📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

10 Pemicu Kipas AC Mobil Berputar Terus, Sudah Dicek?

AC mobil memiliki performa yang lancar karena komponennya saling bersinergi satu sama lain, salah satunya adalah kipas AC mobil. Kipas AC mobil berfungsi mendinginkan bagian kondensor pada AC mobil yang terletak pada bagian depan radiator mobil.

Seringkali kipas AC mobil berputar terus meski AC mobil sudah selesai dimatikan. Mengapa hal ini terjadi? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Penyebab Kipas AC Mobil Berputar Terus

Masalah ini sering dialami oleh pemilik mobil dan dapat menjadi sumber kekhawatiran. Berikut ini penyebab serta solusi praktis untuk mengatasi masalah kipas AC mobil berputar terus:

1. Kipas AC yang Tidak Mati saat Mesin Mobil Dimatikan

Salah satu penyebab umum kipas AC mobil berputar terusadalah ketika kipas tersebut tidak mati saat mesin mobil dimatikan.

Hal ini biasanya terjadi karena adanya masalah pada saklar tekan (pressure switch) yang mengatur kinerja kipas AC. Solusinya adalah dengan memeriksa dan mengganti saklar tekan yang rusak.

2. Keausan pada Resistor Kipas AC

Resistor kipas AC yang aus atau rusak juga dapat menjadi penyebab kipas AC mobil berputar terus. Resistor ini berfungsi untuk mengontrol kecepatan putaran kipas.

Jika resistor rusak, kipas AC mobil berputar terus pada kecepatan tertinggi. Pemeriksaan dan penggantian resistor yang rusak dapat mengatasi masalah ini.

3. Masalah pada Suhu Mesin

Kipas AC mobil biasanya berputar saat mesin mencapai suhu tertentu untuk menjaga suhu mesin tetap stabil. Namun, jika kipas AC mobil berputar terus tanpa henti, mungkin ada masalah pada sensor suhu mesin.

Sensor yang rusak atau terganggu dapat menyebabkan kipas AC beroperasi secara berlebihan. Mengganti sensor suhu yang rusak dapat membantu memperbaiki masalah ini.

4. Kebocoran pada Sistem Pendingin

Kebocoran pada sistem pendingin juga dapat menyebabkan kipas AC mobil berputar terus. Saat terjadi kebocoran pada sistem, tekanan dalam sistem pendingin menurun, dan kipas AC beroperasi untuk menjaga suhu mesin tetap stabil.

Memeriksa dan memperbaiki kebocoran pada sistem pendingin adalah langkah yang perlu diambil untuk mengatasi masalah ini.

5. Masalah pada Relay Kipas AC

Relay kipas AC adalah komponen elektronik yang mengontrol daya yang mengalir ke kipas AC. Jika relay rusak atau terganggu, kipas AC mobil berputar terus tanpa henti. Memeriksa dan mengganti relay yang rusak adalah solusi untuk mengatasi masalah ini.

6. Permasalahan pada Pengaturan Kipas AC

Kadang-kadang, masalah pada pengaturan kipas AC dapat menjadi penyebab kipas AC mobil berputar terus. Pastikan pengaturan kipas AC Anda tidak dalam posisi “ON” atau “AUTO”. Mengatur kembali pengaturan kipas AC ke posisi yang benar dapat mengatasi masalah ini.

7. Kerusakan pada Kawat atau Konektor

Kerusakan pada kawat atau konektor yang terhubung ke kipas AC juga dapat menyebabkan kipas AC mobil berputar terus. Kondisi ini sering terjadi akibat kawat yang putus atau konektor yang longgar.

Pemeriksaan visual kawat dan konektor serta perbaikan yang diperlukan dapat mengatasi masalah ini.

8. Masalah pada Kontrol Unit AC

Kontrol unit AC atau panel kontrol pada mobil juga dapat menjadi sumber masalah. Kerusakan pada unit kontrol tersebut dapat menyebabkan kipas AC mobil berputar terus. Memeriksa kondisi kontrol unit AC dan menggantinya jika diperlukan adalah solusi yang disarankan.

9. Gangguan Elektronik pada Sistem AC

Gangguan elektronik pada sistem AC mobil dapat menyebabkan kipas AC mobil berputar terus. Ini dapat terjadi jika ada masalah dengan sensor, kabel, atau komponen elektronik lainnya yang terhubung dengan sistem AC.

Mengidentifikasi dan memperbaiki gangguan elektronik pada sistem AC adalah langkah yang harus diambil untuk mengatasi masalah ini.

Baca Juga: Kerusakan Rangkaian Kelistrikan AC Mobil Beserta Solusinya

10. Masalah pada Komponen Lainnya

Terkadang, kipas AC mobil berputar terus dapat disebabkan oleh masalah pada komponen lain dalam sistem pendingin atau AC mobil.

Komponen seperti kompresor AC, katup ekspansi, atau evaporator yang rusak dapat memengaruhi kinerja kipas AC. Memeriksa komponen lainnya dan mengganti yang rusak akan membantu memperbaiki masalah ini.

Saat masalah ini terjadi, penting untuk segera bawa mobil ke bengkel spesialis AC mobil untuk segera ditangani.

Anda berdomisili di Jakarta atau Surabaya? Nah, kami punya berita bahagia untuk Anda yang AC mobilnya bermasalah.

LAYANAN SERVICE AC MOBIL 99 RIBU DI DOKTER MOBIL

Bengkel Dokter Mobil cabang Dokter Mobil Kelapa Gading, Dokter Mobil Kelapa Gading 2, dan Dokter Mobil Lontar – Surabaya memberikan PROMO spesial service AC mobil hanya Rp 99 RIBU saja!

Promo bersifat terbatas, hanya dari Minggu sampai Jumat untuk 10 mobil per-hari saja. Jadi pastikan Anda segera reservasi untuk amankan slot antrean.

Reservasinya cukup mudah, cukup hubungi via WhatsApp di 0877-7760-0371 (atau hubungi di sini).

Pentingnya Atasi Masalah Kipas AC Mobil Berputar Terus di Bengkel Khusus Spesialisasi AC Mobil

Kipas AC mobil yang tidak berputar bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kipas AC yang rusak atau korslet, resistor kipas AC yang rusak, hingga relay kipas AC yang rusak.

Mengatasi masalah kipas AC mobil berputar terus di bengkel khusus spesialisasi AC mobil penting karena bengkel tersebut memiliki peralatan yang lebih lengkap dan teknisi yang lebih berpengalaman dalam menangani masalah AC mobil.

Salah satu bengkel khusus spesialisasi AC mobil dengan kualitas dan kredibilitas yang sudah banyak dipercaya oleh pengguna mobil di Indonesia adalah Dokter Mobil.

Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil untuk atasi masalah AC nyala tapi kompresor mati dengan harga yang kompetitif, berikut adalah titik lokasinya:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

FAQ

1. Apakah kipas AC yang berputar terus berbahaya bagi mobil?

Kipas AC yang berputar terus sendiri tidak berbahaya bagi mobil. Namun, masalah yang menyebabkan kipas terus berputar dapat memengaruhi performa dan efisiensi sistem pendingin mobil.

2. Bagaimana cara mengetahui apakah kipas AC mobil berputar terus?

Anda dapat memeriksa kipas AC dengan mendengarkan suara yang dihasilkan atau dengan melihat apakah kipas berputar tanpa henti bahkan ketika mesin mobil dimatikan.

3. Bisakah saya memperbaiki masalah kipas AC sendiri?

Jika Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup, Anda dapat mencoba memperbaiki masalah kipas AC sendiri. Namun, jika Anda ragu atau tidak memiliki pengalaman yang cukup, disarankan untuk mengunjungi bengkel terpercaya.

4. Apakah perlu memeriksakan kipas AC meskipun tidak ada masalah yang terlihat?

Ya, penting untuk secara teratur memeriksa sistem pendingin dan kipas AC meskipun tidak ada masalah yang terlihat. Pemeriksaan rutin akan membantu mencegah masalah yang lebih serius di kemudian hari.

5. Berapa biaya yang diperlukan untuk memperbaiki kipas AC mobil yang berputar terus?

Biaya perbaikan kipas AC mobil yang berputar terus dapat bervariasi tergantung pada penyebab masalah dan tingkat kerusakan. Disarankan untuk meminta perkiraan biaya dari bengkel terpercaya sebelum melakukan perbaikan.

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru

5 Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita

Sedang mencari Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita, disini kami akan memberikan pilihannya kepada anda. Tentu saja kami memberikan daftar dengan harga yang terjangkau, serta

Waspada! Ini 4 Bahaya Mobil Terobos Banjir

Selain merusak infrastruktur dan tempat tinggal, banjir dapat membahayakan kendaraan bermotor, termasuk mobil. Terobosan mobil melalui banjir tidak hanya menghadirkan risiko nyata bagi keselamatan pengemudi