Penyebab AC Mobil Mengeluarkan Bunyi Berdecit dan Solusinya

Adanya kerusakan part dapat menyebabkan AC mobil bunyi berdecit yang cukup membuat khawatir. Bagaimana tidak, part lain bisa ikut rusak. Lantas apa solusinya? Artikel berikut semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Agar dapat menyelesaikan masalah munculnya bunyi berdecit ini, anda harus mengetahui 3 hal penting, yaitu:

  • Apa saja penyebab munculnya masalah ini
  • Bagaimana cara mengatasi masalah bunyi berdecit pada AC mobil
  • Cara mencegah kejadian yang sama terulang kembali

Tanpa perlu berlama lagi, berikut ini jawaban atas pertanyaan anda. Silahkan membaca.

Penyebab AC Mobil Mengeluarkan Bunyi Berdecit

Sangat penting mengetahui apa saja penyebab munculnya masalah ini. Dengan mengetahui penyebab masalah, anda dapat menemukan solusinya dengan lebih mudah.

Adapun beberapa penyebab munculnya masalah ini antara lain adalah:

  1. Bearing pada Magnetic Clutch yang Longgar
    Banyak alasan mengapa magnetic clutch bisa longgar. Entah itu karena kualitas barangnya memang jelek. Faktor usia dari magnetic clutch. Ataupun karena ada kesalahan saat anda memasang ataupun membongkar AC mobil.
  2. Kompresor AC Mobil Kekurangan Oli
    Kurangnya oli dapat menyebabkan besi-besi di dalam kompresor saling beradu. Akibatnya, suara berdecit akan keluar dari AC mobil anda.Jika masalah ini dibiarkan, kompresor mobil dapat jebol. Dan hal tersebut sangatlah berbahaya.
  3. Fan Belt AC Mobil Tidak Pass Terpasang
    Fan belt AC mobil yang longgar ataupun tidak terpasang dengan baik akan menghasilkan bunyi berdecit. Dan jika dibiarkan, fan belt AC mobil bisa putus.Jika fan belt AC mobil putus, maka AC mobil akan menjadi tidak dingin.

Itulah beberapa penyebab AC mobil bunyi berdecit yang perlu anda ketahui. Lantas apa solusi untuk masalah ini? Pada dasarnya ada beberapa hal yang bisa anda lakukan.

Lihat Juga: AC Mobil Tidak Dingin Dan Bunyi

Mengatasi Masalah pada AC Mobil Bunyi Berdecit

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Namun sebelumnya, pastikanlah anda sudah melakukan pengecheckan secara total penyebab masalah. Dengan demikian, anda tidak berulang-ulang melakukan service.

Adapun solusinya antara lain adalah:

  • Ganti Magnetic Clutch
    Memang agak memberatkan untuk ganti magnetic clutch. Selain karena biayanya cukup besar, pemasangannyapun sulit. Namun jika bearing pada pulley sudah longgar, memang tidak ada cara lain.
  • Flushing Kompresor AC Mobil
    Jangan sampai ada gram-gram halus di dalam kompresor AC mobil. Gram-gram inilah penyebab AC mobil mengeluarkan bunyi berdecit. Flushing adalah cara terbaik dalam merawat AC mobil.
  • Ganti Oli Kompresor AC Mobil
    Masalah pada oli kompresor yang sudah kurang ataupun tidak lagi berkualitas maka solusi satu-satunya adalah ganti oli. Pastikan oli yang anda pilih merupakan oli kompresor yang berkualitas baik.

Itulah beberapa cara mengatasi AC mobil bunyi berdecit yang paling mudah dan efektif. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan kirimkan melalui kolom komentar di bawah ini.