Panduan lengkap cara mengatasi AC mobil bau dengan mudah dan cepat

Cara Mengatasi AC Mobil Bau dengan Mudah dan Cepat

Ada beberapa cara mengatasi AC mobil bau yang efektif dan praktis. Namun tidak banyak orang yang belum mengetahui bagaimana caranya. Artikel berikut semoga dapat menjadi wadah informasi yang tepat.

Sebelum membahas cara, sebaiknya mempelajari juga beberapa hal seperti:

  • Cara mencari penyebab AC mobil bau
  • Bagaimana mencegah kembalinya masalah serupa.

Dengan demikian, solusi lebih mudah dilakukan. Dan apa yang sudah kita lakukan tidak berakhir sia-sia. Nah sebelum mempelajari penyebab dan cara mencegah munculnya masalah ini, sebaiknya anda juga tahu beberapa hal terutama menyangkut tanda dari masalah AC mobil bau ini.

Masalah AC mobil bau merupakan pertanda adanya hal yang tidak beres. Jika tidak diselesaikan dengan baik, yang menjadi korban adalah mobil, dan kesehatan penumpang di dalamnya.

Lihat Juga: Cara Mudah Memperbaiki AC Mobil yang Tidak Dingin

Adanya bau ini bisa menjadi tanda AC mobil sudah kotor, adanya masalah kelistrikan di mobil, adanya kebocoran dan kerusakan di part AC ataupun komponen mobil lainnya.

Penyebab AC Mobil Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

Ada beberapa penyebab AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap yang perlu anda ketahui. Penyebabnya antara lain adalah:

  • Evaporator AC Mobil yang Kotor
  • Kebocoran freon AC mobil
  • Kompresor AC mobil yang kelebihan oli
  • Masuknya kotoran ke dalam kompresor AC mobil
  • Dan adanya kotoran di blower AC mobil

Sebenarnya, masih ada beberapa penyebab lain AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap. Namun kelima sebab di atas merupakan sebab utama.

Cara Mengatasi AC Mobil Bau dengan Mudah dan Cepat

Ada beberapa solusi efektif yang bisa anda lakukan. Namun pastikan anda melakukannya dengan baik, tepat, dan aman. Solusi tersebut antara lain adalah:

  • Flushing AC Mobil

    Jika penyebab bau AC mobil karena adanya kotoran di kompresor AC, flushing AC merupakan jawabannya. Selain itu, flushing juga dapat mengatasi bau yang diakibatkan tercemarnya freon AC mobil.

  • Cuci AC Mobil

    Blower AC, evaporator, dan beberapa komponen lain seringkali sudah kotor. Kotoran inilah yang menjadi penyebab AC mobil menghasilkan bau tidak sedap. Oleh sebab itu, mencuci adalah solusi terbaik untuk anda.Namun ada beberapa komponen yang tidak bisa sekedar dicuci, namun perlu diganti. Contohnya adalah evaporator yang sudah terlalu kotor dan berkarat, juga filter AC (karena bahannya terbuat dari kertas).

  • Fogging AC Mobil

    Pengasapan atau fogging adalah solusi lain dalam menghilangkan bau di dalam mobil. Di Dokter Mobil ada fogging yang tidak hanya menghilangkan bau, namun juga membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Itulah beberapa cara mengatasi AC mobil bau menyengat yang bisa anda lakukan. Yang pasti anda harus terus menjaga kebersihan di dalam mobil anda. Selain mencegah bau muncul, juga menjaga kesehatan anda dan penumpang lainnya.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts