📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Kompresor AC Mobil Copotan, Yakin Aman untuk Digunakan?

Kompresor AC Mobil Copotan

Banyak yang menyarankan untuk menggunakan kompresor AC mobil copotan saat kompresor AC pada mobilnya alami kerusakan. Hal ini ditenggarai karena kompresor AC mobil copotan juga memiliki kondisi yang sama dengan kompresor AC mobil baru.

Tapi apakah benar menggunakan kompresor AC mobil copotan aman untuk digunakan? Apakah tak ada risiko negatif dalam penggunaannya? Cari tahu selengkapnya di sini!

Mengenal Kompresor AC Mobil Copotan

Pertama-tama, mari kita kenalan dulu dengan si kompresor AC mobil copotan ini. Apa sih sebenarnya kompresor AC mobil copotan itu? Jadi, kompresor ini adalah bagian dari sistem pendingin udara pada mobil Anda.

Tugasnya adalah menekan dan mencirculasi refrigeran, bahan kimia yang memungkinkan AC untuk menghasilkan udara dingin yang menyegarkan.

Saat Anda menyalakan AC mobil, kompresor ini bekerja dengan gigih untuk memampatkan gas refrigeran berpendingin rendah, sehingga menjadi lebih padat dan panas.

Setelah proses pemampatan ini selesai, refrigeran dengan suhu yang lebih tinggi akan dikeluarkan melalui kondensor untuk menyingkirkan panas eksternal.

Dengan begitu, AC dapat menghasilkan udara yang lebih dingin dan nyaman saat melewati evaporator, di mana refrigeran menjadi gas dingin lagi. Akhirnya, udara dingin yang menyenangkan akan menyebar di dalam kabin mobil, menyelamatkan Anda dari kepanasan di tengah perjalanan.

Fungsi Utama Kompresor AC

Jadi, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi utama kompresor AC mobil copotan adalah untuk menekan dan memampatkan gas refrigeran berpendingin rendah menjadi lebih padat dan panas.

Proses ini penting karena mengubah refrigeran menjadi cairan berarti dapat menyimpan lebih banyak panas, yang pada gilirannya akan menghasilkan suhu udara yang lebih dingin saat kembali ke bentuk gas melalui evaporator.

Inilah yang membuat AC mobil Anda mampu memberikan hembusan udara segar dan menyenangkan saat Anda berkendara di bawah teriknya matahari.

Kenapa Harus Pilih Kompresor AC Mobil Copotan?

Pertanyaan yang bagus! Mengapa kita harus memilih kompresor AC mobil copotan? Bukankah yang baru lebih bagus dan lebih handal? Nah, mari simak alasan-alasannya di bawah ini:

  1. Hemat Kocek

Salah satu alasan utama mengapa banyak orang memilih kompresor AC mobil copotan adalah harganya yang cenderung lebih terjangkau daripada yang baru.

Bagi pemilik mobil yang ingin menghemat kocek, memilih kompresor copotan bisa menjadi pilihan yang cerdas. Harganya yang lebih ramah di kantong tidak berarti kualitasnya jelek, lho!

Dengan sedikit keberuntungan dan pemilihan yang bijak, Anda dapat menemukan kompresor copotan yang berkinerja baik dan awet.

  1. Ketersediaan yang Lebih Mudah

Selain harganya yang lebih terjangkau, kompresor AC mobil copotan juga lebih mudah ditemukan di pasaran.

Jika AC mobil Anda tiba-tiba rusak dan perlu diganti, Anda tidak akan kesulitan mencari suku cadangnya.

Di berbagai bengkel dan toko suku cadang mobil, Anda bisa menemukan berbagai jenis dan merek kompresor copotan yang sesuai dengan mobil Anda.

Cukup tanya kepada mekanik atau penjualnya, dan mereka akan dengan senang hati membantu Anda.

  1. Ramah Lingkungan

Pertimbangan lain yang tak kalah penting adalah dampak lingkungan. Dengan memilih kompresor AC mobil copotan, Anda turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Bagaimana bisa? Nah, ketika Anda memilih kompresor copotan, Anda membantu mengurangi jumlah limbah elektronik yang harus didaur ulang atau bahkan dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Mengurangi limbah elektronik ini berarti kita juga mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Tips Memilih Kompresor AC Mobil Copotan yang Tepat

Tentu saja, memilih kompresor AC mobil copotan tidak bisa dilakukan sembarangan. Agar Anda mendapatkan kompresor yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan mobil Anda, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda:

  1. Sesuaikan dengan Merek dan Model Mobil

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan Anda memilih kompresor yang sesuai dengan merek dan model mobil Anda.

Setiap merek dan model mobil mungkin memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, termasuk kompresor AC-nya.

Jadi, pastikan Anda mengetahui dengan jelas jenis dan ukuran kompresor yang dibutuhkan mobil Anda. Jika Anda ragu, tanyakan kepada mekanik atau cari informasi spesifikasi mobil Anda secara online.

  1. Periksa Kondisi Fisik

Ketika Anda menemukan kompresor AC mobil copotan yang cocok dengan mobil Anda, langkah selanjutnya adalah memeriksa kondisi fisiknya dengan teliti.

Perhatikan apakah ada keretakan, korosi, atau tanda-tanda kerusakan lainnya. Kompresor dalam kondisi yang buruk mungkin saja tidak berfungsi dengan baik atau bahkan mengalami kebocoran yang bisa berakibat fatal pada sistem AC mobil Anda.

Baca Juga: Tips Memilih Kompresor AC Mobil Tua yang Tepat

  1. Garansi Produk

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli kompresor AC mobil copotan, pastikan juga bahwa produk tersebut dilengkapi dengan garansi.

Meskipun kompresor copotan bisa lebih terjangkau, memiliki garansi tetap penting untuk memberikan jaminan bahwa Anda bisa menggantinya jika terjadi masalah setelah pembelian.

Selalu pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan garansi dengan seksama agar Anda paham betul apa yang dicakup oleh garansi tersebut.

Cara Merawat Kompresor AC Mobil Copotan agar Awet

Sekarang Anda telah menemukan dan memilih kompresor AC mobil copotan yang tepat, tentu saja Anda ingin kompresor tersebut tetap awet dan berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lama, bukan?
Nah, berikut beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan untuk merawat kompresor AC mobil copotan agar awet:

  1. Pastikan Freon Tercukupi

Freon adalah elemen penting dalam sistem AC mobil Anda. Pastikan selalu ada freon yang cukup di dalam kompresor.

Freon yang kurang dari jumlah yang diperlukan dapat menyebabkan kompresor bekerja lebih keras, yang akhirnya bisa menyebabkan kerusakan pada kompresor itu sendiri.

Jadi, pastikan untuk rutin memeriksa dan mengisi ulang freon sesuai dengan petunjuk dan spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrik mobil Anda.

  1. Periksa Kondisi Filter Udara

Filter udara pada sistem AC mobil juga sangat penting untuk perawatan kompresor. Filter udara berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu dari udara sebelum masuk ke dalam sistem AC.

Jika filter udara kotor atau tersumbat, akan sulit bagi AC mobil untuk mengalirkan udara yang cukup dingin dan menyegarkan.

Kinerja kompresor juga dapat terganggu karena tugasnya menjadi lebih berat untuk mengatasi hambatan tersebut. Oleh karena itu, periksa dan bersihkan filter udara secara berkala agar AC mobil Anda tetap berfungsi dengan optimal.

  1. Lakukan Pemeriksaan Rutin ke Bengkel

Terakhir, tetapi tidak kalah penting, adalah melakukan pemeriksaan rutin ke bengkel yang terpercaya. Membawa mobil Anda ke bengkel secara berkala untuk diperiksa adalah langkah preventif yang sangat bijaksana.

Mekanik yang berpengalaman dapat memeriksa kondisi keseluruhan AC mobil Anda, termasuk kompresor, dan melakukan perawatan atau perbaikan yang diperlukan sebelum masalahnya semakin parah.

Percayakan pada Dokter Mobil adalah pilihan paling tepat untuk jaga kondisi-kondisi komponen Ac mobil Anda, seperti bagian kompresor, agar selalu prima.

Sebagai bengkel service AC mobil terkemuka di Indonesia, Dokter Mobil memiliki ‘ciri khas’ yang menjadi titik keunggulan sebagai ahlinya AC mobil, diantaranya:

  • Reputasi kuat sebagai bengkel spesialis AC mobil sejak 2015.
  • Memiliki 28 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Penggunaan peralatan canggih terkini, SOP sistematis, dan teknisi yang ahli.
  • Mengantongi sertifikasi ISO 9001:2015 Quality Management System.
  • FREE General Checkup hingga di 32 titik.
  • Pengerjaan cepat hingga 2 jam saja.
  • Jaminan garansi di seluruh layanan yang bisa diklaim di seluruh cabang Dokter Mobil.
  • Pionir service AC mobil tanpa bongkar di Indonesia.

Di beberapa momen-momen tertentu, bahkan Dokter Mobil sering berikan promo-promo menarik untuk beragam perawatan AC mobil untuk jaga kondisi AC mobil Anda.

Agar tak ketinggalan, Anda bisa dapatkan infonya dengan konsultasi dan reservasi via WhatsApp di sini.

Hubungi cabang dokter mobil terdekat dibawah ini:

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru

5 Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita

Sedang mencari Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita, disini kami akan memberikan pilihannya kepada anda. Tentu saja kami memberikan daftar dengan harga yang terjangkau, serta

Waspada! Ini 4 Bahaya Mobil Terobos Banjir

Selain merusak infrastruktur dan tempat tinggal, banjir dapat membahayakan kendaraan bermotor, termasuk mobil. Terobosan mobil melalui banjir tidak hanya menghadirkan risiko nyata bagi keselamatan pengemudi