📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Langkah dan Cara Mengatasi AC Mobil Bau dengan Mudah

Cara Mengatasi AC Mobil Bau dengan Mudah dan Tepat

Hindari menyemprot parfum sebagai solusi dan cara mengatasi AC mobil bau. Pastikan untuk terlebih dahulu menyelesaikan sumber masalah. Banyak sekali pemilik mobil yang ketika merasa AC mobilnya bau, langsung menyemprot parfum. Padahal tindakan ini sangat berbahaya?

Mengapa menyemprot parfum menjadi tindakan berbahaya?

Pada dasarnya AC mobil keluar bau merupakan tanda atau indikator adanya masalah pada sistem AC mobil. Adanya bau dari AC mobil menjadi tanda bahwa ada hal tidak beres dan bisa membahayakan keselamatan penumpang mobil. Bagaimana cara mengatasi masalah ini dengan baik dan benar?

5 Cara Mengatasi AC Mobil Bau

Pada dasarnya masalah bau ini harus segera diatasi. Jangan nekat membawa mobil yang AC nya mengeluarkan bau. Bau yang muncul ini bisa berasal dari kotoran di dalam saluran AC mobil. Bisa juga bau muncul karena ada kebocoran freon. Darimanapun sumber bau tersebut, kesehatan anda menjadi taruhannya.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah bau di AC mobil, ada beberapa langkah untuk mengatasinya. Langkah tersebut adalah dengan:

  1. Cari Sumber Bau

    Sumber bau bisa berasa dari kebocoran freon, dari kotoran dan lendir di dalam saluran AC mobil, bisa juga dari kotoran dan bangkai hewan yang terjebak dekat blower.Sangat penting untuk terlebih dahulu mencari sumber bau. Karena jika sumber bau tidak dicari, maka penangannya hanya efektif dalam beberapa hari. Setelah itu, bau akan muncul kembali.

  2. Bersihkan Kotoran yang Ada

    Jika sumber bau telah dicari, dan ternyata AC mobil bau karena ada kotoran, maka kotoran itu bisa dibersihkan. Caranya adalah dengan melakukan cuci AC mobil.Ada beberapa komponen AC mobil yang kerap jadi sumber bau. Beberapa komponen tersebut di antaranya adalah evaporator AC mobil, filter AC mobil, dan blower AC mobil. Pastikan untuk mengecek seluruh komponen secara menyeluruh. Karena sumber bau bisa terjadi pada lebih dari satu komponen.

  3. Cek Ada Tidaknya Kebocoran AC Mobil

    Bau bisa jadi merupakan efek adanya kebocoran freon. Jika dibiarkan, penumpang di dalam mobil dapat merasa cepat lelah, mual, pusing, bahkan muntah-muntah.

    Ciri adanya kebocoran freon ini biasanya adalah AC mobil menjadi bau dan terasa tidak dingin. Jika kebocoran yang terjadi, maka cara mengatasi AC mobil bau adalah dengan mengganti part yang bocor tersebut. Menambal part yang bocor biasanya kurang efektif karena kebocoran-kebocoran baru akan muncul kembali.

  4. Lakukan Pemfoggingan

    Bukan cuma bau yang menjadi ancaman ba. Adanya kuman, virus, jamur, dan bakteri bisa menjadi ancaman nyata. Pembersihan AC mobil saja tidak cukup untuk melenyapkan kuman, virus, jamur di dalam sistem AC mobil. Lantas apa solusinya?

    Pemfoggingan bisa menjadi solusi. Fogging adalah solusi untuk menyingkirkan AC dan kabin mobil dari bahaya seperti virus, jamur, kuman, dan mikroorganisme jahat lainnya. Selain pemfoggingan, penyemprotan CDC64 juga sangat penting untuk memastikan ruangan di dalam mobil menjadi steril dan tidak lagi dapat ditempati oleh mikroorganisme jahat.

  5. Mulai Memperhatikan Kebersihan AC Mobil

    Munculnya bau pada sistem AC mobil biasanya disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti jarang melakukan perawatan AC mobil. Juga kebiasaan-kebiasaan buruk seperti sering membuka jendela mobil terlalu lama, sering makan dan minum di dalam mobil, maupun merokok di dalam mobil.

    Oleh karena itu, mulailah untuk lebih rutin melakukan perawatan AC mobil. Cobalah juga untuk lebih menjaga kebersihan AC mobil. Hindari hal-hal yang menjadi sumber masuknya kotoran ke dalam sistem AC mobil.

Pada intinya, cuci AC mobil menjadi solusi dan cara ampuh untuk mengatasi dan menghilangkan bau di AC mobil. Namun kerap kali bau tidak bisa dihilangkan sendiri, melainkan membutuhkan jasa profesional. Hal ini terjadi karena beberapa solusi hanya dimiliki oleh profesional. Misalnya menghilangkan lendir penyebab bau yang ada di kompresor AC mobil. Lendir ini hanya bisa dihilangkan dengan menggunakan mesin berteknologi flushing.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi cara mengatasi AC mobil bau yang dengan mudah bisa anda lakukan sendiri. Namun jika anda ingin mendapatkan tenaga profesional untuk mengatasi masalah ini, Dokter Mobil siap menjadi solusi dan jawabannya. Silahkan menghubungi team Dokter Mobil melalui chat yang ada di pojok kanan bawah artikel ini.

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/