📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Pengertian Kompresor AC Mobil dan Cara Kerjanya Seperti Ini

Sepakatkah anda bahwa AC mobil merupakan kesatuan perangkat yang dapat memberikan kenyamanan dalam berkendara? Tanpa AC, tak ayal mengendarai mobil angkutan umum diselimuti hawa panas dan pengap. Kinerja udara sejuk yang dihasilkan tidaklah terlepas dari peranan kompresor. Sudahkah anda mengetahui pengertian kompresor AC mobil dan cara kinerjanya ?

Kompresor merupakan part vital dalam AC mesin yang bila terdapat gangguan sedikit saja, imbasnya AC menjadi tidak dingin. Waduh bahaya sekali bukan? Selengkapnya simak dibawah ini;

Pengertian Kompresor AC Mobil

Kompresor merupakan jantungnya AC. Agar Kompresor dapat bekerja, maka dibutuhkan tenaga dari mesin mobil. Jadi ketika anda menghidupkan mesin, otomatis AC dapat menyala.

Kompresor dalam AC mobil berfungsi sebagai media pendingin disebut Freon yang dapat bersirkulasi dalam sistem AC. Kompresor bekerja memberikan tekanan sesuai dengan kebutuhan pada mesin. Part tersebut bekerja menghisap gas refrigerant dari evaporator yang bertekanan dan bersuhu rendah kemudian memampatkan gas tersebut menjadi cairan  yang bertekanan dan bersuhu tinggi.

Kinerja Kompresor

Kompresor terdiri dari berbagai komponen yang bekerja berbentuk piston, salah satunya ring. Ring bekerja menjaga tekanan dari piston. Umumnya, penyebab kompresor jebol atau rusak yakni kondisi piston yang sudah mengalami kerusakan.

Piston digerakkan oleh pulley, lalu pulley digerakkan oleh engine. Nah, pulley ditarik oleh part magnetic clutch. Jika kondisi part sudah hitam, maka tak lain disebabkan oleh oli yang sudah dipenuhi oleh gram besi.

Oli kompresor bekerja untuk melumasi seluruh bagian dalam part mesin AC mobil agar kinerja part mesin tidak bergesek terlalu keras. Jadi pastikan oli kompresor memiliki kualitas terbaik dalam melumasi mesin AC mobil. Semakin bagus oli yang digunakaan maka kinerja mesin AC semakin ringan.

Bagaimana Jika Kompresor Rusak atau Jebol?

Solusi memperbaiki kompresor yang jebol yakni dengan mengganti kompresor baru. Untuk harga sudah dipastikan akan merogoh kocek.

Baca Juga : Daftar Harga Kompresor AC Mobil dan Biaya Pemasangannya

Ingat, Jangan sesekali memperbaiki dengan cara mengelas kompresor sebab hasil tidak akurat maksimal.

Itulah ulasan mengenai pengertian kompresor ac mobil dan cara kinerjanya. Sekarang anda sudah mengetahui peranan kompresor AC mobil anda. Nah yuk mulai sayangi mobil anda dengan memberikan perawatan terbaik.

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru

5 Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita

Sedang mencari Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita, disini kami akan memberikan pilihannya kepada anda. Tentu saja kami memberikan daftar dengan harga yang terjangkau, serta

Waspada! Ini 4 Bahaya Mobil Terobos Banjir

Selain merusak infrastruktur dan tempat tinggal, banjir dapat membahayakan kendaraan bermotor, termasuk mobil. Terobosan mobil melalui banjir tidak hanya menghadirkan risiko nyata bagi keselamatan pengemudi