakan ke bengkel terpercaya. Teknisi yang berpengalaman akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap sistem AC mobil Anda dan menentukan apakah saluran evaporator perlu diperbaiki atau diganti.

Tindakan perbaikan yang tepat dapat mencegah air AC yang menetes dan melindungi komponen-komponen sensitif di dalam mobil Anda.

4. Filter Udara Kotor

Filter udara dalam sistem AC berfungsi untuk menyaring udara dari partikel-partikel debu, kotoran, serbuk sari, dan polutan lainnya sebelum udara masuk ke dalam kabin mobil.

Jika filter udara kotor atau tersumbat, aliran udara yang masuk ke sistem AC akan terganggu. Hal ini dapat menyebabkan kondensasi berlebihan dan akhirnya menyebabkan air menetes di bawah dashboard mobil.

Penting untuk membersihkan atau mengganti filter udara secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Periksa filter udara Anda secara berkala dan pastikan tidak ada kotoran atau penyumbatan yang menghalangi aliran udara. Dengan menjaga filter udara dalam kondisi bersih, Anda dapat memastikan aliran udara yang optimal dan mencegah penumpukan kelembaban yang berlebihan.

5. Overcharged Refrigeran

Jumlah refrigeran yang berlebihan dalam sistem AC juga dapat menyebabkan masalah air AC yang menetes. Ketika terlalu banyak refrigeran digunakan, tekanan dalam sistem dapat meningkat secara abnormal.

Hal ini dapat menyebabkan kondensasi berlebihan dan akhirnya menyebabkan air AC mobil Brio menetes di bawah dashboard mobil.

Untuk menghindari masalah ini, penting untuk selalu menggunakan jumlah refrigeran yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Jika Anda mencurigai adanya overcharged refrigeran, segera periksakan ke bengkel yang berpengalaman untuk mengatasi masalah tersebut.

Teknisi akan melakukan pemeriksaan sistem AC secara menyeluruh dan menyesuaikan jumlah refrigeran agar sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan.

6. Solusi dan Tindakan Pencegahan

Jika Anda mengalami masalah air AC yang menetes di bawah dashboard Honda Brio Anda, berikut adalah beberapa solusi dan tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan:

Bersihkan saluran drainase secara teratur untuk mencegah tersumbatnya saluran oleh kotoran atau debris.

Periksa dan ganti kondensator AC jika ditemukan kerusakan atau kebocoran.

Periksakan ke bengkel terpercaya jika Anda menduga saluran evaporator bocor.

Pastikan filter udara dalam kondisi bersih dan bekerja dengan baik.

Selalu gunakan jumlah refrigeran yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Dengan mengambil tindakan pencegahan yang tepat dan melakukan perawatan yang rutin, Anda dapat mengurangi kemungkinan air AC mobil Brio Anda menetes di bawah dashboard.

Jaga kebersihan saluran drainase, periksa kondisi kondensator dan saluran evaporator secara berkala, serta lakukan penggantian filter udara sesuai jadwal yang ditetapkan.

Selain itu, pastikan pengisian refrigeran dilakukan dengan jumlah yang tepat sesuai dengan petunjuk pabrikan.

Dengan perhatian dan perawatan yang baik, sistem AC mobil Brio Anda akan berfungsi dengan baik dan menghindari masalah air yang menetes di bawah dashboard.

PROMO SERVICE AC MOBIL 99 RIBU DI BENGKEL AC MOBIL DOKTER MOBIL

Soal perawatan AC mobil (kabar baiknya bagi yang berdomisili di Jakarta dan Surabaya), Dokter Mobil Kelapa Gading, Dokter Mobil Kelapa Gading 2, dan Dokter Mobil Lontar bisa Anda tuju karena menghadirkan promo service AC mobil hanya Rp 99 RIBU!

Promo ini berlaku hanya dari Minggu hingga Jumat untuk 10 mobil per-hari saja. Jadi pastikan untuk segera pesan sebelum slot-nya kehabisan.

Pemesanan bisa Anda lakukan dengan cepat via WhatsApp di 0877-7760-0371 (atau hubungi di sini).

Karena soal kualitas dan kredibilitas sebagai bengkel spesialis AC mobil, Dokter Mobil memiliki beragam keunggulan yang tak bisa Anda peroleh di bengkel mobil lainnya, seperti:

  • Reputasi kuat sebagai bengkel spesialis AC mobil sejak 2015.
  • Memiliki 28 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Penggunaan peralatan canggih terkini, SOP sistematis, dan teknisi yang ahli.
  • Mengantongi sertifikasi ISO 9001:2015 Quality Management System.
  • FREE General Checkup hingga di 32 titik.
  • Jaminan garansi di seluruh cabang Dokter Mobil di Indonesia.

Ingin coba langsung service AC mobil di Dokter Mobil untuk atasi masalah pipa AC mobil Brio menetes di bawah dashboard dengan harga yang kompetitif, berikut beberapa titik lokasi cabang Dokter Mobil yang bisa Anda tuju:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Jadi apapun persoalan AC mobil Anda—termasuk air AC mobil Brio menetes di bawah dashboard, di Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru

5 Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita

Sedang mencari Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita, disini kami akan memberikan pilihannya kepada anda. Tentu saja kami memberikan daftar dengan harga yang terjangkau, serta

Waspada! Ini 4 Bahaya Mobil Terobos Banjir

Selain merusak infrastruktur dan tempat tinggal, banjir dapat membahayakan kendaraan bermotor, termasuk mobil. Terobosan mobil melalui banjir tidak hanya menghadirkan risiko nyata bagi keselamatan pengemudi