📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Tips! Cara Cek Kompresor AC Mobil Kamu yang Mengalami Kebocoran

cara cek kompresor ac mobil bocor

Saat Kamu memiliki mobil, menjaga kondisi AC merupakan hal yang penting.

Salah satu masalah umum yang bisa terjadi pada AC mobil adalah kebocoran pada kompresornya.

Cara Cek Kompresor AC Mobil Bocor

Keberadaan kompresor AC sangat krusial dalam menjaga kesejukan udara di dalam mobil.

Ada beberapa panduan lengkap tentang cara cek kompresor AC mobil bocor, agar Kamu lebih paham dan siap menghadapi masalah tersebut.

Ciri-Ciri Kompresor AC Rusak

Ketika kompresor AC mobil mengalami kerusakan atau kebocoran, ada beberapa ciri-ciri yang bisa Kamu perhatikan:

  1. Udara Tidak Dingin Seperti Biasa

Salah satu tanda utama kompresor AC bocor adalah udara yang keluar tidak sejuk seperti biasanya. Jika Kamu merasakan perbedaan suhu yang signifikan, kemungkinan ada masalah pada kompresor.

  1. Bunyi Berisik Saat AC Menyala

Jika Kamu mendengar suara aneh atau berisik saat AC mobil dinyalakan, ini bisa menjadi indikasi bahwa kompresor mengalami kerusakan.

  1. Bocor di Sekitar Kompresor

Cek area sekitar kompresor AC mobil, apakah ada tanda-tanda kelembapan atau bocoran. Jika ada, kemungkinan besar kompresor perlu diperiksa lebih lanjut.

Baca Juga: Kompresor AC Mobil Mati Tapi Kipas Hidup, Ada Masalah?

Bagaimana Jika Kompresor AC Mobil Rusak

Jika Kamu mendapati kompresor AC mobil mengalami kerusakan atau kebocoran, berikut langkah-langkah yang bisa Kamu ambil:

  1. Matikan AC dan Mobil

Pertama-tama, matikan AC dan mobil Kamu. Ini akan mencegah kerusakan lebih lanjut pada sistem AC dan mengurangi risiko kebocoran yang lebih parah.

  1. Periksa Kondisi Kompresor

Cek kondisi fisik kompresor AC, apakah terlihat basah atau berminyak. Jika ada kebocoran yang jelas terlihat, segera hubungi teknisi AC mobil untuk perbaikan.

  1. Hindari Penggunaan AC Berlebihan

Hindari penggunaan AC berlebihan sebelum kompresor diperbaiki. Ini akan membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada sistem pendinginan.

Berapa Lama Umur Kompresor AC Mobil

Kompresor AC mobil umumnya memiliki umur pakai yang bervariasi tergantung pada perawatan dan penggunaan.

Namun, rata-rata umur kompresor AC mobil berkisar antara 8 hingga 12 tahun. Penting untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan rutin agar umur kompresor tetap optimal.

Cara Cek Kompresor AC Mobil yang Bocor

Berikut cara cek kompresor AC mobil yang bocor yang wajib diketahui agar dapat mengatasi masalah AC mobil Kamu dengan cepat.

  1. Persiapan

Sebelum memulai, pastikan mobil berada di tempat yang aman dan AC telah dimatikan selama beberapa jam untuk mendinginkan.

  1. Periksa Tanda-tanda Kebocoran

Perhatikan tanda-tanda fisik kebocoran, seperti tetesan cairan di bawah mobil saat AC dinyalakan. Jika Kamu melihat tanda-tanda ini, kemungkinan ada kebocoran pada sistem AC.

  1. Periksa Kondisi Pipa dan Selang

Periksa pipa dan selang AC secara visual. Cari tanda-tanda kelembapan, korosi, atau kerusakan pada permukaan. Ini bisa menjadi petunjuk awal mengenai lokasi kebocoran.

  1. Gunakan Detektor Kebocoran

Kamu juga dapat menggunakan detektor kebocoran UV khusus yang akan membantu melacak sumber kebocoran dengan lebih akurat.

Cukup tambahkan zat pewarna ke sistem AC dan gunakan lampu UV untuk menemukan area yang bocor.

  1. Periksa Kompresor AC

Perhatikan kompresor AC itu sendiri. Periksa apakah ada tanda-tanda kelembapan atau kerusakan pada bagian kompresor. Jika menemukan tanda-tanda ini, kemungkinan besar kompresor mengalami kebocoran.

  1. Panggil Teknisi Profesional

Jika Kamu tidak yakin atau tidak memiliki pengetahuan tentang perbaikan AC mobil, lebih baik memanggil teknisi profesional. Mereka dapat mendiagnosis dengan tepat dan memperbaiki kebocoran dengan aman.

Service AC Mobil Kamu di Dokter Mobil

Bingung mencari bengkel spesialis AC mobil? Service AC mobil secara berkala di bengkel Dokter Mobil adalah pilihan yang tepat!

Teknisi Dokter Mobil dapat memberikan solusi terbaik untuk permasalahan AC mobil Kamu

Ditambah dukungan dari teknologi canggih yang dapat mengatasi permasalahan AC mobil Kamu sampai kesela tersulit sekali pun!

Dokter Mobil telah mengatasi berbagai permasalahan AC mobil di seluruh daerah Indonesia selama 15 tahun lamanya!

Kamu juga tidak perlu kesulitan dengan jarak yang jauh untuk berkunjung ke Dokter Mobil, karena Dokter Mobil memiliki 28 cabang tersedekat dengan lokasi Kamu.

Dokter Mobil Kelapa Gading juga telah mengantongi standar internasional dengan mengantongi ISO 9001:2015 Quality Management System.

Membuktikan bahwa setiap layanan yang diberikan oleh Dokter Mobil Kelapa Gading memang sudah terjamin mutunya.

Yuk langsung lakukan reservasi melalui WhatsApp Dokter Mobil agar Kamu tidak perlu mengalami antrian yang berkepanjangan dan Kamu juga akan dibantu diarahkan ke cabang terdekat dengan titik lokasi Kamu.

Dengan lakukan reservasi melalui WhatsApp Dokter Mobil Kamu juga akan mendapatkan Kejutan promo yang tak terduga lho!

Di Dokter Mobil semua permasalahan AC pasti beres! Ga beres? Gratis!

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru