Mencari Penyebab AC Mobil Kadang Dingin kadang tidak

Penyebab AC Mobil Kadang Dingin Kadang Tidak

Cukup mengganggu apabila Penyebab AC mobil dingin kadang tidak. Ya, Penyebab AC mobil tidak dingin ini dapat mengurangi kenyamanan Anda saat berkendara di jalan. Terutama bagi Anda yang sedang menempuh perjalanan jauh. Sebab, cuaca di Indonesia ini cukup panas. Sehingga, dapat mengganggu konsentrasi dalam berkendara apabila AC mobil tidak cukup dingin.

Untuk itu, Anda perlu mengerti dan mengetahui mengapa AC mobil Anda ini tidak dingin. Setelah mengetahui penyebabnya. Maka, Anda dapat mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga, Anda dapat fokus mengendarai mobil kembali ketika AC mobil Anda kembali normal.

Ini Dia Penyebab-Penyebab AC Mobil Dingin Kadang Tidak

Masalah AC mobil tidak mengeluarkan hawa dingini ini disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari kerusakan pada kompresor AC mobil hingga kurangnya gas freon. Untuk itu, inilah beberapa faktor penyebab mengapa AC mobil Anda dingin kadang tidak. DIantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Kehabisan Atau Kekurangan Gas Freon

Gas freon merupakan “bahan baku utama” dari produksi uap dingin AC mobil. Tanpa adanya gas freon. Maka, kompresor AC mobil tidak dapat menghisap, mencairkan, dan mendistribusikan uap dingin ke blower AC mobil.

 Sehingga, kabin mobil akan terasa panas karena tidak adanya uap dingin yang disalurkan dari blower AC mobil ke kabin. Untuk itu, periksa terlebih dahulu kadar gas freon dalam mobil sebelum melakukan perjalanan jauh.

  1.   Adanya Penyumbatan Pada Filter AC Mobil

Penyebab AC mobil tidak dingin selanjutnya adalah adanya penyumbatan di filter AC mobil. Penyumbatan ini disebabkan oleh banyaknya debu dan kotoran yang menempel pada filter AC mobil.

Akibatnya, cairan freon yang dialirkan dari kondensor menuju expansion valve semakin berkurang. Alhasil, uap dingin yang dihasilkan oleh expansion valve ini hanya sedikit yang tertampung pada evaporator. Sehingga tidak mampu membuat kabin mobil terasa dingin.

  1.   Rusaknya Extra Fan Pada Kompresor

Fungsi extra fan pada kompresor ini menyalurkan udara dingin ke kabin mobil. Apabila ada kerusakan pada extra fan. Maka, uap dingin dari blower AC mobil ini tidak dapat menyalurkannya ke berbagai sudut ruangan. Alhasil, ada beberapa sudut kabin mobil yang terasa panas ataupun pengap.

  1.   Kotornya Evaporator

Evaporator merupakan tempat penampungan uap dingin yang telah dihasilkan oleh komponen expansion valve. Apabila evaporator ini dipenuhi oleh kotoran dan debu. Maka, kotoran dan debu tersebut menghalangi keluarnya uap dingin ke blower AC mobil.

Sehingga, fungsi dari evaporator ini terganggu. Alhasil, kabin mobil Anda pun terasa tidak dingin dan mengganggu kenyamanan Anda dalam berkendara.

  1.   Kondensor Berdebu dan Kotor

Dan penyebab Penyebab AC mobil dingin kadang tidak yang terakhir adalah banyaknya kotoran dan debu pada kondensor. Kondensor yang berdebu dan kotor ini ternyata dapat menyebabkan penurunan fungsi. Akibatnya, kondensor tidak mampu menurunkan suhu gas freon yang mencair. Alhasil, hal tersebut dapat merusak filter AC mobil hingga expansion valve.

Cara Mengatasi Masalah Penyebab AC mobil Dingin kadan Tidak

Setelah Anda mengetahui penyebab-penyebab AC mobil tersebut. Maka, Anda perlu mencari tahu bagaimana cara mengatasi masalah AC mobil yang tidak menghembuskan uap dingin. Inilah beberapa cara mengatasi masalah tersebut, yakni :

  1.   Mengisi Ulang Gas Freon

Apabila penyebab AC mobil tidak terlalu dingin karena gas freon kurang atau habis. Maka, silahkan mengisi ulang gas freon sesuai dengan tipe mobil di bengkel terdekat.

  1.   Membersihkan Komponen AC Mobil

Selain disebabkan oleh kekurangan gas freon. AC Mobil tidak terlalu dingin ini juga disebabkan oleh banyaknya kotoran yang menempel pada komponen AC mobil, seperti filter AC, evaporator, hingga kondensor. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk membersihkan komponen-komponen tersebut secara berkala dan teratur. Agar, fungsi AC mobil tidak terganggu.

  1.   Mengganti Komponen AC Mobil yang Telah Rusak

Dan cara mengatasi masalah pada AC mobil yang tidak terlalu dingin ini dengan mengganti komponen yang telah rusak. Salah satunya adalah extra fan. Untuk penggantian komponen. Maka, Anda dapat mengunjungi bengkel terdekat untuk memasang extra fan mobil Anda.

Baca Juga : Oli 9Circle – Tingkatkan Performa Mobil Anda

Penyebab AC mobil dingin kadang tidak n ini menjadi masalah tersendiri bagi Anda yang kerap menggunakan mobil untuk berkendara. Sebab, cuaca di Indonesia cukup terik. Sehingga tak nyaman apabila AC mobil tidak dapat dapat mengeluarkan uap dingin. Alhasil, fokus berkendara Anda pun menjadi terganggu. Untuk itu, Anda dapat mencari tahu solusi perbaikan pada AC mobil.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts