Mempelajari tips membeli mobil bekas berkualitas sangatlah penting. Setidaknya untuk menjamin anda mendapatkan mobil berkondisi layak pakai. Jangan sampai setelah membeli, anda justru kecewa dan menyesal.

Bagi anda yang ingin membeli mobil namun dengan harga yang relatif murah, mobil bekas adalah solusinya. Namun tidak sedikit kekecewaan setelah membeli mobil bekas. Penyebab kekecewaan di antaranya adalah adanya masalah pada mobil seperti :

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas Bagi Pemula

Agar anda tidak menemui masalah-masalah seperti di atas, maka anda wajib memperhatikan 7 tips membeli mobil bekas berkualitas berikut ini :

  1. Carilah informasi mengenai mobil yang hendak anda beli

    Di dunia serba online seperti sekarang ini, anda tentu tidak akan kesulitan mencari informasi mengenai kelebihan dan kekurangan mobil yang hendak anda beli. Carilah juga testimoni mengenai mobil jenis tersebut.

  1. Belilah mobil bekas pakai dari orang pertama

    Orang pertama adalah orang yang membeli mobil baru namun setelah dipakai beberapa waktu kemudian menjualnya dengan alasan tertentu. Tujuan dari membeli dari orang pertama adalah :

– Harga yang didapat akan lebih murah karena tidak ada komisi untuk makelar
– Riwayat pemakaian mobil lebih muda daripada pembelian dari orang ke 2 atau ke 3
– Mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai kondisi mobil tersebut

  1. Carilah informasi mengenai penjual mobil

    Di dunia serba online seperti sekarang ini, anda tentu juga tidak akan kesulitas mencari informasi mengenai orang ataupun dealer yang akan menjual mobil kepada anda. Carilah informasi apakah orang/dealer tersebut sudah pernah atau sudah sering melakukan jual beli mobil.

    Jika YA
    Maka carilah testimoni dari orang yang pernah membeli mobil dari orang/dealer tersebut. Lalu buatlah kesimpulan apakah orang/dealer tersebut dapat anda percaya atau tidak.

  1. Periksalah kelengkapan surat-surat kendaraan tersebut

    Surat-surat yang harus anda terima adalah BPKB dan STNK. Anda harus mengecheck keaslian BPKB dan STNK tersebut. Jika anda tidak tahu cara mengecheck keaslian BPKB dan STNK maka sebaiknya bawalah seseorang yang mengerti mengenai keaslian surat-surat. Anda juga dapat meminta mobil di bawa ke kepolisian untuk dilakukan check fisik.

    Selain BPKB dan STNK, anda juga harus mengecheck kelengkapan pajak mobil tersebut. Dan yang terakhir dan sangat penting adalah agar anda membuat surat perjanjian jual-beli.

  1. Mintalah izin untuk dapat melakukan test drive

    Jangan ragu meminta izin agar anda diperbolehkan melakukan test drive mobil tersebut. Saat test drive perhatikanlah 5 hal berikut :

Bunyi mesin saat mobil dihidupkan
Mobil yang baik akan menghasilkan bunyi yang halus dan mudah dihidupkan

Tenaga mobil
Untuk mengetahui tenaga mobil maka anda harus mencoba test drive di track yang agak menanjak. Mobil yang baik akan dapat dengan baik melewati jalanan menanjak.

Performa AC mobil
Saat anda berkendara checklah apakah AC mobil terasa sejuk ataukah memiliki kendala. Mobil yang baik akan dapat langsung memberikan kesejukan setelah AC mobil dinyalakan.

Kemudahan mobil untuk dikendalikan
Saat berkendara rasakan apakah mobil yang anda bawa dapat anda bawa dengan mudah ataukah ada sesuatu yang seperti mengganjal seperti sulit untuk dibawa berbelok atau rem yang tidak pakem.

Penggunaan BBM mobil
Hitunglah berapa jauh antara anda berkendara dan berapa banyak penggunaan BBM yang harus keluar. Pastikan penggunaan BBM mobil yang hendak anda beli masih sesuai dengan standart yang seharusnya.

  1. Checklah exterior atau body mobil tersebut

    Tips membeli mobil bekas berkualitas berikutnya adalah dengan mengcheck kondisi exterior dan body. Bagian  yang harus dicheck tersebut meliputi :

Check kolong mobil
Apakah ada karat atau bekas las an. Waspadai pembelian mobil yang memiliki banyak las pada bagian kolongnya karena artinya mobil tersebut mungkin pernah mengalami kebocoran mesin, ataupun patah AS.

Check kemulusan cat body mobil
Apakah memiliki tanda-tanda pengecat-an ulang ataupun penyok yang menjadi indikasi mobil tersebut pernah mengalami masalah serius seperti tabrakan.

Check performa lampu mobil
Apakah lampu menyala dengan terang sesuai standart ataukah tidak. Jika lampu kurang terang anda harus mencari tahu apakah lampu kurang terang karena harus mengganti bola lampu ataukah ada masalah pada kelistrikan mobil.

  1. Mengecheck secara lengkap performa mesin dan kelistrikan mobil

    Performa mobil dipengaruhi oleh  2 hal yaitu performa mobil dan kelistrikan mobil tersebut. Performa mesin mobil akan mempengaruhi kemampuan dan tenaga mobil ketika anda ajak untuk melaju. Sementara performa kelistrikan mobil akan mempengaruhi kemampuan sistem elektrik di dalam mobil seperti DVD, mini-TV, sistem AC, lampu, dan kemudahan mobil untuk dihidupkan.

Cara menilai baik buruknya mesin dan kelistrikan sebuah mobil
Performa mesin dan kelistrikan mobil adalah bagian terpenting yang harus anda perhatikan dari sebuah mobil. Untuk mendapatkan penilaian terbaik mengenai performa mesin dan kelistrikan mobil sebaiknya bawalah mobil tersebut ke bengkel mobil untuk dicheck secara menyeluruh dan dinilai kelayakannya oleh mekanik-mekanik yang kompeten.

Tune Up Ultimate dari Dokter Mobil untuk Mengembalikan Kondisi Mesin Mobil Bekas Selayaknya Baru

Dokter Mobil adalah salah satu bengkel mobil yang dapat anda percayai untuk memberikan penilaian layak tidaknya sebuah mobil bekas untuk anda beli. Mobil bekas yang hendak anda beli akan dinilai setelah sebelumnya dilakukan pengecheckan meliputi :

Jadi jika anda hendak membeli mobil bekas, bawalah mobil tersebut untuk diperiksa dan diberi penilaian layak tidaknya untuk dibeli.

Dokter Mobil dapat anda kunjungi di alamat :

Dokter MobilBoulevard Raya Blok QJ1 No. 17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA
Aurell : 087880884576

Demikianlah tips membeli mobil bekas berkualitas yang bisa anda ikuti. Semoga artikel ini dapat membantu anda menemukan mobil yang terbaik bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.