šŸ“¢ SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   šŸ“¢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ā© Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol KlikĀ Disini

Tips! Mudah Mengatasi Kerusakan Evaporator AC Mobil Kamu

kerusakan evaporator AC mobil

Doktermobil.co.id Kali ini akan menjelaskan penyebab dan solusi mengatasi kerusakan evaporator AC mobil yang perlu Kamu ketahui nih. Penasaran apa saja penyebab dan solusinya? Yuk simak ulasannya di bawah ini ya!

Saat cuaca panas melanda, AC mobil adalah penyelamat sejati. Namun, terkadang masalah muncul, dan salah satu yang umum terjadi adalah kerusakan evaporator AC mobil.

Kerusakan Evaporator AC Mobil

Evaporator adalah komponen penting dalam sistem AC mobil yang membantu mendinginkan udara di dalam kabin.

Jika Kamu merasa udara tidak lagi sejuk seperti dulu, atau bahkan terasa hangat, kemungkinan ada masalah pada evaporator.

Mari kita telusuri lebih dalam mengenai kerusakan yang mungkin terjadi pada evaporator AC mobil.

Pentingnya Evaporator dalam Sistem AC Mobil

Sebelum kita membahas kerusakan, mari kita pahami peran penting yang dimainkan oleh evaporator dalam sistem AC mobil.

Evaporator bekerja dengan mengubah refrigeran menjadi gas yang dingin, sehingga udara di dalam kabin menjadi lebih sejuk.

Proses ini membantu menjaga kenyamanan Kamu saat berkendara di bawah terik matahari.

 

Gejala Umum Kerusakan Evaporator AC Mobil

Berikut adalah beberapa gejala umum kerusakan pada evaporator AC mobil:

1. Udara Tidak Dingin Seperti Seharusnya

Apakah Kamu mulai merasa bahwa udara yang ditiupkan oleh AC tidak lagi sejuk seperti biasanya? Ini bisa menjadi tanda pertama adanya masalah pada evaporator.

Mungkin ada kebocoran refrigeran atau kotoran yang menghalangi kinerjanya.

2. Bau Tak Sedap

Jika dari ventilasi keluar bau yang tidak sedap, hal ini bisa disebabkan oleh kelembapan berlebih di dalam sistem AC.

Evaporator yang rusak atau berfungsi tidak baik dapat menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri dan jamur, yang pada akhirnya akan menghasilkan bau tak sedap.

3. Jendela Berkabut

Apakah jendela mobil Kamu sering berkabut ketika AC dinyalakan? Ini adalah gejala bahwa evaporator mungkin tidak berfungsi dengan baik.

Kelembapan yang berlebih dapat mengakibatkan kondensasi pada kaca jendela, menyebabkannya berkabut.

4. Bunyi Aneh

Jika Kamu mendengar suara berisik atau tidak biasa ketika AC dinyalakan, itu mungkin merupakan tanda bahwa komponen di dalam evaporator mengalami kerusakan atau keausan.

Penyebab Umum Kerusakan Evaporator AC Mobil

Beberapa penyebab umum kerusakan pada evaporator AC mobil meliputi:

1. Kotoran dan Debu

Kotoran dan debu yang terbawa masuk ke dalam sistem AC bisa saja mengendap di permukaan evaporator. Hal ini dapat mengganggu proses pendinginan dan bahkan menyebabkan kerusakan.

2. Kebocoran Refrigeran

Refrigeran yang digunakan dalam sistem AC bisa bocor karena berbagai alasan. Kebocoran ini akan mengurangi kinerja evaporator dan membuat udara dalam kabin menjadi kurang dingin.

3. Kelembapan Berlebih

Kelembapan yang tinggi di dalam sistem AC dapat memicu pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri dan jamur di permukaan evaporator.

Hal ini tidak hanya akan merusak kinerjanya, tetapi juga dapat berdampak negatif pada kesehatan Kamu.

Baca juga: Berikut 4 Ciri-Ciri Evaporator AC Mobil Honda Jazz Bocor!

Cara Mengatasi Kerusakan Evaporator AC Mobil

Mengatasi kerusakan pada evaporator AC mobil bisa melibatkan beberapa langkah, tergantung pada jenis masalah yang Kamu hadapi. Berikut adalah beberapa langkah umum yang dapat Kamu coba:

1. Membersihkan Evaporator

Jika kerusakan masih ringan, membersihkan evaporator dari kotoran dan debu mungkin sudah cukup. Namun, pastikan Kami melakukan ini dengan hati-hati agar tidak merusak komponen lainnya.

2. Memperbaiki Kebocoran

Jika masalahnya adalah kebocoran refrigeran, segera periksakan ke bengkel terdekat untuk memperbaikinya. Jangan mengabaikan kebocoran ini, karena selain merusak evaporator, juga dapat berdampak buruk pada lingkungan.

3. Mengontrol Kelembapan

Gunakan fungsi defogger di dalam mobil untuk mengurangi kelembapan di dalam kabin. Selain itu, pastikan sistem AC Anda diservis secara berkala untuk menjaga kebersihannya.

4. Konsultasi dengan Teknisi Profesional

Jika Kamu tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam perbaikan AC mobil, lebih baik untuk mengonsultasikan masalah Kamu dengan teknisi AC mobil yang berpengalaman.

Mereka dapat melakukan pemeriksaan mendalam dan perbaikan yang diperlukan.

Service AC Mobil Secara Berkala di Dokter Mobil

Bingung cari bengkel spesialis AC mobil untuk percayakan perawatan dan permasalahan AC mobil Kamu terkait kerusakan evaporator AC mobil?

Bengkel Dokter Mobil Kelapa Gading dan Dokter Mobil Lontar Jawa Timur bisa jadi pilihan tepat untuk Kamu tuju dan cari!

Tentunya dapat berkonsultasi terkait kerusakan evaporator AC mobil Kamu, dengan para teknisi yang berpengalaman.

Mereka dapat memberikan diagnosis yang akurat dan solusi yang tepat untuk memperbaiki masalah terkait mobil Kamu.

Kualitas dan kredibilitas Dokter Mobil Kelapa Gading dan Dokter Mobil Lontar Jawa Timur dalam menangani berbagai masalah perawatan dan perbaikan.

Berkat penggunaan peralatan canggih dan terkini serta ditangani langsung oleh teknisi AC mobil yang sudah sangat ahli.

Sehingga pelayanan seputar AC mobil begitu banyak dipercayakan oleh pengguna mobil di Indonesia, termasuk soal perawatan terkait mesin mobil mati tapi AC tetap nyala.

Semakin terjamin kualitasnya, layanan Service AC di Dokter Mobil Kelapa Gading sudah sesuai standar internasional dengan mengantongi ISO 9001:2015 Quality Management System.

Membuktikan bahwa setiap layanan yang diberikan oleh Dokter Mobil Kelapa Gading memang sudah terjamin mutunya.

Ditambah kualitas layanan Service AC mobil sudah banyak direkomendasikan dengan kredibilitas kuat sejak tahun 2015 dan kini Dokter Mobil sudah tersebar di 28 titik daerah di Indonesia.

Langsung saja kunjungi Dokter Mobil Kelapa Gading dan Dokter Mobil Lontar Jawa Timur dalam perbaiki masalah AC mobil Kamu, terkait kerusakan evaporator AC mobil.

Berikut adalah titik-titik lokasi bengkel Dokter MobilĀ spesialis AC mobilĀ yang bisa dengan mudah Kamu tuju:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil juga memiliki cabang lain di Dokter Mobil Kelapa Gading 2 yang dapat Kamu kunjungi, tentu dapat membantu permasalahan pada kendaraan mobil Kamu, terkait kerusakan evaporator AC mobil.

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkr Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil juga memiliki cabang di Dokter Mobil Lontar Jawa Timur, untuk Kamu disekitaran Jawa Timur bisa langsung kunjungi cabang ini ya.

Tentunya juga dapat membantu permasalahan pada kendaraan mobil Kamu, terkait kerusakan evaporator AC mobil.

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Pastikan untuk lakukan reservasi agar Kamu bisa langsung dapatkan penanganan tanpa harus menunggu antrean. Proses reservasinya pun sangat mudah, Kamu cukup menghubungi Dokter Mobil viaĀ WhatsAppĀ (atauĀ klik di sini).

Tim bengkel Dokter Mobil juga dapat membantu Kamu mengarahkan menuju lokasi cabang terdekat. Adapun Kamu juga bisa melakukan request penjemputan mobil oleh tim Dokter Mobil jika Kamu berhalangan untuk datang langsung ke lokasi bengkel.

Pastikan untuk reservasi terlebih dahulu viaĀ WhatsAppĀ karena ada banyak promo-promo kejutan yang bisa Kamu manfaatkan!

SHARE THIS POSTā€‹

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers šŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ā¤ļø

Artikel Terbaru