📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Cara Membersihkan AC Mobil Double Blower: Biar Bersih!

Cara Membersihkan AC Mobil Double Blower

AC mobil yang berfungsi dengan baik sangat penting untuk menjaga kenyamanan saat berkendara. Salah satu komponen krusial yang harus diperhatikan adalah sistem pendinginan atau AC. AC mobil double blower merupakan jenis AC yang banyak digunakan pada kendaraan masa kini. Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membersihkan AC mobil double blower agar dapat berfungsi optimal dan tahan lama.

Mengapa Membersihkan AC Mobil Double Blower Penting?

Sebelum kita membahas cara membersihkan AC mobil double blower, penting untuk memahami mengapa cara membersihkan AC mobil double blower itu penting. Berikut adalah beberapa alasan mengapa perawatan AC mobil sangat diperlukan:

  1. Menjaga Kualitas Udara di Dalam Mobil

AC mobil yang kotor dapat menjadi sarang bagi debu, kuman, serbuk sari, dan alergen lainnya. Udara yang tercemar di dalam mobil dapat mempengaruhi kesehatan pengemudi dan penumpang, terutama bagi mereka yang memiliki alergi atau masalah pernapasan. Dengan cara membersihkan AC mobil double blower secara teratur, Anda dapat meningkatkan kualitas udara di dalam mobil Anda, sehingga mengurangi risiko alergi dan masalah pernapasan.

  1. Meningkatkan Efisiensi Sistem Pendinginan

Kotoran dan debu yang menumpuk pada evaporator AC dapat menghambat aliran udara, menyebabkan AC bekerja lebih keras dan kurang efisien. Saat AC bekerja dengan optimal, suhu di dalam mobil dapat lebih cepat menjadi dingin. Dengan cara membersihkan AC mobil double blower secara teratur, Anda dapat menghilangkan kotoran yang menghambat aliran udara, sehingga meningkatkan efisiensi sistem pendinginan mobil Anda.

  1. Mencegah Bau Tidak Sedap

AC mobil yang jarang dibersihkan atau tidak terawat dengan baik dapat mengeluarkan bau tidak sedap. Bau tersebut bisa disebabkan oleh kuman, jamur, atau kelembaban yang berlebihan. Lakukan cara membersihkan AC mobil double blower secara berkala dapat menghilangkan bau tidak sedap dan menjaga kesegaran udara di dalam mobil.

Baca Juga: AC Mobil Bau Saat Baru Dinyalakan? Ternyata Ini Penyebabnya

Persiapan Sebelum Membersihkan AC Mobil Double Blower

Sebelum Anda memulai proses cara membersihkan AC mobil double blower, pastikan untuk menyiapkan beberapa alat dan bahan berikut:

  • Kain Bersih dan Lembut

Anda akan membutuhkan kain bersih dan lembut untuk membersihkan komponen AC, seperti evaporator dan kisi-kisi.

  • Kuas Kecil

Kuas kecil sangat berguna untuk membersihkan saringan udara dan menghilangkan debu atau kotoran yang menempel.

  • Selang Air atau Semprotan Bertekanan Rendah

Selang air dengan tekanan rendah atau semprotan bertekanan rendah bisa digunakan untuk membersihkan bagian evaporator dan komponen lainnya yang sulit dijangkau.

  • Cairan Pembersih AC Khusus

Pastikan Anda menggunakan cairan pembersih AC yang direkomendasikan oleh produsen mobil atau cairan pembersih AC khusus yang aman untuk digunakan pada sistem pendinginan mobil.

  • Sarung Tangan dan Masker Pelindung

Untuk melindungi tangan dan pernapasan Anda, gunakan sarung tangan dan masker pelindung saat membersihkan AC mobil double blower.

Pastikan Anda mempersiapkan semua alat dan bahan ini sebelum memulai proses pembersihan AC mobil double blower.

Langkah-langkah Membersihkan AC Mobil Double Blower

Agar Anda bisa lebih memahami bagaimana cara membersihkan AC mobil double blower, berikut ada beberapa tahapan atau langkah-langkah yang bisa diterapkan:

  • Langkah 1: Matikan Mesin Mobil dan Buka Kap Mesin

Sebelum memulai pembersihan, pastikan mesin mobil dalam keadaan mati dan kunci kontak sudah dikeluarkan. Ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau cedera saat membersihkan AC. Setelah itu, buka kap mesin mobil untuk mendapatkan akses ke unit evaporator AC.

  • Langkah 2: Bersihkan Saringan Udara

Saringan udara adalah komponen yang penting untuk membersihkan udara sebelum masuk ke dalam sistem AC. Untuk membersihkannya, lepaskan saringan udara dari kotak filter dan cuci dengan air bersih atau gunakan kuas kecil untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Pastikan saringan udara kering sebelum dipasang kembali.

  • Langkah 3: Bersihkan Evaporator

Evaporator adalah komponen utama dalam AC mobil double blower. Untuk membersihkannya, gunakan semprotan bertekanan rendah atau selang air untuk membersihkan bagian evaporator secara menyeluruh. Pastikan Anda menyemprotkan air secara perlahan agar tidak merusak komponen dalam. Setelah itu, gunakan cairan pembersih AC khusus dengan mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan. Oleskan cairan pembersih pada permukaan evaporator dan biarkan selama beberapa menit agar kotoran dan debu larut.

  • Langkah 4: Keringkan dan Pasang Kembali Komponen

Setelah proses pembersihan selesai, pastikan evaporator benar-benar kering sebelum dipasang kembali. Pastikan juga semua komponen lainnya, seperti kisi-kisi dan penutup, dalam keadaan bersih sebelum dipasang kembali. Pasang kembali semua bagian dengan hati-hati dan pastikan semuanya terpasang dengan benar sesuai dengan petunjuk produsen.

Ribet Bersikan Sendiri? Cuci AC Mobil di Dokter Mobil Aja!

Meski sudah paham betapa pentingnya mengetahui cara membersihkan AC mobil double blower, jelas tak semua orang punya waktu atau tenaga untuk bisa lakukan cara membersihkan AC mobil double blower sendiri. Sehingga agar lebih ringkas untuk dapatkan hasil yang akurat dan instan, bawa ke Dokter Mobil untuk cuci AC mobil adalah satu cara yang bisa dilakukan.

Hadir sebagai bengkel spesialis AC mobil terbaik dan terpercaya di Indonesia, layanan cuci AC mobil di Dokter Mobil merupakan pionir cuci AC mobil tanpa bongkar di Indonesia. Dengan peralatan canggih, teknisi ahli, dan SOP sistematis, jelas cuci AC mobil tanpa bongkar ini bisa bersih maksimal tanpa tinggalkan kotoran dan noda sedikitpun.

Sudah resmi mengantongi sertifikasi ISO 9001:2015 Quality Management System dan memiliki masa garansi yang bisa diklaim di seluruh cabang Dokter Mobil di Indonesia, mensyaratkan bahwa layanan cuci AC mobil tanpa bongkar di Dokter Mobil begitu terpercaya kualitasnya.

Tertarik coba langsung layanan cuci AC mobil double blower tanpa bongkar di Dokter Mobil? Beberapa titik lokasi cabang Dokter Mobil ini bisa dengan mudah Anda tuju:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Pastikan untuk lakukan reservasi agar Anda bisa langsung dapatkan penanganan tanpa harus menunggu antrean.

Proses reservasinya pun sangat mudah, Anda cukup menghubungi Dokter Mobil dengan cara klik tombol reservasi di bawah ini!

Kesimpulan

Laukan cara membersihkan AC mobil double blower secara teratur adalah langkah penting untuk menjaga kualitas udara di dalam mobil Anda dan meningkatkan efisiensi sistem pendinginan. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami jelaskan, Anda dapat dengan mudah membersihkan AC mobil double blower secara efektif. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk merawat AC mobil Anda secara berkala agar tetap berfungsi optimal dan memberikan kenyamanan selama perjalanan.

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/