📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Kelebihan dan Kekurangan Filter AC Karbon

penggunaan filter karbon pada ac mobil toyota

Ketika anda ditawarkan untuk menggunakan filter AC yang menggunakan bahan karbon, apakah anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan filter AC karbon?

Filter AC sendiri pada umumnya terdiri dari 3 jenis yang umum ditemukan di pasaran yaitu :

  • Filter AC biasa (terbuat dari bahan kertas tanpa bahan tambahan apapun)
  • Filter AC karbon (dengan tambahan karbon)
  • Filter AC yang terbuat dari fiber

Setiap filter AC memiliki kelebihannya masing-masing. Namun ternyata anda tidak dapat sembarangan memilih filter AC karena tidak semua jenis mobil cocok pada filter AC tertentu.

Filter AC Karbon

Untuk filter AC karbon, memiliki kandungan karbon yang dapat menyerap debu dan kotoran lebih baik dari filter biasa. Namun kelebihan utama dari filter AC karbon adalah :

  • Menyerap debu dan kotoran setidaknya 30% lebih baik daripada filter AC biasa
  • Dapat menyerap polusi udara berupa asap knalpot, rokok, dan jenis polusi udara lainnya
  • Mengurangi bau yang keluar dari saluran AC mobil

Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak pemilik mobil akhirnya lebih memilih filter AC karbon sebagai filter AC. Namun ternyata, filter AC karbon juga memiliki beberapa kekurangan yang harus diperhatikan terutama untuk pemilik mobil Toyota.

filter karbon

Kekurangan Filter AC dengan Bahan Karbon

Filter karbon tidaklah sempurna. Masih ada beberapa kekurangan diantaranya adalah :

Harga

Harga spare part ini tergolong lebih mahal daripada produk sejenis. Rata-rata filter karbon lebih mahal Rp15.000,- sampai Rp20.000,- daripada filter biasa.

Namun ini sebenarnya adalah sesuatu yang relatif karena fungsi yang lebih banyak memang pastinya menyebabkan harga jualnya menjadi lebih mahal.

Indikasi Masalah

Filter karbon mampu menyerap bau yang keluar dari AC mobil. Padahal bau yang keluar adalah indikasi adanya masalah pada mesin ataupun AC mobil. Dan karena tidak tahu ada masalah pada sistem AC, kerusakan AC akan menjadi lebih parah.

Sebagai solusi untuk kekurangan filter AC bahan karbon adalah dengan rutin melakukan service berkala AC mobil anda. Service tersebut diantaranya :
– flushing
– cuci AC
– pengecheckan kondisi mesin AC
– ganti spare part secara berkala

Kurang Cocok pada Beberapa Mobil Toyota

Filter AC karbon terdiri dari 2 lapis di mana lapis ke dua adalah karbon yang berfungsi sebagai penyerap bau. Sayangnya mobil-mobil Toyota seperti Innova dan sejenisnya memiliki suplay angin untuk AC tergolong kecil. Hal ini menyebabkan masalah-masalah seperti :

1. Angin yang masuk ke dalam kabin akan sangat kecil dan relatif tidak terasa.
2. Tingkat dingin pada AC mobil Toyota akan terasa lebih dingin.

Nah, itulah ulasan terkait Kelebihan dan Kekurangan Filter AC Karbon. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru