Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Mengapa Mobil Pincang Saat AC Nyala ? Intip Ulasan Lengkap

Mengapa Mobil Pincang Saat Ac Nyala ? Intip Ulasan Lengkap

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Butuh berapa kali untuk menghidupkan mesin mobil anda? Setelah menyala, apakah mesin mobil bergetar hebat ketika AC sudah menyala? Gejala ini tentu disebabkan oleh berbagai faktor sebab minimnya perawatan yang diberikan oleh si pengguna mobil.

Hampir semua pengguna mobil merasakan mobil pincang saat ac nyala. Bagi anda yang masih bingung, yuk simak penyebab selengkapnya dibawah ini;

1. Iddle Up

Apa itu iddle up? Sistem idle up berfungsi untuk mengontrol idle pada waktu mesin bekerja, dan segala kompensasi terhadap beban kelistrikan yang ada.

Idle up tidak dapat bekerja dengan sempurna sebab sistem dan aktuator tidak berkinerja dengan baik. Hal ini juga berdampak pada AC yang tidak dingin pada kabin mobil. Seharusnya, ketika AC dinyalakan rpm menjadi naik dari yang sebelumnya (misal 800 rpm ketika dinyalakan menjadi 1000 rpm). Idle up inilah yang bekinerja membuat lonjakan naikan rpm tersebut.

Untuk memastikan bahwa idle up memang bermasalah, maka anda dapat melakukan cara dengan mencoba mematikan AC mobil. Jika tidak ditemukan gejala mencurigakan, maka mobil anda dapat dikategorikan aman. Selanjutnya, anda dapat menghidupkan AC ketika mesin beroperasi. Jika mesin tiba-tiba mati, maka idle up anda sudah dipastikan bermasalah.

2. Pulley AC Mobil

Penyebab selanjutnya coba untuk memeriksa komponen bearing puly kompresor. Sebba jika berhubungan dengan AC tidaklah jauh dari permasalahan kompresor.

Ketahui hal ini. Ketika AC sedang menyala, maka kinerja yang paling mendominasi yakni pulley yang berputar hingga tidak heran menimbulkan getaran hebat pada mesin.

Ketika AC dinyalakan, yang paling sering mempengaruhi kinerja mesin mobil adalah pulley AC yang ikut berputar selain komponen inti mesin mobil dan ini paling banyak menyebabkan mesin mobil bergetar lebih keras.

Jika anda merasakan getaran hebat hingga sangat tidak nyaman untuk digunakan berkendara, boleh jadi penyebabnya piston kompresor sudah lecet serta pulley yang sudah korosi bersinggungan dengan body kompresor.

Sebaiknya jangan dipaksakan untuk berkendara sebab dapat menimbulkan kelecetaan pada lakher timing belt.

Mau tidak mau harus membawa ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Lihat Juga: Tips Meningkatkan Performa Mobil

Demikian ulasan mengenai mobil pincang saat ac nyala. Dengan membawa ke bengkel spesialis maka anda sudah memberikan perawatan terbaik bagi mobil anda. Semoga dapat bermanfaat untuk pengguna mobil khususnya bagi anda yang sedang mengalami permasalahan ini.

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.