📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Berbagai Efek Buruk Kompresor AC Mobil Kebanyakan Oli

Efek Buruk Kompresor AC Mobil Kebanyakan Oli

Tahukah Anda bahwa kompresor AC mobil kebanyakan oli bisa memberikan efek kurang baik untuk sistem AC mobil secara keseluruhan? Artikel ini akan jelaskan untuk Anda!

Ketika membicarakan tentang sistem pendinginan di dalam kendaraan, kompresor AC memiliki peran yang sangat penting.

Kompresor ini bertugas untuk mengompresi freon dari kondisi rendah tekanan menjadi tinggi tekanan, sehingga freon bisa melepaskan panasnya dan mendinginkan udara di dalam mobil.

Namun, terkadang penggunaan oli yang berlebihan dalam kompresor AC mobil dapat menyebabkan masalah serius yang mempengaruhi kinerja keseluruhan sistem AC.

Efek Kompresor AC Mobil Kebanyakan Oli

Kompresor AC mobil kebanyakan oli bisa memberikan dampak kurang baik bagi kompresor AC mobil dan AC mobil secara keseluruhan. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Mengurangi Efisiensi Kompresor

Penting untuk memahami bahwa oli dalam kompresor AC bukan hanya untuk pelumasan, tetapi juga berfungsi sebagai media pendinginan.

Jumlah oli yang tepat diperlukan agar kompresor berfungsi dengan optimal.

Kompresor AC mobil kebanyakan oli dapat menciptakan lapisan berlebihan di sekitar komponen internal kompresor seperti piston dan katup.

Lapisan ini dapat mengganggu pergerakan yang lancar dan efisien, yang berakibat pada penurunan efisiensi keseluruhan kompresor.

Kompresor yang bekerja dengan tidak efisien tidak hanya menghabiskan lebih banyak energi, tetapi juga menghasilkan lebih sedikit pendinginan, menyebabkan penurunan kualitas kesejukan udara yang ditiupkan ke dalam kabin mobil.

  1. Overheating Kompresor

Overheating atau pemanasan berlebih pada kompresor AC adalah masalah serius yang dapat merusak komponen internal kompresor dan bahkan mempengaruhi sistem AC secara keseluruhan.

Ketika kompresor AC mobil kebanyakan oli, kompresor harus bekerja lebih keras untuk mengompresi freon. Akibatnya, kompresor menghasilkan lebih banyak panas dari biasanya.

Overheating ini dapat merusak minyak oli, mengurangi efisiensi, dan memperpendek umur kompresor.

Selain itu, suhu yang tinggi juga dapat mempengaruhi kinerja komponen lain dalam sistem AC, seperti kondensor dan evaporator.

Baca Juga: Dampak Fatal Akibat Kompresor AC Mobil Rusak

  1. Penurunan Kualitas Pendinginan

Salah satu tujuan utama dari sistem AC adalah untuk memberikan udara dingin ke dalam kabin mobil.

Namun, jika kompresor AC mobil kebanyakan oli dan fungsinya menurun, hasilnya adalah penurunan kualitas pendinginan.

Kompresor yang bekerja kurang efisien tidak dapat menghasilkan tekanan dan suhu yang diperlukan untuk mengubah freon menjadi gas atau cairan.

Sebagai hasilnya, udara yang ditiupkan ke dalam kabin tidak akan sejuk sebagaimana mestinya.

Pengendara dan penumpang mungkin merasa tidak nyaman karena suhu di dalam mobil tidak sesuai dengan harapan.

Menghindari Efek Negatif dengan Pemeliharaan Tepat

Untuk mencegah efek negatif dari penggunaan oli yang berlebihan pada kompresor AC mobil, ada beberapa langkah pemeliharaan yang harus diikuti.

Pertama, selalu patuhi panduan pabrikan mengenai jenis dan jumlah oli yang diperlukan untuk kompresor AC mobil Anda.

Panduan ini biasanya dapat ditemukan dalam manual pemilik kendaraan.

Selain itu, pastikan untuk melakukan pemeliharaan rutin, termasuk pemeriksaan dan penggantian oli sesuai jadwal yang ditetapkan.

Jika Anda merasa tidak yakin atau memiliki masalah dengan sistem AC mobil Anda, lebih baik membawanya ke bengkel yang ahli dalam perawatan AC mobil.

DOKTER MOBIL adalah pilihan tepat untuk Anda tuju dalam percayakan apapun permasalahan seputar AC mobil.

Sebagai ahlinya service AC mobil sejak 2015 dan pionir bengkel dengan sertifikasi ISO 9001:2015, membuat kualitas penanganan AC mobil di Dokter Mobil sudah tak perlu diragukan.

Soal kualitas juga Anda bisa dapatkan jaminan paling aman, karena service AC mobil di Dokter Mobil bisa dapatkan masa garansi yang bisa diklaim di seluruh cabang Dokter Mobil.

Bahkan di beberapa momen, sering ada promo service AC mobil di Dokter Mobil yang menarik dan jadi jauh LEBIH hemat, lho.

Tertarik untuk coba? Anda bisa konsultasi atau langsung reservasi dengan cara hubungi via WhatsApp di sini.

Karena apapun masalah AC mobilnya, di Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru

5 Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita

Sedang mencari Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita, disini kami akan memberikan pilihannya kepada anda. Tentu saja kami memberikan daftar dengan harga yang terjangkau, serta

Waspada! Ini 4 Bahaya Mobil Terobos Banjir

Selain merusak infrastruktur dan tempat tinggal, banjir dapat membahayakan kendaraan bermotor, termasuk mobil. Terobosan mobil melalui banjir tidak hanya menghadirkan risiko nyata bagi keselamatan pengemudi