📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Cara Melepas Kisi-kisi AC Mobil Avanza dengan Tepat

Cara Melepas Kisi-kisi AC Mobil Avanza dengan Tepat

Ada kalanya AC mobil Avanza mengalami masalah, seperti aliran udara yang tidak optimal atau bahkan tidak keluar sama sekali. Salah satu penyebab masalah ini adalah kisi-kisi AC yang kotor dan tersumbat.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara melepas kisi-kisi AC mobil Avanza Anda agar dapat membersihkannya secara teratur. Simak caranya di sini!

Cara Melepas Kisi-kisi AC Mobil Avanza

Cara melepas kisi-kisi AC mobil Avanza perlu beberapa peralatan dan kiat-kiat, diantaranya sebagai berikut:

  1. Persiapan dan Perangkat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses cara melepas kisi-kisi AC Avanza, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Pastikan Anda telah menyiapkan semua perangkat yang diperlukan agar pekerjaan berjalan lancar.

Beberapa alat dan perlengkapan yang akan Anda butuhkan adalah kunci soket, obeng, lap bersih, cairan pembersih, kuas lembut, dan sarung tangan.

Pastikan juga untuk bekerja di area yang memiliki pencahayaan yang baik dan ventilasi yang cukup. Jika perlu, gunakan lampu tambahan atau penerangan lainnya agar Anda dapat melihat dengan jelas saat bekerja di bawah dasbor.

  1. Matikan Mesin dan Cabut Koneksi Listrik

Sebelum melakukan cara melepas kisi-kisi AC mobil Avanza, pastikan Anda telah mematikan mesin dan mencabut koneksi listriknya.

Hal ini sangat penting untuk mencegah risiko kejutan listrik yang dapat membahayakan keselamatan Anda saat sedang bekerja dengan komponen elektronik ketika lakukan cara melepas kisi-kisi AC mobil.

Caranya, putar kunci kontak ke posisi mati dan pastikan semua perangkat listrik pada mobil juga dimatikan.

Selain itu, pastikan Anda tidak menyentuh bagian yang terhubung dengan listrik selama proses melepas kisi-kisi AC.

  1. Akses Kisi-kisi AC

Kisi-kisi AC pada mobil Avanza biasanya terletak di bagian depan dasbor, tepat di bawah kaca depan.

Untuk cara melepas kisi-kisi Ac mobil Avanza, Anda perlu membuka bagian bawah dasbor atau mengeluarkan panel tertentu. Setiap mobil mungkin memiliki metode akses yang sedikit berbeda, tergantung pada model dan tahunnya.

Anda bisa merujuk pada buku manual Avanza Anda untuk memahami proses akses kisi-kisi AC dengan lebih rinci.

Jika Anda merasa kesulitan atau tidak yakin, sebaiknya minta bantuan dari mekanik terpercaya untuk melakukan langkah-langkah ini.

  1. Lepaskan Baut atau Klip Pengikat

Setelah Anda berhasil mengakses kisi-kisi AC, Anda akan melihat bahwa kisi-kisi tersebut diikat dengan baut atau klip pengunci.

Untuk cara melepas kisi-kisi AC mobil Avanza, gunakan kunci soket atau alat yang sesuai. Pastikan untuk meletakkan baut atau klip pengikat di tempat yang aman agar tidak hilang.

Sebelum melepas baut atau klip, pastikan Anda telah mengenakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda dari kotoran atau bagian yang berpotensi tajam.

Lakukan langkah ini dengan hati-hati dan pastikan tidak ada benda asing yang masuk ke dalam lubang atau sela kisi-kisi AC.

  1. Keluarkan Kisi-kisi AC

Setelah baut atau klip pengikat dilepaskan, Anda dapat dengan hati-hati menarik kisi-kisi AC keluar dari tempatnya.

Namun, Anda perlu berhati-hati agar tidak merusak kisi-kisi atau bagian lain di sekitarnya. Jika kisi-kisi terasa macet atau sulit untuk dikeluarkan, jangan menariknya dengan paksa.

Periksa kembali apakah ada baut atau klip pengikat yang terlewat atau masih terpasang.

Saat menarik kisi-kisi keluar, perhatikan juga apakah ada kotoran atau debu yang menempel. Jika ada, Anda dapat membersihkannya dengan kuas lembut sebelum melakukan pembersihan yang lebih menyeluruh.

  1. Bersihkan Kisi-kisi AC

Sekarang kisi-kisi AC telah dilepas, waktunya untuk membersihkannya. Debu, kotoran, dan serbuk sari dapat menumpuk pada kisi-kisi AC dari penggunaan sehari-hari.

Kotoran yang menumpuk ini dapat menghambat aliran udara yang keluar dari AC, sehingga mengurangi efisiensi pendinginan mobil Anda.

Untuk membersihkan kisi-kisi AC, Anda bisa menggunakan kuas lembut dan lap bersih yang telah dibasahi dengan cairan pembersih.

Pastikan Anda membersihkan setiap sudut dan sela kisi-kisi secara menyeluruh. Bekerjalah dengan hati-hati agar tidak merusak kisi-kisi atau merusak bagian lain dari sistem AC.

Jika kisi-kisi AC sangat kotor dan sulit dibersihkan dengan metode sederhana, Anda juga bisa menggunakan alat semprot bertekanan rendah untuk membersihkannya.

Namun, pastikan Anda menggunakan alat semprot ini dengan hati-hati agar tidak merusak kisi-kisi atau menyebabkan kerusakan pada komponen lain di sekitarnya.

  1. Pasang Kembali Kisi-kisi AC

Setelah kisi-kisi AC dibersihkan dengan baik, kembalikan kisi-kisi tersebut ke posisinya semula. Pastikan kisi-kisi terpasang dengan baik dan kencang menggunakan baut atau klip pengikat yang sebelumnya telah dilepas.

Pastikan juga tidak ada bagian yang kurang pas atau terjepit saat memasang kisi-kisi AC kembali.

Jika Anda merasa kesulitan saat memasang kembali kisi-kisi, periksa kembali buku manual kendaraan Anda untuk memastikan langkah-langkahnya.

Jika Anda merasa tidak percaya diri atau tidak yakin apakah kisi-kisi telah dipasang dengan benar, sebaiknya minta bantuan dari mekanik terpercaya untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar.

  1. Uji Sistem AC

Setelah selesai memasang kembali kisi-kisi AC, saatnya untuk menguji sistem AC mobil Anda. Hidupkan mesin dan nyalakan AC dengan pengaturan yang sesuai.

Pastikan bahwa aliran udara yang keluar dari AC sudah optimal dan suhu udara yang dihasilkan sudah sesuai dengan pengaturan yang Anda pilih.

Selama pengujian, perhatikan apakah ada perbedaan dalam kinerja AC setelah membersihkan kisi-kisi.
Jika Anda merasa bahwa aliran udara menjadi lebih baik dan pendinginan lebih efisien, berarti langkah-langkah yang Anda lakukan telah berhasil.

Cara melepas kisi-kisi AC mobil Avanza untuk pembersihan AC mobil memang butuh kejelian dan ketelatenan tingkat tinggi. Itulah mengapa tak semua orang bisa melakukannya.

Agar tak terjadi kerusakan saat lakukan cara melepas kisi-kisi AC mobil Avanza saat akan pembersihan, Anda bisa percayakan pada ahlinya di Dokter Mobil.

Apalagi kini Dokter Mobil sedang hadir promo cuci AC mobil + isi freon AC mobil hanya Rp 169 RIBU!

DISKON HEMAT CUCI AC + ISI FREON AC MOBIL AVANZA CUMA 169 RIBU

Promo ini berlaku di cabang Dokter Mobil Kelapa Gading, Dokter Mobil Kelapa Gading 2, dan Dokter Mobil Lontar – Surabaya, hanya dari Minggu hingga Jumat untuk 10 mobil per-hari saja. Jadi pastikan Anda segera pesan sebelum ketinggalan.

Caranya sangat mudah, cukup isi form reservasi di sini.

Anda juga bisa datang langsung ke cabang-cabang terkait. Berikut titik-titik lokasi ketiga cabang yang bisa Anda kunjungi:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Karena sebagai bengkel spesialis AC mobil terpercaya sejak 2015, kualitas Dokter Mobil dalam menangani berbagai permasalahan AC mobil jelas sudah tak perlu diragukan.

Bahkan setiap layanan di Dokter Mobil diberikan masa garansi yang bisa Anda klaim di seluruh cabang Dokter Mobil tanpa terkecuali, selama masa garansi masih berlaku.

Jadi apapun permasalahan AC mobilnya, di Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru

5 Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita

Sedang mencari Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita, disini kami akan memberikan pilihannya kepada anda. Tentu saja kami memberikan daftar dengan harga yang terjangkau, serta

Waspada! Ini 4 Bahaya Mobil Terobos Banjir

Selain merusak infrastruktur dan tempat tinggal, banjir dapat membahayakan kendaraan bermotor, termasuk mobil. Terobosan mobil melalui banjir tidak hanya menghadirkan risiko nyata bagi keselamatan pengemudi