📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Ragam Pemicu Kipas Radiator Mati Hanya Nyala saat AC Dihidupkan di Mobil

Kipas Radiator Mati Hanya Nyala saat AC Dihidupkan di Mobil

Pada mobil, sistem pendinginan yang efisien sangat penting untuk menjaga suhu mesin tetap stabil. Salah satu komponen kunci dalam sistem pendinginan adalah kipas radiator.

Kipas radiator mendinginkan cairan pendingin yang mengalir melalui radiator untuk mencegah overheating pada mesin mobil. Namun, terkadang pengemudi mengalami masalah di mana kipas radiator mati hanya nyala saat AC dihidupkan.

Artikel ini akan membahas beberapa penyebab umum dari masalah ini dan memberikan penjelasan yang lebih detail serta solusi yang dapat diambil.

Penyebab Kipas Radiator Mati Hanya Nyala saat AC Dihidupkan di Mobil

Masalah kipas radiator mati hanya nyala saat AC dihidupkan pada mobil bisa terjadi karena beberapa faktor. Beberapa faktor penyebab tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Termostat Rusak atau Tersumbat

Termostat merupakan komponen penting dalam sistem pendinginan mobil yang mengatur aliran cairan pendingin ke dalam radiator. Termostat membuka dan menutup jalur aliran cairan pendingin berdasarkan suhu mesin.

Ketika mesin mencapai suhu tertentu, termostat akan membuka dan memungkinkan cairan pendingin mengalir ke radiator untuk didinginkan oleh kipas.

Namun, jika termostat rusak atau tersumbat, termostat tidak akan berfungsi dengan baik dalam membuka jalur aliran cairan pendingin, sehingga kipas radiator mati hanya nyala saat AC dihidupkan.

Untuk memeriksa apakah termostat rusak atau tersumbat, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

  • Periksa indikator suhu pada dashboard mobil. Jika suhu mesin tetap rendah meskipun mesin sudah panas, ini bisa menjadi indikasi termostat yang rusak.
  • Coba periksa selang yang terhubung dengan termostat. Jika terdapat tanda-tanda penyumbatan, seperti kerak atau endapan pada selang, maka termostat mungkin tersumbat.
  • Anda juga dapat mencoba melepas termostat dari mesin dan memeriksa apakah termostat membuka dan menutup dengan benar saat dipanaskan menggunakan air panas.
  • Jika termostat ditemukan rusak atau tersumbat, sebaiknya segera ganti dengan termostat baru untuk mengatasi masalah ini.

2. Relay Kipas Rusak

Relay kipas adalah komponen elektronik yang mengendalikan kipas radiator. Relay kipas menerima sinyal dari sensor suhu dan mengirimkan sinyal listrik ke kipas untuk menyala.

Jika relay kipas rusak, kipas radiator tidak akan mendapatkan sinyal untuk menyala, kecuali saat AC dihidupkan. Akibatnya, kipas radiator mati hanya nyala saat AC dihidupkan.

Untuk memeriksa apakah relay kipas rusak, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Cari relay kipas pada kotak fuse di mesin mobil. Biasanya, relay kipas ditandai dengan label yang sesuai.
  • Periksa apakah relay kipas terlihat aus, terbakar, atau ada tanda-tanda kerusakan lainnya.
  • Anda juga dapat mencoba menukar relay kipas dengan relay yang serupa dalam kotak fuse untuk melihat apakah kipas radiator mulai berfungsi normal.
  • Jika relay kipas ditemukan rusak, gantilah dengan relay yang baru dan sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

3. Sensor Suhu Rusak

Sensor suhu merupakan komponen yang mendeteksi suhu mesin dan mengirimkan sinyal ke relay kipas untuk mengaktifkan kipas radiator.

Jika sensor suhu rusak, kipas radiator mungkin tidak akan menyala dengan benar. Namun, dalam beberapa kasus, saat AC dihidupkan, sensor suhu yang rusak masih memberikan sinyal yang cukup sehingga kipas radiator mati hanya nyala saat AC dihidupkan.

Untuk memeriksa apakah sensor suhu rusak, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

  • Temukan sensor suhu pada mesin mobil. Biasanya, sensor suhu terletak di dekat blok mesin atau dekat saluran air pendingin.
  • Periksa apakah ada kerusakan fisik pada sensor suhu, seperti kabel yang putus atau sensor yang pecah.
  • Anda juga dapat menggunakan alat pengukur suhu atau multimeter untuk memeriksa apakah sensor suhu memberikan pembacaan yang akurat sesuai dengan suhu mesin.
  • Jika sensor suhu ditemukan rusak, gantilah dengan sensor yang baru dan sesuai dengan mobil Anda.

4. Kabel atau Koneksi yang Rusak

Kabel atau koneksi yang rusak dapat mengganggu aliran listrik ke kipas radiator, sehingga kipas radiator mati hanya nyala saat AC dihidupkan.

Pastikan untuk memeriksa semua kabel dan koneksi yang terkait dengan kipas radiator, termasuk kabel listrik dan kabel penghubung ke relay kipas.

Periksa apakah ada tanda-tanda kerusakan pada kabel, seperti kabel yang putus, koneksi yang longgar, atau korosi pada terminal, penyebab kipas radiator mati hanya nyala saat AC dihidupkan.

Jika Anda menemukan kabel atau koneksi yang rusak, lakukan perbaikan atau penggantian yang diperlukan. Pastikan kabel terhubung dengan kuat dan koneksi yang baik untuk memastikan aliran listrik yang lancar ke kipas radiator.

5. Masalah pada Saklar AC

Saklar AC pada mobil juga dapat mempengaruhi kinerja kipas radiator. Saklar AC mengontrol sinyal untuk menghidupkan kipas radiator saat AC diaktifkan.

Jika saklar AC mengalami masalah atau rusak, maka kipas radiator mati hanya nyala saat AC dihidupkan

Untuk memeriksa apakah saklar AC mengalami masalah, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Periksa saklar AC pada kabin mobil. Pastikan saklar berfungsi dengan baik saat diaktifkan atau dinonaktifkan.
  • Periksa kabel yang terhubung ke saklar AC. Pastikan tidak ada kabel yang putus atau koneksi yang longgar.
  • Jika perlu, coba ganti saklar AC dengan yang baru untuk memastikan tidak ada masalah yang terkait.

6. Masalah dengan Kelistrikan

Terakhir, masalah dengan sistem kelistrikan pada mobil juga dapat menyebabkan kipas radiator mati hanya nyala saat AC dihidupkan.

Gangguan pada kelistrikan mobil, seperti kabel yang putus, fusible link yang rusak, atau ground yang buruk, dapat mengganggu aliran listrik ke kipas radiator.

Untuk memeriksa masalah kelistrikan pada mobil, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Periksa kondisi kabel listrik dan fusible link. Pastikan tidak ada kabel yang putus atau fusible link yang rusak.
  • Pastikan ground yang terhubung dengan kipas radiator dalam kondisi baik dan terhubung dengan baik ke sumber ground mobil.
  • Jika perlu, periksa juga fuse yang terkait dengan kipas radiator dan pastikan tidak ada fuse yang terbakar.

Baca Juga: Kerusakan Rangkaian Kelistrikan AC Mobil Beserta Solusinya

Jika Anda tidak yakin atau tidak dapat menemukan penyebab pasti dari masalah kipas radiator mati hanya nyala saat AC dihidupkan ini, sebaiknya Anda menghubungi teknisi yang berpengalaman untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Nah, ada kabar baik bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan Surabaya jika ingin melakukan service AC mobil, nih!

DISKON SERVICE AC MOBIL 99 RIBU DI DOKTER MOBIL

Karena Dokter Mobil Kelapa Gading, Dokter Mobil Kelapa Gading 2, dan Dokter Mobil Lontar – Surabaya memberikan PROMO spesial service AC mobil hanya Rp 99 RIBU saja!

Promo bersifat terbatas, hanya dari Minggu sampai Jumat untuk 10 mobil per-hari saja. Jadi pastikan Anda segera reservasi untuk amankan slot antrean.

Reservasinya cukup mudah, cukup hubungi via WhatsApp di 0877-7760-0371 (atau hubungi di sini).

Pentingnya Atasi Masalah Kipas Radiator Mati Hanya Nyala saat AC Dihidupkan pada Mobil

Mengatasi masalah kipas radiator mati hanya nyala saat AC dihidupkan pada mobil penting karena kipas radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil dan mencegah mesin mobil dari overheating.

Masalah kipas radiator mati hanya nyala saat AC dihidupkan ini dapat dengan tuntas teratasi jika Anda membawa langsung mobil Anda hanya ke bengkel spesialisasi AC mobil yang kualitas dan kredibilitasnya sudah teruji. Salah satunya di Dokter Mobil.

Apalagi kini ada promo service AC mobil hanya Rp 99 RIBU, jelas Dokter Mobil jadi satu opsi menarik untuk Anda tuju saat AC mobil Anda alami permasalahan, seperti kipas radiator mati hanya nyala saat AC dinyalakan.

Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil untuk atasi masalah AC nyala tapi kompresor mati dengan harga yang kompetitif, berikut adalah titik lokasinya:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

FAQ

1. Apakah saya bisa mengemudi dengan kipas radiator hanya nyala saat AC dihidupkan?

Ya, Anda dapat mengemudi dengan kipas radiator yang hanya menyala saat AC dihidupkan. Namun, Anda perlu memperhatikan suhu mesin agar tidak terlalu panas dan memastikan kipas radiator berfungsi dengan baik saat tidak menggunakan AC.

2. Bagaimana cara memeriksa termostat yang rusak?

Untuk memeriksa termostat yang rusak, Anda perlu melepasnya dari mobil dan memeriksa apakah termostat membuka dan menutup dengan benar saat dipanaskan. Jika termostat tidak berfungsi dengan baik, maka sebaiknya diganti.

3. Apakah saya dapat mengganti relay kipas sendiri?

Jika Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup, Anda dapat mencoba mengganti relay kipas sendiri. Namun, jika Anda tidak yakin, sebaiknya serahkan pekerjaan ini kepada teknisi yang berpengalaman.

4. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki masalah kipas radiator mati hanya nyala saat AC dinyalakan ini?

Biaya untuk memperbaiki masalah kipas radiator ini dapat bervariasi tergantung pada penyebabnya dan tingkat kerusakan. Sebaiknya konsultasikan dengan bengkel atau teknisi untuk mendapatkan perkiraan biaya yang lebih akurat.

5. Apakah masalah kipas radiator mati hanya nyala saat AC dihidupkan ini dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada mesin mobil?

Ya, jika masalah kipas radiator tidak segera ditangani, dapat menyebabkan overheating pada mesin mobil. Overheating dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin, seperti kebocoran kepala silinder atau kerusakan pada komponen lainnya.

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru

5 Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita

Sedang mencari Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita, disini kami akan memberikan pilihannya kepada anda. Tentu saja kami memberikan daftar dengan harga yang terjangkau, serta

Waspada! Ini 4 Bahaya Mobil Terobos Banjir

Selain merusak infrastruktur dan tempat tinggal, banjir dapat membahayakan kendaraan bermotor, termasuk mobil. Terobosan mobil melalui banjir tidak hanya menghadirkan risiko nyata bagi keselamatan pengemudi