📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Berikut 15 Tips Untuk Merawat AC Mobil Ertiga Anda!

AC mobil adalah salah satu fitur penting yang membuat perjalanan Anda nyaman, terutama saat berkendara di tengah cuaca panas. AC mobil Ertiga merupakan salah satu sistem pendingin udara yang umum digunakan di mobil-mobil Suzuki Ertiga.

Merawat AC Mobil Ertiga

Namun, seperti halnya komponen lainnya, AC mobil juga membutuhkan perawatan yang baik agar tetap berfungsi dengan optimal. Dalam artikel ini, DokterMobil.co.id akan memberikan panduan lengkap tentang cara merawat AC mobil Ertiga Anda agar dapat menjaga kinerjanya dan memberikan udara dingin yang menyegarkan.

1. Mengapa Merawat AC Mobil Ertiga Penting?

Merawat AC mobil Ertiga secara teratur adalah langkah yang sangat penting untuk menjaga kinerja dan umur panjang sistem pendingin udara. Perawatan yang baik akan mengurangi risiko kerusakan dan biaya perbaikan yang mahal. Selain itu, AC mobil yang bekerja dengan baik juga akan memberikan udara segar dan menyehatkan saat Anda berkendara.

2. Periksa Filter Udara secara Berkala

Filter udara AC mobil berfungsi untuk menyaring debu, kotoran, dan partikel kecil lainnya yang dapat masuk ke dalam sistem AC. Filter yang kotor dapat menyebabkan penurunan kualitas udara yang dihasilkan oleh AC. Oleh karena itu, periksalah dan bersihkan filter udara secara berkala untuk menjaga kinerjanya. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

– Matikan mesin mobil dan buka kap bagian depan.
– Temukan lokasi filter udara AC di dalam kap depan.
– Lepaskan filter udara dari tempatnya.
– Periksa kondisi filter, jika kotor, bersihkan dengan lembut atau ganti dengan filter yang baru.
– Pasang kembali filter dengan benar dan rapatkan kembali kap depan.

3. Cek Kondisi Kompresor AC

Kondisi kompresor AC yang baik sangat penting agar AC mobil dapat berfungsi dengan baik. Periksalah kondisi kompresor secara berkala untuk mendeteksi kerusakan atau kebocoran. Jika Anda melihat tanda-tanda kerusakan seperti kebocoran oli atau suara yang tidak normal, segera periksakan ke bengkel terpercaya. Jangan mencoba memperbaiki kompresor sendiri jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup.

4. Jaga Level Refrigeran

Refrigeran adalah cairan yang digunakan oleh sistem AC untuk menghasilkan udara dingin. Pastikan level refrigeran pada AC mobil Ertiga Anda selalu dalam batas yang disarankan. Jika level refrigeran terlalu rendah, sistem AC tidak akan memberikan udara dingin yang optimal. Namun, jika level refrigeran terlalu tinggi, bisa menyebabkan kerusakan pada kompresor. Jadi, penting untuk memeriksa dan mengisi ulang refrigeran secara teratur oleh teknisi yang berpengalaman.

5. Membersihkan Kondensor AC

Kondensor AC berfungsi untuk mendinginkan refrigeran yang telah dipanaskan oleh kompresor. Kondensor biasanya terletak di bagian depan mobil, sehingga rentan terhadap kotoran, serangga, atau hambatan lainnya. Pastikan kondensor AC tetap bersih dengan membersihkannya secara berkala. Anda dapat menggunakan air bertekanan rendah atau kompresor udara untuk membersihkannya. Namun, pastikan untuk tidak menyemprotkan air secara langsung ke bagian elektrik atau komponen sensitif lainnya.

6. Periksa Sistem Pengering

Sistem pengering, juga dikenal sebagai receiver drier, berfungsi untuk menghilangkan kelembaban dari refrigeran sebelum masuk ke dalam evaporator. Periksalah sistem pengering secara berkala untuk memastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan. Jika sistem pengering rusak, kelembaban dapat masuk ke dalam sistem AC dan menyebabkan kerusakan serius. Jika Anda melihat tanda-tanda kerusakan, segera periksakan ke bengkel terdekat.

7. Jaga Sirkulasi Udara yang Baik

Untuk mendapatkan kinerja terbaik dari AC mobil Ertiga, pastikan sirkulasi udara di dalam mobil tetap baik. Bersihkan debu atau kotoran di dalam kabin secara berkala. Pastikan ventilasi di dalam mobil tidak terhalang oleh barang-barang atau tumpukan kertas. Jika sirkulasi udara terhambat, AC akan bekerja lebih keras dan tidak efisien.

8. Gunakan AC Mobil dengan Bijak

Gunakan AC mobil dengan bijak untuk menghindari beban kerja berlebih pada sistem pendingin. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

– Matikan AC ketika Anda tidak membutuhkannya.
– Gunakan setting suhu yang nyaman, jangan terlalu dingin.
– Buka jendela mobil saat cuaca sedang sejuk untuk mengurangi penggunaan AC.
– Hindari penggunaan AC dalam kecepatan tinggi atau saat mesin mobil sedang panas.

9. Perawatan Rutin oleh Teknisi

Selain perawatan yang dapat Anda lakukan sendiri, sangat penting untuk melakukan perawatan rutin oleh teknisi yang berpengalaman. Bawa mobil Anda ke bengkel resmi atau bengkel terpercaya secara berkala untuk perawatan AC. Teknisi akan melakukan pemeriksaan menyeluruh, pengisian ulang refrigeran jika diperlukan, serta memeriksa komponen-komponen penting lainnya. Perawatan rutin ini akan memastikan AC mobil Ertiga tetap berfungsi dengan baik.

Baca Juga: 4 Tanda Filter AC Mobil Rusak, Yuk Dicek!

10. Gunakan Perlengkapan Pelindung

Agar AC mobil Ertiga tetap dalam kondisi baik, gunakan perlengkapan pelindung seperti penutup mobil atau parasol untuk melindungi mobil dari sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen AC dan mempercepat keausan.

11. Simpan Mobil di Tempat yang Tepat

Saat tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, pastikan Anda menyimpan mobil Ertiga di tempat yang tepat. Pilih tempat yang sejuk dan kering untuk menghindari kerusakan akibat kelembaban. Juga, pastikan mobil tidak terkena debu atau kotoran yang dapat menyumbat sistem AC.

12. Perhatikan Gejala Kerusakan

Selalu perhatikan gejala kerusakan pada AC mobil Ertiga Anda. Jika Anda melihat tanda-tanda seperti udara yang tidak dingin, bau yang tidak sedap, atau suara yang tidak normal, segera periksakan ke bengkel terpercaya. Mengatasi masalah sedini mungkin akan menghindarkan Anda dari kerusakan yang lebih serius dan biaya perbaikan yang tinggi.

13. Mencegah Bau Tidak Sedap

Bau tidak sedap dalam AC mobil bisa menjadi masalah yang mengganggu. Untuk mencegahnya, Anda dapat melakukan beberapa tindakan berikut:

– Periksa dan bersihkan saluran pembuangan air kondensat secara berkala.
– Gunakan penyegar udara atau pengharum mobil yang disesuaikan dengan sistem AC.
– Jaga kebersihan kabin mobil dan hindari meninggalkan makanan atau benda-benda yang dapat menyebabkan bau tidak sedap.

14. Mengatasi Kabut di Kaca AC

Kabut pada kaca AC dapat mengganggu visibilitas saat berkendara. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi kabut di kaca AC:

– Pastikan AC dalam kondisi baik dan bekerja dengan baik.
– Gunakan sistem defogger (penghilang kabut) yang tersedia di mobil Anda.
– Buka jendela sedikit untuk sirkulasi udara yang lebih baik.
– Bersihkan kaca AC secara berkala untuk menghilangkan debu atau kotoran yang dapat menyebabkan kabut.

15. Perawatan Saat Tidak Digunakan dalam Jangka Panjang

Jika Anda tidak akan menggunakan mobil Ertiga dalam jangka waktu yang lama, ada beberapa langkah perawatan yang perlu Anda lakukan:

– Bersihkan mobil secara menyeluruh dan pastikan tidak ada makanan atau benda-benda yang dapat menarik hama atau menyebabkan bau tidak sedap.
– Isi tangki bahan bakar hingga penuh untuk menghindari kondensasi dan korosi.
– Lepaskan kabel aki untuk menghindari tumpahan arus yang dapat menyebabkan kebocoran listrik.
– Simpan mobil di tempat yang aman, kering, dan terlindung dari sinar matahari langsung.

 

Atasi Berbagai Masalah AC Mobil Anda

cara merawat ac mobil ertiga

 

Namun jika Anda masih ragu dengan cara merawat AC mobil Ertiga yang telah dipaparkan di atas. Dalam situasi ini, disarankan untuk membawa mobil ke bengkel terpercaya agar mekanik dapat melakukan perbaikan yang diperlukan.

Tentunya dapat berkonsultasi terkaitcara merawat AC mobil Ertiga, dengan para teknisi atau bengkel yang berpengalaman. Mereka dapat memberikan diagnosis yang akurat dan solusi yang tepat untuk memperbaiki masalah terkait mobil Anda.

Bingung cari bengkel spesialis AC mobil untuk percayakan perawatan dan permasalahan AC mobil Anda, terkait cara merawat AC mobil Ertiga? Dokter Mobil Kelapa Gading dan Dokter Mobil Lontar Jawa Timur bisa jadi pilihan tepat untuk Anda tuju dan cari!

Kualitas dan kredibilitas Dokter Mobil Kelapa Gading dan Dokter Mobil Lontar Jawa Timur dalam menangani berbagai masalah perawatan dan perbaikan berkat penggunaan peralatan canggih dan terkini serta ditangani langsung oleh teknisi AC mobil yang sudah sangat ahli, sehingga pelayanan seputar AC mobil begitu banyak dipercayakan oleh pengguna mobil di Indonesia, termasuk soal perawatan terkait mesin mobil mati tapi AC tetap nyala.

Semakin terjamin kualitasnya, layanan service AC di Dokter Mobil Kelapa Gading sudah sesuai standar internasional dengan mengantongi ISO 9001:2015 Quality Management System. Membuktikan bahwa setiap layanan yang diberikan oleh Dokter Mobil Kelapa Gading memang sudah terjamin mutunya.

Di Dokter Mobil Kelapa Gading 1, Dokter Mobil Kelapa Gading 2 dan Dokter Mobil Lontar Surabaya Anda bisa melakukan Service AC dan general check up di 32 titik untuk memastikan dimana saja kerusakan AC mobil Anda, ditambah kini sedang ada diskon besar-besaran lho! Dari RP500 ribu kini Anda hanya perlu merogoh kocek Rp99 ribu saja, untuk cuci evaporator dan cuci kondensor.

Namun promo ini terbatas ya, disarankan untuk reservasi terlebih dahulu untuk memastikan apakah dihari yang Anda inginkan untuk service AC mobil promo ini masih berlaku, Jadi jangan lupa untuk melakukan reservasi terlebih dahulu!

Langsung saja kunjungi Dokter Mobil Kelapa Gading dan Dokter Mobil Lontar Jawa Timur dalam perbaiki masalah AC mobil Anda, terkait cara merawat AC mobil Ertiga. Berikut adalah titik-titik lokasinya yang bisa dengan mudah Anda tuju:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil juga memiliki cabang lain di Dokter Mobil Kelapa Gading 2 yang dapat Anda kunjungi, tentu dapat membantu permasalahan pada kendaraan mobil Anda, terkait cara merawat AC mobil Ertiga.

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkr Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil juga memiliki cabang di Dokter Mobil Lontar Jawa Timur, untuk Anda disekitaran Jawa Timur bisa langsung kunjungi cabang ini ya. Tentunya juga dapat membantu permasalahan pada kendaraan mobil Anda, terkait cara merawat AC mobil Ertiga.

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Pastikan untuk lakukan reservasi agar Anda bisa langsung dapatkan penanganan tanpa harus menunggu antrean. Proses reservasinya pun sangat mudah, Anda cukup menghubungi Dokter Mobil via WhatsApp di 0877-7760-0371 (atau hubungi di sini).

Pastikan untuk reservasi terlebih dahulu via WhatsApp karena ada banyak promo-promo kejutan yang bisa Anda manfaatkan!

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru

5 Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita

Sedang mencari Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita, disini kami akan memberikan pilihannya kepada anda. Tentu saja kami memberikan daftar dengan harga yang terjangkau, serta

Waspada! Ini 4 Bahaya Mobil Terobos Banjir

Selain merusak infrastruktur dan tempat tinggal, banjir dapat membahayakan kendaraan bermotor, termasuk mobil. Terobosan mobil melalui banjir tidak hanya menghadirkan risiko nyata bagi keselamatan pengemudi