📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Penyebab dan Solusi Terjitu Kipas AC Mobil Xenia Tidak Berputar

Penyebab Kipas AC Mobil Xenia Tidak Berputar

Di beberapa Daihatsu Xenia keluaran lama, seringkali pengguna mobil ini mengeluhkan masalah kipas AC mobil Xenia tidak berputar, sehingga pendinginannya tak begitu terasa.

Sebenarnya apa yang menyebabkan kipas AC mobil Xenia tidak berputar? Bagaimana cara paling jitu untuk mengatasinya? Cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Penyebab Kipas AC Mobil Xenia Tidak Berputar

Kipas AC mobil Xenia tidak berputar bisa terjadi karena beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah ini terjadi. Berikut adalah beberapa faktor penyebab kipas AC mobil Xenia tidak berputar yang bisa Anda identifikasi:

  1. Fuse atau Sekring Putus

Salah satu penyebab umum kipas AC mobil Xenia yang tidak berputar adalah fuse atau sekring yang putus.
Fuse atau sekring ini bertugas untuk melindungi sistem kelistrikan mobil dari korsleting atau beban berlebih.

Ketika terjadi korsleting atau beban berlebih pada kelistrikan AC mobil, fuse atau sekring akan terbakar atau putus sebagai langkah perlindungan.

Hal ini mencegah kerusakan lebih lanjut pada komponen AC mobil. Jika fuse atau sekring AC mobil Xenia terbakar atau putus, kipas AC tidak akan berfungsi dengan baik atau bahkan sama sekali.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memeriksa fuse atau sekring AC mobil Xenia Anda. Biasanya, fuse atau sekring terletak di dalam kotak sekring yang terletak di dekat mesin mobil atau di dalam kabin.

Buka kotak sekring dan periksa apakah ada fuse atau sekring yang terlihat terbakar atau putus. Jika iya, gantilah dengan yang baru dan pastikan menggunakan fuse atau sekring dengan rating yang sesuai dengan sistem kelistrikan mobil Anda.

  1. Kabel AC Rusak atau Longgar

Kabel AC yang rusak atau longgar juga dapat menyebabkan kipas AC mobil Xenia tidak berputar. Kabel yang aus, kendor, atau terputus dapat mengganggu aliran listrik yang diperlukan untuk menggerakkan kipas AC.

Kondisi ini dapat terjadi karena faktor usia, keausan, atau gangguan fisik seperti getaran atau tekanan yang berlebihan.

Untuk mengatasi masalah ini, periksa kabel AC secara menyeluruh. Mulailah dengan memeriksa kondisi fisik kabel, apakah terdapat kerusakan seperti sobekan atau lapisan kabel yang terkelupas.

Selanjutnya, pastikan semua koneksi kabel AC kencang dan tidak ada yang longgar. Periksa juga terminal kabel di kedua ujungnya dan pastikan tidak ada korosi atau kerak yang menghalangi aliran listrik.

Jika Anda menemukan kerusakan pada kabel AC, segera perbaiki atau gantilah kabel yang rusak dengan yang baru.

  1. Motor Kipas AC Bermasalah

Jika kipas AC mobil Xenia Anda tidak berputar, kemungkinan masalah terletak pada motor kipas itu sendiri.

Motor kipas AC merupakan komponen yang bertanggung jawab untuk menggerakkan kipas dan menghasilkan aliran udara yang dingin di dalam mobil.

Seiring waktu, motor kipas ini dapat mengalami keausan, kerusakan, atau kekakuan, yang dapat menghambat putaran kipas.

Sebelum menggantikan motor kipas, ada beberapa langkah pemeriksaan yang dapat Anda lakukan. Pertama, periksa apakah ada kotoran atau debu yang menumpuk di dalam kipas.

Jika iya, bersihkan kotoran tersebut dengan hati-hati dan pastikan tidak ada benda asing yang menghalangi putaran kipas. Setelah membersihkan kipas, coba nyalakan AC dan periksa apakah kipas mulai berputar.

Jika kipas masih tidak berputar setelah membersihkan, kemungkinan besar motor kipas mengalami masalah yang memerlukan perbaikan atau penggantian.

Mengganti motor kipas AC adalah pekerjaan yang lebih rumit dan memerlukan keahlian mekanik. Jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam perbaikan mobil, disarankan untuk membawa mobil Anda ke bengkel yang terpercaya untuk diperiksa dan diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman.

  1. Relay AC Bermasalah

Relay AC adalah komponen penting yang mengontrol kelistrikan kipas AC mobil Xenia. Relay ini berfungsi untuk mengalirkan arus listrik yang diperlukan untuk menggerakkan kipas AC.

Jika relay AC mengalami masalah, seperti kontak yang rusak atau terbakar, kipas AC tidak akan berputar.

Anda dapat memeriksa relay AC dengan menggantinya dengan yang baru. Relay AC biasanya terletak di dalam kotak sekring atau kotak relay yang terletak di dekat mesin mobil.

Ganti relay AC yang rusak dengan yang sesuai dengan spesifikasi mobil Xenia Anda. Jika setelah penggantian relay AC, kipas AC masih tidak berputar, kemungkinan ada masalah lain yang mempengaruhi kinerja kipas.

  1. Kontrol Suhu AC Rusak

Kontrol suhu AC memiliki peran penting dalam mengatur suhu udara yang dikeluarkan oleh kipas AC mobil Xenia.

Kontrol suhu ini menggunakan sensor untuk membaca suhu di dalam mobil dan mengirimkan sinyal ke sistem AC untuk mengatur kinerja kipas dan suhu udara yang dihasilkan.

Jika kontrol suhu mengalami kerusakan atau kegagalan, hal ini dapat menyebabkan kipas AC tidak berputar atau tidak berfungsi dengan baik.

Untuk memeriksa kontrol suhu, perhatikan tanda-tanda seperti ketidakakuratan suhu yang ditampilkan pada panel kontrol AC.

Jika suhu yang ditampilkan tidak sesuai dengan suhu sebenarnya di dalam mobil, kemungkinan besar ada masalah pada kontrol suhu.

Sayangnya, kontrol suhu AC merupakan komponen yang sulit diperbaiki dan umumnya harus diganti jika terjadi kerusakan.

  1. Blower Motor Resistor Rusak

Blower motor resistor adalah komponen penting lainnya yang berfungsi mengatur kecepatan putaran kipas AC.

Resistor ini mengendalikan jumlah arus listrik yang mengalir ke motor kipas, sehingga menghasilkan variasi kecepatan kipas yang diinginkan.

Jika resistor ini mengalami kerusakan, kipas AC mungkin tidak berputar pada kecepatan yang diinginkan atau bahkan tidak berputar sama sekali.

Anda dapat memeriksa blower motor resistor dengan menggantinya dengan yang baru. Biasanya, blower motor resistor terletak di dekat motor kipas AC.

Periksa kondisi fisik resistor dan pastikan tidak ada tanda-tanda kerusakan seperti kebakaran atau komponen yang rusak.

Gantilah resistor yang rusak dengan yang sesuai dengan mobil Xenia Anda untuk memastikan kipas AC berfungsi dengan normal.

Baca Juga: Cara Mengatasi Gerah Akibat Blower AC Mobil Kurang Kencang

  1. Masalah pada Kelistrikan Mobil Xenia

Terakhir, masalah pada kelistrikan mobil Xenia secara umum juga dapat mempengaruhi kinerja kipas AC. Salah satu penyebab umum adalah adanya koneksi yang longgar atau kabel yang terputus pada sistem kelistrikan AC. Hal ini dapat terjadi karena getaran, usia, atau paparan elemen cuaca.

Untuk mengatasi masalah ini, periksa semua koneksi kelistrikan mobil, terutama yang terkait dengan sistem AC.

Pastikan semua kabel terhubung dengan baik dan tidak ada yang longgar. Periksa juga kondisi terminal kabel dan pastikan tidak ada korosi atau kerak yang mengganggu aliran listrik.

Jika ditemukan masalah pada kelistrikan mobil, seperti kabel yang terputus atau koneksi yang rusak, segera perbaiki atau gantilah dengan yang baru.

Nah, ada kabar baikbagi Anda pemilik mobil Daihatsu Xenia yang AC mobilnya bermasalah dan berdomisili di Jakarta serta Surabaya.

DISKON PROMO SPESIAL SERVICE AC MOBIL LENGKAP 99 RIBU DI BENGKEL AC MOBIL DOKTER MOBIL

Karena Dokter Mobil Kelapa Gading, Dokter Mobil Kelapa Gading 2, dan Dokter Mobil Lontar – Surabaya hadir dengan promo service AC mobil hanya Rp 99 RIBU!

Sayangnya, promo bersifat TERBATAS hanya dari Minggu hingga Jumat untuk 10 mobil per-hari saja.

Reservasi bisa Anda lakukan dengan cepat via WhatsApp di 0877-7760-0371 (atau hubungi di sini).

Karena soal kualitas service AC mobilnya, jelas Dokter Mobil tak perlu diragukan kredibilitasnya, dengan ragam keunggulan sebagai berikut:

  • Reputasi kuat terjaga sebagai bengkel spesialis AC mobil sejak 2015.
  • Memiliki 28 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Penggunaan peralatan canggih terkini, SOP sistematis, dan teknisi yang ahli.
  • Mengantongi sertifikasi ISO 9001:2015 Quality Management System.
  • Jaminan klaim garansi di seluruh cabang Dokter Mobil di Indonesia.

Ingin langsung coba service AC mobilnya untuk atasi masalah kipas AC mobil Xenia tidak berputar? Inilah lokasi cabang Dokter Mobil dengan promo service 99 RIBU yang bisa Anda tuju:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Karena apapun masalah AC mobil Daihatsu Xenia Anda, percayakan pada Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru