Mesin Mobil Panas Saat Ac Nyala? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Mesin Mobil Panas Saat Ac Nyala? Mesin mobil cepat panas ini salah satu penyebabnya karena AC menyala terlalu lama? Apakah hal yang demikian itu benar adanya? Atau memang ada faktor lainnya yang membuat mesin panas saat mobil belum terlalu lama dinyalakan? Overheat atau mesin mobil cepat panas ini menjadi masalah yang cukup umum dan sering terjadi di kebanyakan mobil. Tentunya sudah diketahui bahwa mobil ini terdiri dari banyak komponen besar mesin yang mendukung kinerja agar dapat bergerak dan hidup. Saat mobil dinyalakan, maka mesin-mesin tersebut otomatis mulai bekerja sesuai fungsinya. Dan sebagai efek sampingnya adalah suhu mesin memanas dan merambat ke dalam bagian mobil.

Saat mesin mobil bekerja terlalu keras, hal ini bisa menyebabkan overheat. Terlebih lagi ketika AC juga ikut dinyalakan. Maka beban mesin akan mengalami peningkatan. Untuk membantu kinerja mesin, pembakaran bahan bakar pun terus naik dan menyebabkan temperatur di dalam mobil cepat naik. Beruntungnya setiap mobil dilengkapi dengan sistem pendingin khusus untuk menjaga temperatur di ruang mesin. Namun jika suhu tersebut terus menerus meningkat dengan cepat, tentu akan menjadi masalah.

Penyebab Mobil Cepat Panas Saat AC Hidup

Dan berikut beberapa penyebab mengapa mesin mobil bisa menjadi cepat panas ketika AC dinyalakan. Simak ulasannya berikut ini.

  • Kompresor bermasalah

Sebagai pemilik mobil mungkin kurang menyadari jika kompresor mempunyai peran penting dalam mendukung kinerja AC di dalam mobil. Saat AC dinyalakan, maka kompresor akan mulai bekerja. Tugas dari kompresor ini adalah menjaga suhu di dalam mesin mobil. Dimana kompresor ini menghasilkan panas yang akan berpengaruh pada kenaikan suhu ruangan di dalam mesin mobil. Layaknya manusia, mobil pun demikian. Saat bertemu dengan kompresor yang tepat dan sesuai spesifikasi jenis mobil. Maka tidak akan terjadi masalah dan mobil akan tetap baik-baik saja. Namun jika dipasangkan dengan kompresor yang sudah dimodifikasi. Tentu saja membuat beban kerja kompresor menjadi berat dan membuat suhu menjadi meningkat cepat.

  • Extra fan tidak berfungsi dengan baik

Ac mobil hidup mesin cepat panas juga disebabkan oleh extra fan yang tidak bisa berfungsi dengan baik. Mempunyai mobil yang bagus tentu memerlukan perhatian yang ekstra, dibandingkan dengan memiliki sepeda. Dimana anda tidak hanya memperhatikan bagian luar mobil saja, tetapi juga bagian dalam mobil tersebut. Termasuk dari inti mesin mobil itu sendiri. Apabila anda tidak rajin untuk membersihkan bagian dalam mobil, bisa menyebabkan beberapa masalah nantinya. Dan hal ini akan membuat kinerja mobil terganggu, termasuk extra fan. Yang mana extra fan ini tidak bisa menjalankan tugas dengan baik saat tertimbun debu atau lumpur. Oleh sebab itu, ada baiknya jika anda membersihkan mobil untuk jangka waktu tertentu.

  • Radiator dan air radiator

Air radiator hampir habis juga bisa menjadi salah satu penyebab mobil menjadi panas. Seperti extra fan, saat radiator terendap debu atau kotoran akan membuat kinerja terganggu. Sehingga membuat mesin menjadi cepat panas. Maka dari itulah sebagai pemilik mobil, sebaiknya rajin dalam mengecek kedua komponen ini. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi kebocoran di dalam radiator. Karena nantinya bisa mengganggu kinerja mobil.

  • Freon

Mesin mobil panas saat ac dinyalakan juga bisa disebabkan kelebihan atau kekurangan freon. Beberapa pemilik mobil yang masih awam mengenai freon yang habis atau berkurang pasti langsung akan membawa ke bengkel untuk isi ulang. Padahal sebenarnya freon yang ada di dalam sistem AC ini tidak bisa berkurang atau habis jika tidak terjadi kebocoran. Oleh sebab itulah akan lebih baik jika melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum menyimpulkan bahwa kehabisan atau kekurangan freon. Juga perlu diketahui dengan baik bahwa freon yang berlebihan akan membuat tekanan menjadi overheat. Sehingga secara otomatis membuat kompresor menjadi panas dan membuat AC tidak dingin. Bahkan terjadinya overheat ini membuat kompresor menjadi cut atau off sementara waktu.

  • Magnetic clutch

Awalnya AC mengeluarkan hawa dingin di jalan lenggang, namun ketika di jalanan padat dan macet AC mobil menjadi panas. Hal tersebut menjadi salah satu gejala awal dari magnetic clutch yang bermasalah. Hal ini akan terus berlanjut jika magnetic clutch tidak diperbaiki atau diganti.

  • Fan belt putus

AC mobil nyala mesin panas lainnya ini dikarenakan fan belt atau drive belt putus. Kegunaan dari fan belt ini menyalurkan putaran mesin ke kompresor. Ketika fan belt ini putus, maka membuat kompresor tidak bisa berjalan baik. Dan saat kompresor tidak bisa bekerja dengan baik, maka aliran freon pun tidak bisa bersirkulasi. Jadi membuat Ac mobil menjadi panas dan AC mobil hanya mengeluarkan angin panas saja.

  • Kelistrikan

Untuk beberapa bagian AC bisa tetap hidup karena adanya aliran listrik. Ketika jalur listrik ini terhambat atau terganggu, bisa dipastikan akan membuat salah satu komponen tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sehingga membuat ac mobil mati saat mesin panas.

  • Sistem AC mampat atau bocor

Jika sistem AC mampat maka bisa terjadi pada dryer filter, kondensor dan ekspansi valve. Mampat-nya beberapa saluran ini membuat sirkulasi AC menjadi terhambat dan membuat AC terasa panas ketika dinyalakan. Dan ketika berkendara, anda pakai ac mesin mobil panas pun tidak akan terhindarkan. Selain itu pada sistem AC ini pun bisa terjadi kebocoran. Biasanya terjadi pada evaporator atau kondensor. Dan biasanya terjadi pada bagian seal O Ring atau komponen lainnya.

  • Suhu mesin overheat

AC mobil mati saat mesin panas ini juga bisa dikarenakan thermostat rusak, air radiator bocor, water pump rusak dan silinder mesin head. Dimana komponen-komponen tersebut membuat mesin overheat. Dan membuat Ac mobil menjadi panas. Suhu mesin yang overheat ini pun membuat freon menjadi overheat juga. Jadi tidak heran jika kompresor akan cut atau off.

Baca Juga : Penyebab Ac Mobil Cepat Rusak

Mesin Mobil Panas Saat Ac Nyala

Cara Mengatasi Mesin Mobil Panas Jika AC Dinyalakan

Untuk mengatasi mesin mobil cepat panas saat ac hidup bisa dengan menjaga air radiator dalam keadaan penuh dan tidak mengalami kebocoran. Untuk kerusakan extra fan ini biasanya karena relay yang rusak, sistem kabel atau carbon brush habis. Pastikan dengan kondisinya kepada bengkel yang sudah berpengalaman dan terpercaya untuk melakukan penggantian jika dibutuhkan. Salah satu bengkel terbaik untuk memperbaiki kerusakan pada AC panas ketika mesin mobil nyala adalah Dokter Mobil. Spesialis perbaikan AC di kota Jakarta ini sudah berpengalaman dan dipercaya oleh banyak orang. Sehingga banyak pemilik mobil yang datang untuk melakukan perbaikan AC mobil. Selain itu kami bisa melakukan service dan tune up untuk menjaga kestabilan mobil tetap baik. Oleh sebab itulah anda bisa mempercayakan kepada Dokter Mobil untuk mengatasi ac mobil cepat panas.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

Mesin Mobil Panas Saat Ac Nyala?

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *